sign up SIGN UP

5 Trik Cepat Siapkan Sarapan, Cocok buat Kamu yang Sering Bangun Pagi Terlambat

Ratih Dewi | Beautynesia
Rabu, 11 Aug 2021 07:00 WIB
5 Trik Cepat Siapkan Sarapan, Cocok buat Kamu yang Sering Bangun Pagi Terlambat
caption

Siapa di sini yang sering bangun terlambat dan tidak sempat sarapan? Jangan dibiasakan tidak sarapan ya, Beauties. Sarapan pagi memiliki peran yang cukup penting untuk memberikan energi selama kita beraktivitas seharian.

Selama kita tidur 5-8 jam, tubuh kita sama sekali tidak mengonsumsi apapun sehingga terjadi penurunan glukosa darah dan ketika tidur, energi kita juga sudah terpakai untuk regenerasi sel. Karena itu, di pagi hari kita butuh asupan yaitu sarapan untuk meningkatkan glukosa darah dan energi untuk beraktivitas seharian.

Sayangnya, karena beberapa dari kita kerap melewatkan sarapan karena terlambat bangun di pagi hari. Nah, untuk Beauties yang sering bangun terlambat dan bingung menyiapkan sarapan, bisa ikuti trik di bawah ini ya! 

1. Buat Jadwal Menu Sarapan 

Buat Jadwal Menu Sarapan
Buat jadwal menu sarapan/Foto: pexels.com/Karolina Grabowska

Biar kamu nggak bingung setiap pagi mau sarapan apa, kamu bisa membuat jadwal menu sarapan kamu sendiri, Beauties. Jadi, setiap pagi kamu tidak membuang banyak waktu untuk memikirkan harus sarapan apa dan kamu juga sudah mempersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. 

Tidak hanya jadwal sarapan, kamu juga bisa membuat jadwal untuk makan siang, makan malam, ataupun camilan, jadi kamu tidak akan bingung setiap hari dengan pikiran harus makan apa dan kamu juga bisa mengatur keuangan untuk makan setiap harinya supaya lebih hemat. 

2. Pastikan Bahan Makanan Sudah Lengkap

Pastikan Bahan Makanan Lengkap
Pastikan bahan makanan lengkap/Foto : pexels.com/Max Vakhtbovych

Jangan lupa juga pastikan bahan makanan yang akan kamu gunakan sudah lengkap dan ada di rumah, termasuk juga bumbu-bumbu dapur. Kalau semua bahan makanan sudah lengkap, di pagi hari kamu tidak akan membuang banyak waktu untuk mencari bahan makanan yang tidak ada, sehingga kamu tinggal ambil saja dan bisa segera bikin sarapan. 

Kalau kamu akan membuat resep makanan dari ayam atau daging, jangan lupa kamu keluarkan dari freezer sejak malam hari, supaya di pagi hari kamu bisa dengan mudah mengolah daging yang sudah tidak beku lagi. 

3. Potong Buah dan Sayur dari Malam Hari

Potong Buah dan Sayur dari Malam Hari
Potong Buah dan Sayur dari Malam Hari/Foto : pexels.com/SHVETS production

Potong-potong buah dan sayur dari malam hari dan simpan dengan baik di kulkas, supaya kamu tidak membuang banyak waktu lagi hanya untuk memotong buah dan sayur di pagi harinya, dan bisa kamu langsung gunakan. 

Kalau kamu terbiasa makan nasi untuk sarapan, kamu juga bisa memasak nasi dari buat lauk untuk sarapan di pagi hari.

Juru masak Nisha Katona dengan buku barunya yang berjudul Pimp My Rice menjelaskan, nasi memiliki karbohidrat yang sehat dan mudah dicerna, menjadi pilihan tepat untuk menu sarapan dan memberikan energi untuk beraktivitas. 

4. Pilih Resep Makanan yang Mudah dan Cepat

Pilih Resep Makanan yang Mudah dan Cepat
Pilih Resep Makanan yang Mudah dan Cepat/Foto : pexels.com/Alesia Kozik

Pastikan kamu memilih resep makanan yang mudah dan cepat, sehingga tidak memakan banyak waktu untuk membuatnya. Dilansir dari detikFood, ada beberapa resep makanan yang mudah dan cepat untuk sarapan, seperti olahan telur, tahu goreng, nasi atau mi goreng, roti panggang, dan masih banyak lainnya. 

Jangan lupa perhatikan bumbu-bumbu masak yang digunakan, seperti cabai kalau kamu pecinta makanan pedas. Konsultan ahli gizi Rupali Datta, menjelaskan jika mengonsumsi makanan pedas di pagi hari saat perut kosong, berisiko bisa mengiritasi lapisan perut yang dapat menyebabkan reaksi asam, kram, dan gangguan pencernaan. 

5. Pastikan Dapur dalam Keadaan Bersih dan Rapi

Pastikan Dapur dalam Keadaan Bersih dan Rapih
Pastikan Dapur dalam Keadaan Bersih dan Rapih/Foto : pexels.com/Rene Asmussen

Supaya kamu memasak lebih enjoy dan mudah menemukan barang yang kamu cari, pastikan kamu meninggalkan dapur dalam keadaan bersih dan rapih pada malam hari. Kalau kondisi dapur kamu bersih dan rapih, kamu bisa dengan nyaman memasak dan tidak perlu mengawalinya dengan bersih-bersih dulu. 

Kalau dapur kamu dalam keadaan kotor dan berantakan, kamu membuang waktu untuk membersihkannya terlebih dahulu dan waktu kamu untuk membuat sarapan menjadi lebih lama. 


Our Sister Site

mommyasia.id