sign up SIGN UP

Lewat RUU KIA, Pemerintah Dorong Cuti Ibu Hamil Jadi 6 Bulan hingga Atur Upah Cuti Melahirkan!

Nadya Quamila | Beautynesia
Rabu, 15 Jun 2022 09:00 WIB
Lewat RUU KIA, Pemerintah Dorong Cuti Ibu Hamil Jadi 6 Bulan hingga Atur Upah Cuti Melahirkan!
caption
Jakarta -

Beauties, baru-baru ini pemerintah mendorong masa cuti ibu hamil menjadi 6 bulan melalui rancangan undang-undang (RUU) Kesejahteraan Ibu dan Anak (KIA). Sebelumnya, ibu hamil yang berstatus pekerja mendapatkan cuti selama 3 bulan. Lewat RUU KIA, cuti hamil berubah menjadi 6 bulan dan masa waktu istirahat 1,5 bulan untuk ibu bekerja yang mengalami keguguran.

Menurut Ketua DPR RI Puan Maharani, RUU KIA ini dirancang untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang lebih unggul. Kesepakatan RUU KIA untuk dibahas lebih lanjut menjadi undang-undang dan dibahas bersama Pemerintah diambil dalam Rapat Badan Legislasi (Baleg) DPR pada Kamis (9/6) lalu. Keputusan ini akan dibawa dalam Sidang Paripurna DPR selanjutnya.

Cuti Ibu Hamil Jadi 6 Bulan

Ilustrasi perempuan hamilIlustrasi perempuan hamil/ Foto: Freepik/DCStudio

Menurut Puan, seorang ibu wajib mendapatkan waktu yang cukup untuk memberikan ASI bagi anak-anaknya, tak terkecuali bagi ibu yang bekerja

"RUU KIA juga mengatur cuti melahirkan paling sedikit enam bulan, serta tidak boleh diberhentikan dari pekerjaan. Selain itu, ibu yang cuti hamil harus tetap memperoleh gaji dari jaminan sosial perusahaan maupun dana tanggung jawab sosial perusahaan," kata Puan dalam keterangan tertulisnya, Senin (13/6), dikutip dari CNN Indonesia.

RUU KIA Mengatur Upah Cuti Melahirkan

Pakaian Ganti Ibu HamilIlustrasi ibu hamil/ Foto: Freepik.com/prostooleh

Tidak hanya mengatur durasi cuti ibu hamil, RUU KIA juga akan mengatur soal upah bagi ibu yang sedang cuti melahirkan nih, Beauties. Dijelaskan bahwa untuk 3 bulan pertama masa cuti, ibu bekerja mendapat gaji penuh dan mulai bulan keempat upah dibayarkan sebanyak 70 persen. Menurut Puan, pengaturan ulang masa cuti hamil ini penting untuk menjamin tumbuh kembang anak dan pemulihan bagi Ibu setelah melahirkan.

"DPR akan terus melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pemangku kepentingan berkenaan dengan hal tersebut. Kami berharap komitmen Pemerintah mendukung aturan ini demi masa depan generasi penerus bangsa," tegasnya.

RUU KIA untuk Kesehatan Reproduksi Perempuan

RUU KIA juga memperhatikan soal edukasi kesehatan reproduksi perempuan. Tak hanya itu, RUU KIA juga menjadi upaya untuk menurunkan angka stunting, hingga memajukan perempuan melalui keterlibatan di ruang publik.

"Perempuan memiliki potensi dalam perkembangan bisnis yang akan memberikan kontribusi berarti bagi perekonomian Indonesia," ungkap Puan.

RUU KIA untuk Memenuhi Kebutuhan Dasar Ibu dan Anak

Kecerdasan ibu setelah punya anakIlustrasi ibu dan anak/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio/

Masa pertumbuhan emas anak atau golden age merupakan periode krusial tumbuh kembang anak, di mana kerap dikaitkan dengan 1.000 hari pertama kehidupan (HPK) sebagai penentu masa depan seorang anak. Hal ini pulalah yang akan menjadi fokus RUU KIA, yaitu menekankan pentingnya penyelenggaraan kesejahteraan ibu dan anak secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan.

Puan mengungkapkan, ada sejumlah hak dasar yang harus diperoleh seorang ibu. Di antaranya hak mendapatkan pelayanan kesehatan, jaminan kesehatan saat kehamilan, mendapat perlakuan dan fasilitas khusus pada fasilitas, sarana, dan prasarana umum.

"Dan tentunya bagaimana seorang ibu mendapat rasa aman dan nyaman serta perlindungan dari segala bentuk kekerasan dan diskriminasi, termasuk dari tempatnya bekerja," tuturnya.

Puan menuturkan, RUU KIA hadir sebagai harapan agar anak-anak penerus bangsa bisa mendapat proses tumbuh kembang yang optimal.

"RUU KIA ini hadir sebagai harapan agar anak-anak kita sebagai penerus bangsa bisa mendapat proses tumbuh kembang yang optimal. Menjadi tugas negara untuk memastikan generasi penerus bertumbuh menjadi SDM yang dapat membawa bangsa ini semakin hebat," jelas Puan.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id