STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

5 Negara dengan Penduduk Paling Pintar di Dunia, Asia Punya IQ Paling Tinggi!

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 20:00 WIB
5 Negara dengan Penduduk Paling Pintar di Dunia, Asia Punya IQ Paling Tinggi!

Bicara soal penduduk paling pintar, kebanyakan orang akan langsung memikirkan daerah maju seperti Eropa atau Amerika. Tidak heran, sejauh ini negara-negara di kawasan itu telah banyak berkontribusi untuk ilmu pengetahuan. Namun tahukah kamu bahwa berbagai studi justru mengungkap penduduk di kawasan Asia sebagai orang paling cerdas?

Dalam hal ini, merumuskan tingkat kepintaran suatu negara memang tidak mudah. Ada banyak faktor yang mempengaruhi seperti literasi, pendidikan, prestasi, dan lain-lain. Namun sejauh ini, cara yang paling mudah adalah menetapkannya berdasarkan rata-rata IQ penduduk.

Berdasarkan laporan World Population Review, berikut ini adalah urutan teratas negara dengan penduduk paling pintar di dunia. Yuk, cari tahu!

5. China

Ilustrasi China/Foto: Pixabay.com/Russell_Yan
Ilustrasi Negara China/Foto: Pixabay.com/Russell_Yan

Negara raksasa ini berada di urutan kelima dengan tingkat IQ penduduk yang mencapai 104,1. Selain memiliki inteligensi tinggi, penduduknya juga memiliki minat baca tinggi, terbukti dengan penelitian OECD PISA 2018 yang menempatkan China di posisi teratas terkait literasi, matematika, dan sains. Kawasan dengan jumlah penduduk terbesar dunia ini dikenal maju dalam hal perdagangan dan industri.

4. Hong Kong

Ilustrasi Hong Kong/Foto: Pixabay.com/Andy Leung
Ilustrasi Negara Hong Kong/Foto: Pixabay.com/Andy Leung

Angka rata-rata inteligensi warga Hong Kong mencapai 105.37, yang mengantarkannya pada urutan keempat negara dengan penduduk paling pintar di dunia. Hal ini juga didukung oleh minat baca tinggi, di mana OECD PISA 2018 mencatat negara ini berada di urutan keempat untuk literasi, matematika, dan sains. Perekonomian negara ini berpijak pada perdagangan, dan didukung dengan kualitas SDM yang tinggi, ulet, serta pekerja keras.

3. Singapura

Ilustrasi Negara Singapura/Foto: Pixabay.com/Jason Goh
Ilustrasi Negara Singapura/Foto: Pixabay.com/Jason Goh

Singapura menjadi satu-satunya kawasan Asia Tenggara yang masuk lima besar negara dengan penduduk paling pintar di dunia. World Population Review mencatat bahwa tingkat inteligensi warganya mencapai 105,89, sehingga masuk dalam urutan ketiga pada tahun 2019 dan 2022.  

Uniknya, Singapura juga masuk urutan kedua negara dengan literasi tertinggi berdasarkan OECD PISA 2018, serta berada di peringkat 5 dalam Intelligence Capital Index (ICI) tahun 2017. Dilihat dari tingkat kemajuan, Singapura memang menunjukkan performa menakjubkan. Negara ini menjadi pusat perdagangan dunia dan dikenal menjadi negara yang sangat maju di bidang industri.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE