sign up SIGN UP

5 Negara Ini Sudah Terapkan Cuti Ayah untuk Istri Melahirkan, Ada yang Sampai 68 Minggu, Lho!

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Selasa, 28 Jun 2022 14:00 WIB
5 Negara Ini Sudah Terapkan Cuti Ayah untuk Istri Melahirkan, Ada yang Sampai 68 Minggu, Lho!
caption

Beauties, pernahkah kamu mendengar tentang cuti ayah? Cuti ayah adalah cuti yang diberikan kepada suami saat istrinya melahirkan. Di Indonesia sendiri, berita tentang cuti ayah sedang menjadi perbincangan hangat berkaitan dengan Rancangan Undang-Undang Kesejahteraan Ibu dan Anak (RUU KIA).

Sebagai kontribusi dalam menciptakan sumber daya manusia Indonesia yang unggul, DPR membuat RUU KIA untuk para ayah, yang mana mereka diberikan porsi cuti ayah selama 40 hari untuk mendampingi istrinya yang melahirkan dan diberikan cuti paling lama 7 hari untuk mendampingi istrinya yang keguguran.

Selain di Indonesia, ada 5 negara yang juga sudah menerapkan cuti ayah untuk istri yang melahirkan. Bahkan ada negara yang sampai memberikan cuti ayah selama 68 minggu lho, Beauties. Nah, kira-kira negara mana saja ya yang sudah menerapkan cuti ayah? Berikut 5 negara yang sudah menerapkan cuti ayah untuk istri yang melahirkan.

Islandia (9 Minggu)

Ilustrasi bendera Islandia
Ilustrasi bendera Islandia/Foto: Pexels/Gylfi Gylfason

Melansir dari CNN Indonesia, Islandia menjadi negara di posisi kelima dalam memberikan cuti ayah. Negara dengan jumlah populasi sebanyak 366.425 jiwa itu, telah memberikan cuti ayah selama 9 minggu lamanya. Selama cuti, baik ayah maupun ibu tetap berhak atas 80 persen gaji.

Korea Selatan (15 Minggu)

Ilustrasi Korea Selatan
Ilustrasi Korea Selatan/Foto: Freepik/Tawatchai07

Beauties, tahukah kamu? Korea Selatan termasuk ke dalam negara yang memberikan cuti ayah untuk istrinya yang sedang melahirkan. Namun, menurut data sejak diperkenalkan pada tahun 2007, hanya sedikit ayah yang mengambil cuti ini. Padahal, Korea Selatan telah memberikan waktu cuti yang cukup lama untuk para ayah, yaitu selama 15 minggu lamanya.

Spanyol (16 Minggu)

Ilustrasi Spanyol
Ilustrasi Spanyol/Foto: Pexels/Nextvoyage

Spanyol adalah satu-satunya negara di Uni Eropa yang terkenal loyal dalam memberikan cuti ayah untuk mendampingi istri yang melahirkan. Namun, sebelum menjadi negara loyal dalam memberikan cuti ayah, melansir dari Metropolitan Barcelona, Spanyol pernah hanya memberikan izin sebanyak dua hari libur untuk mendampingi istri yang baru melahirkan. Kejadian itu tepatnya terjadi lima belas tahun yang lalu.

Berkat adanya reformasi hukum dan seiring berkembangnya zaman, pemerintah Spanyol mengesahkan  "UU Keputusan Kerajaan tentang langkah-langkah mendesak untuk menjamin perlakuan dan kesempatan yang sama antara perempuan dan pria dalam pekerjaan dan jabatan". 

Sehingga pada 1 April 2019, cuti ayah diperpanjang dari lima menjadi delapan minggu. Lalu, pada 1 Januari 2020, diperpanjang lagi menjadi 12 minggu. Hingga pada 1 Januari 2021,  cuti ayah diperpanjang lagi menjadi empat minggu dengan total 16 minggu lamanya.

Jepang (30 Minggu)

Ilustrasi ibu dan anak di Jepang
Ilustrasi ibu dan anak di Jepang/Foto: Pexels/Andrey Grushnikov

Jepang menduduki posisi kedua dalam hal memberikan cuti ayah. Sebagaimana yang dilansir dari Guardian, Jepang telah memberikan cuti kepada para ayah sebanyak 30 minggu untuk mendampingi istri melahirkan. 

Namun, pada 2017, hanya sekitar 5 persen dari para ayah yang memenuhi syarat untuk pengambilan cuti. Alasan mereka tidak mengambil cuti berbayar karena masih kekurangan staf pengganti bahkan ada beberapa perusahaan yang tidak menawarkan tentang cuti ayah.

Meskipun demikian, para ayah yang mengambil cuti ayah di Jepang tetap akan dibayar 67 persen dari gaji tanpa pajak. Kemudian untuk sisa cutinya akan dibayar 50 persen dari gaji. Perhitungan pembayaran gaji tersebut terhitung selama 180 hari pertama cuti.

Swedia (68 Minggu)

Ilustrasi bendera Swedia
Ilustrasi bendera Swedia/Foto: Wikipedia

Melansir dari CNBC Indonesia, Swedia menjadi negara yang memberikan parental leave atau cuti orang tua selama 480 hari (sekitar 68 minggu) untuk setiap anak yang lahir. Jumlah cuti tersebut dapat dibagi rata oleh ibu atau ayah.

Cuti orang tua di Swedia bukanlah pilihan melainkan sebuah kewajiban karena Swedia merupakan salah satu negara yang sangat menjunjung keadilan gender. Selain itu, selama cuti para orangtua tetap akan mendapatkan 80 persen gaji.

Nah, Beauties itulah tadi 5 negara yang sudah menerapkan cuti ayah untuk istri melahirkan. Adakah negara yang baru kamu tahu?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id