sign up SIGN UP

5 Daftar Superfood yang Bisa Bantu Tidur Lelap dan Nyenyak, Say Goodbye to Insomnia!

Aqillah Diaz | Beautynesia
Selasa, 21 Jun 2022 22:30 WIB
5 Daftar Superfood yang Bisa Bantu Tidur Lelap dan Nyenyak, Say Goodbye to Insomnia!
Daftar Superfood yang Bisa Bantu Tidur Lelap dan Nyenyak/Foto: Freepik.com/shutterphu
Jakarta -

Tidur merupakan salah satu cara mengistirahatkan tubuh yang paling efektif untuk mengembalikan energi. Kesehatan tubuh tentu juga dipengaruhi oleh kualitas tidur yang baik, bahkan dengan tidur kamu juga dapat terhindar dari beberapa risiko penyakit otak dan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kualitas tidur seseorang juga dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk asupan nutrisi, seperti vitamin B, folat, protein, asam amino, magnesium, antioksidan, tryptofan, dan lainnya. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi yang masuk ke tubuh memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas tidur dan mengontrol jam tidur.

Tidak semua orang dapat merasakan tidur lelap, nyenyak, dan berkualitas, beberapa orang mengalami penyakit gangguan tidur, seperti insomnia yang mana insomnia dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun psikologis seseorang, bahkan juga dapat mengganggu produktivitas.

Oleh karena itu, untuk bisa membantu tidur lebih lelap dan nyenyak kamu bisa mengonsumsi beberapa superfood. Dilansir dari detikFood, berikut beberapa jenis superfood yang bisa kamu coba.

1. Alpukat

Viral di tiktok, ternyata cara menyimpan alpukat ini berbahaya/foto: freepik.com/dashu83Buah Alpukat/Foto: Freepik.com/dashu83

Alpukat merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan kaya akan nutrisi. Bahkan, alpukat juga disebut sebagai superfood yang memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan.

Alpukat memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan kadar serotonin, yang mana nutrisi ini dapat membuatmu cepat untuk tidur. Bahkan, alpukat juga memiliki kandungan kalium yang lebih tinggi dari pisang.

Alpukat memiliki kandungan kaya serat daripada buah lainnya, yang mana serat dapat membantu menurunkan berat badan dan melancarkan metabolisme dalam tubuh. Kandungan lain dalam alpukat yang dapat meningkatkan kualitas tidur dan mencegah insomnia adalah kandungan antioksidan. Kemudian, alpukat juga memiliki kandungan magnesium dan potasium yang dapat merilekskan tubuh sehingga membuat kualitas tidur menjadi meningkat, serta terhindar dari gangguan.

2. Kiwi

Potongan kiwiBuah Kiwi/ Foto: freepik.com/Jcomp

Siapa sih yang nggak tahu kalo kiwi memiliki rasa manis dan asam? Nah, buah kiwi biasanya dikonsumsi dengan campuran salad. Namun, apakah kamu baru tahu kalau kiwi ternyata juga dapat membantu seseorang agar lebih nyenyak dan lelap ketika tidur di malam hari?

Dilansir dari detikHealth, buah kiwi memiliki kandungan antioksidan dan serotonin yang tinggi sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang. Kandungan serotonin dalam kiwi dapat membantu mempercepat tidur dan mempertahankan tidur agar tidak mudah terbangun di tengah malam. Tak hanya itu, kiwi juga dapat membantu mendukung masalah kesehatan pencernaan, mengurangi inflamasi, dan menurunkan kolesterol.

3. Kacang-kacangan

Ilustrasi Kacang-kacangan/Pexels/MonsteraKacang-kacangan/Foto: Pexels.com/Monstera

Jika kamu memiliki masalah serius seperti insomnia, kamu bisa coba untuk mengonsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan memiliki kandungan hormon melatonin yang dapat mempengaruhi siklus tidur seseorang, yang mana hormon ini juga diproduksi oleh otak yang dapat memberi dan mengatur sinyal, kapan waktu tidur dan kapan waktu terjaga.

Selain itu, kacang-kacangan juga memiliki kandungan magnesium dan seng dua yang membantu meningkatkan kualitas tidur. Semakin kamu sudah tidur lelap dan nyenyak, maka kamu bisa mencoba untuk mengonsumsi kacang-kacangan sebelum tidur. Kacang-kacangan juga dapat membantumu menahan rasa lapar dan mengontrol berat badan, lho.

4. Salmon

ikan salmon sashimiSalmon/Foto: Freepik/Topntp26

Dilansir dari detikFood, superfood selanjutnya yang bisa kamu konsumsi adalah salmon. Salmon memiliki kandungan kaya akan lemak Omega 3 yang dapat mengurangi hormon stres dan menenangkan pikiran.

Apabila pikiran kita lebih tenang, maka kualitas tidur seseorang akan menjadi lebih baik. Dengan mengonsumsi salmon, maka produksi serotonin dan melatonin dalam tubuh dapat membantu tidur lebih cepat dan nyenyak.

Seseorang yang mengonsumsi salmon tiga kali seminggu selama enam bulan, akan mengalami kualitas tidur yang lebih baik dan satu potong ikan salmon dapat memenuhi dua kali lipat kebutuhan triptofan yang efeknya dapat memancing kantuk.

5. Oatmeal

OatmealOatmeal/ Foto: Freepik.com

Makanan superfood selanjutnya yang bisa dikonsumsi untuk membuat tidur lebih lelap dan nyenyak adalah oatmeal. Jenis makanan yang satu ini dapat membantu proses tidur lebih cepat dan apabila dikonsumsi sebelum tidur dapat membuat rasa kantuk datang lebih cepat.

Oatmeal dapat meningkatkan hormon insulin yang memicu munculnya asam amino tryptophan atau triptofan, yang mana hormon ini dapat membantu kita cepat tidur. Selain itu, oatmeal juga mengandung vitamin B6 dan melatonin yang dapat meredakan stres dan membuat tubuh rileks sehingga dapat mempermudah untuk tidur.

Itulah beberapa superfood yang bisa membantumu untuk tidur lebih lelap dan nyenyak. Kualitas tidur seseorang dapat memengaruhi kesehatan tubuh. Jadi, mana nih superfood yang jadi andalanmu?

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id