sign up SIGN UP

Berlibur ke Bali Saat Hari Raya Nyepi, 4 Hal Penting Ini Harus Kamu Persiapkan!

Zeyra Haya | Beautynesia
Selasa, 01 Mar 2022 08:00 WIB
Berlibur ke Bali Saat Hari Raya Nyepi, 4 Hal Penting Ini Harus Kamu Persiapkan!
caption

Sudah menjadi tradisi bagi umat Hindu untuk merayakan Hari Raya Nyepi setiap tahunnya. Hari Nyepi sendiri adalah prosesi Tapa Brata Penyepian atau menjalankan empat pantangan, yakni amati karya (tidak bekerja), amati lelungan (tidak bepergian), amati geni (tidak menyalakan api), dan amati lelanguan (tidak bersenang-senang).

Nyepi tahun 2022 bertepatan pada hari Kamis, 3 Maret 2022 mendatang. Berdekatan dengan akhir pekan, libur nasional ini bisa jadi kesempatan berlibur.

4 Hal yang Perlu Disiapkan untuk Liburan ke Bali Saat Hari Raya Nyepi 2022

Beauties, sebagai daerah mayoritas Hindu, Bali di Hari Nyepi tentu akan berbeda dari biasanya. Hal ini dikarenakan pada hari raya tersebut, semua aktivitas di pulau Dewata akan ditiadakan.

Maka bagi kamu yang ingin menghabiskan long weekend di Bali saat Hari Raya Nyepi, beberapa hal harus kamu persiapkan. Simak yuk!

1. Persiapkan Bekal Makanan yang Cukup

Liburan ke Bali saat Hari Raya Nyepi, persiapkan bekal makanan yang cukup/Foto: pexels.com/Leigh Patrick
(Liburan ke Bali saat Hari Raya Nyepi, persiapkan bekal makanan yang cukup/Foto: pexels.com/Leigh Patrick)

Berlibur ke Bali saat Hari Raya Nyepi artinya kamu juga akan turut menjalankan empat pantangan tersebut, termasuk larangan bepergian. Karena kamu akan berdiam diri di penginapan seharian penuh, persiapkan bekal makanan dengan cukup dan jangan sampai kekurangan.

Karena jika kekurangan, akan sangat sulit bagi kamu untuk membeli makanan keluar.

2. Beli Tiket Penerbangan Sebelum atau Sesudah Hari Raya Nyepi

Persiapkan tiket pesawat sebelum liburan. Bandara tutup di Hari Raya Nyepi/Foto: pexels.com/Sourav Mishra
(Persiapkan tiket pesawat sebelum liburan. Bandara tutup di Hari Raya Nyepi/Foto: pexels.com/Sourav Mishra)

Untuk kamu yang akan berlibur saat Hari Raya Nyepi, pastikan untuk sudah mempersiapkan tiket penerbangan dari jauh hari. Beli tiket penerbangan sebelum atau sesudah Hari Nyepi, karena pada Hari Raya Nyepi seluruh fasilitas umum termasuk bandara akan tutup.

3. Menjaga Sikap

Menghormati umat yang merayakan, perhatikan sikap saat berlibur ke Bali di Hari Raya Nyepi/Foto: detik.com
(Menghormati umat yang merayakan, perhatikan sikap saat berlibur ke Bali di Hari Raya Nyepi/Foto: detik.com)

Menjaga sikap adalah hal yang paling penting dan harus kamu ingat selama berlibur di Bali ketika Hari Raya Nyepi berlangsung. Untuk menghormati penduduk setempat yang merayakan Hari Raya Nyepi, jangan lakukan hal-hal yang tidak diperbolehkan.

Usahakan untuk tidak berlebihan dalam menyalakan penerangan di dalam penginapan dan jangan menimbulkan suara keras baik dari benda elektronik ataupun yang lain.

4. Sedia Obat-obatan dan Siaga Mandiri

Selain bekal, obat-obatan juga perlu kamu persiapkan selama liburan di Hari Raya Nyepi/Foto: pexels.com/JESHOOTS.com
(Selain bekal, obat-obatan juga perlu kamu persiapkan selama liburan di Hari Raya Nyepi/Foto: pexels.com/JESHOOTS.com)

Di Hari Raya Nyepi, seluruh aktivitas akan dihentikan selama satu hari. Begitupula toko dan fasilitas umum akan tutup. Maka, saat kamu berlibur bertepatan dengan Hari Raya Nyepi, pastikan untuk menyediakan obat-obatan dengan cukup.

Apabila mendadak sakit, kamu harus siaga mandiri untuk menghubungi rumah sakit. Karena saat Nyepi, hanya ambulans yang diperbolehkan beroperasi.

Beauties, itulah beberapa hal yang harus dipersiapkan jika ingin liburan ke Bali saat Hari Raya Nyepi. Selamat Hari Raya Nyepi 2022 bagi yang merayakan ya!

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id