sign up SIGN UP

5 Makanan Khas Bali Ini Jadi Sajian Wajib Saat Perayaan Hari Raya Nyepi

Mentari Nurmalia | Beautynesia
Kamis, 03 Mar 2022 08:00 WIB
5 Makanan Khas Bali Ini Jadi Sajian Wajib Saat Perayaan Hari Raya Nyepi
caption

Bertepatan dengan momen Hari Raya Nyepi yang jatuh pada 3 Maret 2022 ini, umat Hindu biasanya menyajikan makanan khas Nyepi di tengah suasana hening yang tercipta.

Ada berbagai hidangan khas Bali yang umum disajikan ketika perayaan tersebut. Mau tahu apa saja daftar makanannya? Simak penjelasannya berikut ini, Beauties!

1. Pulung Nyepi

Pulung Nyepi
Pulung Nyepi/ Foto: Cookpad

Makanan khas Nyepi pertama yang bisa disajikan yaitu Pulung Nyupu. Bagi Beauties yang penasaran, makanan satu ini bentuknya seperti kolak biji salak. Tapi, disajikan tanpa kuah santan dan gula merah. 

Pulung Nyepi dibuat menggunakan tepung beras yang dicampur dengan tepung kanji. Selanjutnya makanan ini dikukus terlebih dahulu sampai matang. 

Adapun adonannya sendiri dibuat lonjong. Caranya adalah dipulung sebelum direbus. Oleh karena itu lah dinamakan Pulung Nyepi. Cara menikmati pulung Nyepi adalah dimakan bersamaan dengan parut kelapa muda.

2. Cerorot

Cerorot
Cerorot/ Foto: Wikipedia

Cerorot adalah kue berbentuk kerucut memanjang yang rasanya manis. Makanan khas Nyepi yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal. 

Sekadar informasi, bagian pembungkus kuenya menggunakan janur kelapa yang dililit. Walaupun biasanya disajikan saat hari Nyepi, tapi Cerorot juga dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah lainnya kok, khususnya di Jawa.

3. Entil

Entil
Entil/ Foto: Cookpad

Entil merupakan makanan khas Nyepi yang dibungkus menggunakan daun nyelep atau telengidi. Daunnya sendiri berbentuk lebar layaknya daun kunyit.

Cara membuatnya sendiri terbilang gampang-gampang susah. Dimana beras diolah dengan cara dibungkus daun nyelep. Selanjutnya diikat menggunakan tali bambu. Baru setelah itu direbus sampai matang. 

4. Ketongkol

Ketongkol adalah makanan yang menyerupai lontong, tapi berbentuk kerucut. Umumnya makanan ini dibungkus menggunakan daun pisang.

Untuk menyantapnya, ketongkol biasa dinikmati berbarengan dengan sayur, lauk, dan sambal matah. Namun, bisa juga kok dimakan tanpa tambahan apapun, karena tidak akan menghilangkan kenikmatan dari makanan yang satu ini. 

5. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng
Nasi Tepeng/ Foto: cookpad

Makanan yang satu ini biasanya disajikan oleh umat Hindu di sekitar Gianyar, Bali. Nasi Tepeng memiliki ciri khas yang unik yakni rasanya yang kaya akan rempah dan aroma lada yang sangat kuat.

Pada umumnya, makanan satu ini dimakan berbarengan dengan kacang panjang, kacang merah, nangka muda, terong, sayur daun kelor, sampai kelapa parut. Meriah sekali ya, Beauties!

Nah, itu dia berbagai makanan khas Bali yang jadi sajian wajib saat Hari Raya Nyepi, seperti yang dilansir dari detikFood. Sekarang sudah tahu kan, Beauties? Kalau punya kesempatan untuk mencobanya, kamu ingin makan yang mana dulu nih?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id