sign up SIGN UP

7 Negara Ini Beri Cuti Melahirkan Terpanjang Bagi Pekerja Perempuan, Simak Daftarnya!

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Selasa, 07 Jun 2022 23:30 WIB
7 Negara Ini Beri Cuti Melahirkan Terpanjang Bagi Pekerja Perempuan, Simak Daftarnya!
caption

Salah satu satu tantangan dalam bekerja bagi sebagian pekerja perempuan adalah saat menanti momen kelahiran anak. Hal ini akan membuat galau para calon ibu dengan batas waktu cuti atau istirahat melahirkan yang dirasa tak cukup lama.

Di Indonesia sendiri, cuti atau istirahat melahirkan merupakan hak bagi para pekerja perempuan yang telah diatur dalam perundang-undangan oleh pemerintah dan harus dijalankan oleh setiap perusahaan. Baik dalam UU ketenagakerjaan, Omnibus law, atau nantinya UU ketahanan keluarga yang masih dalam pembahasan.

Dilansir dari detikHealth, dengan adanya aturan Omnibus Law yang disahkan pada 2 November 2020 lalu ini, hak cuti atau kini disebut istirahat melahirkan bagi pekerja perempuan sesuai Undang-Undang (UU) nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan masih tetap berlaku. Selain itu hak upah meskipun sedang istirahat melahirkan juga tetap berlaku.  Adapun lama waktu yang diberikan sesuai yang tertuang dalam UU Ketenagakerjaan Pasal 82 adalah selama 1,5 bulan sebelum melahirkan dan 1,5 bulan sesudah melahirkan berdasarkan perhitungan dokter kandungan atau bidan. 

Lantas bagaimana aturan cuti melahirkan bagi pekerja perempuan di negara lain? Berikut 7 negara yang memberikan cuti melahirkan dengan minimum waktu terpanjang bagi pekerja perempuan. Yuk, simak!

Bulgaria

Bulgaria menempati deretan pertama negara yang berikan cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuan
Bendera Bulgaria/Foto: Freepik.com/freepik

Bulgaria menjadi negara yang menempati urutan pertama sebagai negara yang memberikan waktu cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuan. Waktu yang diberikan pun cukup panjang, yakni 58,6 minggu atau sekitar 1 tahun 4 bulan dan tetap menerima gaji selama 14 minggu. Dilansir dari European Commission, sang ayah juga berhak atas 15 hari cuti berbayar sejak hari kelahiran sang bayi.

Yunani

Santorini merupakan merupakan bagian dari negara Yunani
Yunani/Foto: Freepik.com/vwalkte

Menempati urutan kedua, Yunani yang terkenal dengan keindahan Santorini ini memberikan durasi cuti melahirkan kepada pekerja perempuannya selama 43 minggu. Dilansir dari European Commission, bentuk dukungan pemerintah Yunani terhadap ibu yang melahirkan mulai barang hingga uang tunai yang berupa asuransi, tunjangan bersalin, dan tunjangan bersalin tambahan.

Britania Raya

Britania raya menempati urutan ke-tiga sebagai negara yang memberikan cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuan
Britania Raya/Foto: Freepik.com/vwalkte

Selanjutnya negara yang menempati urutan ketiga sebagai negara yang memberikan waktu cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuan ditempati oleh Britania Raya. Dilansir dari Gov.UK, negara yang dipimpin oleh Ratu Elizabeth II ini memberikan waktu cuti melahirkan selama 39 minggu dan akan mendapatkan bayaran sebanyak 90 persen dari penghasilan rata-rata mingguan sebelum pajak selama 6 minggu.

Slovakia

SLovakia menempati urutan ke-empat sebagai negara yang memberikan cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuan
Slovakia/Foto: Pexels.com/pixabay

Negara yang dikenal memiliki beribu gua yang eksotis ini menempati urutan keempat. Slovakia memberikan waktu cuti melahirkan bagi pekerja perempuannya dengan waktu selama 34 minggu atau sekitar 11 bulan. Dilansir dari slovensko.sk, suami juga berhak atas cuti tersebut dengan jumlah yang sama asalkan juga turut mengasuh anak yang baru lahir.

Kroasia

Kroasi masuk urutan kelima yang memberikan cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuan
Kroasia/Foto: Pexels.com/LuciaannPhotography

Negara yang memiliki keindahan alam yang memukau ini juga masuk sebagai negara yang memberikan waktu cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuannya. Kroasia memberikan waktu cuti untuk pekerja perempuannya yang hamil selama 30 minggu. 

Dilansir dari European Commission, para orangtua juga akan mendapatkan berbagai tunjangan. Bahkan warga negara asing yang tinggal permanen di Kroasia dan pencari suaka juga mendapatkan hak yang sama dengan warga negara Kroasia.

Chili

Rapa Nui merupakan salah satu objek wisata di negara Chile
Santiago/Foto: Pexels.com/OsvaldoCastillo

Negara yang merupakan bagian dari Amerika Selatan ini masuk dalam urutan keenam sebagai negara yang memberikan waktu cuti melahirkan terpanjang kepada pekerja perempuannya. Chile juga memberikan waktu cuti yang sama dengan negara Kroasia yakni selama 30 minggu. Negara ini juga menerapkan aturan untuk setiap ibu yang akan melahirkan sudah harus mengambil cuti 6 minggu sebelum waktu anak lahir.

Ceko

Republik Ceko menempati urutan ke-tujuh yang memberikan cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuan
Republik Ceko/Foto: Pexels.comRachel Claire

Last but not least, Ceko menempati urutan ketujuh yang memberikan waktu cuti melahirkan terpanjang bagi pekerja perempuannya. Adapun lama waktu yang diberikan adalah selama 28 minggu atau sekitar 7 bulan.  Selain itu, dilansir dari International Labour Organization (ILO), negara ini juga memberikan cuti hamil dengan bayaran yang paling tinggi.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id