sign up SIGN UP

6 Cara Sederhana Ini Bantu Anak Muda untuk Memulai Gaya Hidup Sehat, Tertarik Coba?

Sherley Gucci Permata Sari | Beautynesia
Kamis, 30 Jun 2022 19:00 WIB
6 Cara Sederhana Ini Bantu Anak Muda untuk Memulai Gaya Hidup Sehat, Tertarik Coba?
caption

Memiliki gaya hidup sehat dalam keseharian tentu menjadi dambaan semua orang. Dengan gaya hidup sehat, maka dapat dipastikan juga seseorang akan memiliki tubuh yang sehat. Namun, tak semua orang dapat membiasakan dirinya dengan gaya hidup sehat. Terutama anak muda yang gemar mengonsumsi junk food, kurang gerak, dan jarang berolahraga. Meskipun begitu, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki gaya hidup sehat, lho.

Gaya hidup sehat sesungguhnya sangat mudah untuk diterapkan dalam keseharian. Memulai gaya hidup sehat dapat dimulai dengan mengubah hal-hal kecil dalam kehidupan sehari-hari, misalnya jalan kaki hingga terbiasa minum air putih.

Selain itu, perlu disadari bahwa gaya hidup sehat jangan dimulai saat sudah terserang penyakit atau usia tua. Justru dengan menerapkan gaya hidup sehat sedini mungkin, kamu akan mendapatkan tubuh yang sehat saat tua nanti.

Lantas, apa saja cara sederhana yang bisa dilakukan anak muda untuk mulai membiasakan diri dengan gaya hidup sehat? Yuk, simak kiatnya yang telah Beautynesia rangkum dari Circle Magazine berikut ini!

Tidur Cukup

Memulai gaya hidup sehat dapat dilakukan dengan tidur yang cukup waktu
Tidur Cukup/Foto: Pexels.com/ketut-subiyanto

Memulai gaya hidup sehat tak hanya sekedar mengubah pola makan, tidur yang cukup juga menjadi elemen paling penting. Sebab memiliki pola tidur yang buruk dapat mempengaruhi resistensi insulin, mengganggu nafsu makan, dan mempengaruhi kondisi fisik serta mental.

Tidur yang cukup akan membantu tubuh dan pikiran istirahat dengan baik. Selain itu tidur yang cukup juga akan bermanfaat untuk melawan kenaikan berat badan bagi kamu yang sedang diet, nih, Beauties. Dilansir dari detikHealth, durasi tidur yang sehat untuk orang dewasa sekitar 7-9 jam per hari.

Minum Air Putih dan Kurangi Alkohol

Membiasakan diri minum air putih untuk mulai hidup sehat
Konsumsi Air Putih/Foto: Freepik.com/svetlanasokolova

Tubuh manusia 80 persennya terdiri oleh air. Air di dalam tubuh menjadi esensial dan penting untuk dipenuhi. Dilansir dari detikHealth, manfaat air putih bagi tubuh di antaranya untuk menjaga kelembaban kulit, mengeluarkan racun, hingga menurunkan berat badan.

Setidaknya setiap hari tubuh perlu mendapatkan asupan air putih sebanyak 8 gelas per hari untuk menghindari masalah dehidrasi hingga kelelahan. Selain itu, mengurangi kebiasaan konsumsi alkohol juga bisa membantu untuk dapat memiliki gaya hidup sehat dalam keseharian. Mengonsumsi alkohol dapat berisiko terhadap kesehatan organ tubuh serta sulit mendapatkan tidur yang nyenyak dan sehat.

Variasi Makanan

Milih makanan yang bervariasi buah dan sayur dapat menjadi awal untuk memulai gaya hidup sehat
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/cats-coming

Kebanyakan orang menganggap menjadi sehat adalah memangkas sebagian besar makanannya. Namun, hal yang perlu diketahui soal gaya hidup sehat salah satunya adalah memiliki pola makan yang sehat. 

Pola makan yang sehat artinya memiliki nilai gizi seimbang dan jenis makanan yang bervariasi.  Selain memperhatikan jenis makanannya, hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah jumlah porsi makanan. Untuk memulainya, kamu dapat belajar mengurangi konsumsi junkfood dan konsumsi serat seperti sayur dan buah.

Kurangi Asupan Gula dan Garam

Mengontrol asupan gula dan garam dapat jadi langkah awal untuk memulai gaya hidup sehat
Ilustrasi/Foto : Freepik.com/wayhomestudio

Beauties buat kamu si sweet tooth alias pencinta makanan manis, mengurangi asupan gula mungkin menjadi tantangan untuk bisa memulai gaya hidup sehat. Perlu diingat bahwa konsumsi gula dan garam yang berlebih dapat menyebabkan kenaikan berat badan, diabetes, kanker perut, sakit jantung, tekanan darah tinggi hingga depresi, lho. 

Misalnya kamu terbiasa minum teh manis dengan takaran 2 sendok teh gula, kamu dapat menguranginya menjadi 1 sendok teh saja atau kamu dapat menggantinya dengan gula stevia.

Mengelola Stres

Mengontrol stres dapat membantu untuk memulai gaya hidup sehat
Ilustrasi/Foto: Freepik.com/drobotdean

Stres memang menjadi musuh utama dalam kehidupan. Namun hal ini harus dapat dikelola dengan baik. Sebab, stres dapat mengganggu kesehatan dan memicu penyakit serius bagi tubuh, seperti gangguan imun hingga naiknya kadar gula darah.

Untuk mengatasi stres, kamu dapat mencoba membiasakan diri untuk meditasi atau journaling dalam keseharianmu, Beauties. Namun, jika sudah tak dapat ditangani dengan baik, segera temui profesional, ya!

Olahraga Teratur

Membiasakan diri untuk olahraga teratur bantu tubuh untuk miliki gaya hidup sehat
Ilustrasi/Foto: Pexels.com/mentatdgt

Seperti yang sudah diketahui bahwa olahraga dapat menunjang kesehatan tubuh. Namun sayangnya masih banyak orang, terlebih kaum millenial dan Gen Z,  yang hobi rebahan dan enggan berolahraga.

Untuk memulai gaya hidup sehat dengan berolahraga, mulai lah temukan jenis olahraga yang tepat dan nyaman untuk dilakukan agar tak cepat bosan. Tak hanya dengan olahraga, membiasakan diri aktif bergerak juga dapat membantu untuk terbiasa dengan gaya hidup sehat.

Selamat mencoba gaya hidup sehat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id