sign up SIGN UP

6 Cara Menjaga Mood Tetap Bagus Selama Bekerja

Ratih Dewi | Sabtu, 30 Jan 2021 14:00 WIB
6 Cara Menjaga Mood Tetap Bagus Selama Bekerja
caption

Suasana hati atau mood kita setiap harinya akan berpengaruh bagaimana kita akan melakukan aktivitas tertentu, termasuk bekerja. Terkadang, mulai dari bangun tidur kita sudah merasakan suasana hati sedang tidak baik dan malas untuk bekerja, tentu saja berpengaruh ke produktivitas kamu, terutama untuk kamu yang sudah WFH terlalu lama.  

Ternyata, ada beberapa tips atau cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menjaga suasana hati kamu menjadi lebih baik. Sehingga produktivitas kamu saat bekerja tidak mengganggu dan bisa mengerjakannya dengan baik. Yuk, kita simak bersama tips sederhana di bawah ini, Ladies

1. Bekerja Sambil Mendengarkan Musik

Bekerja Sambil Mendengarkan Musik
Bekerja Sambil Mendengarkan Musik/Foto : freepik.com

Melakukan aktivitas sambil mendengarkan musik memang membuat suasana hati menjadi lebih baik dan membuat kita lebih bersemangat melakukan sesuatu. Kamu bisa mendengarkan musik-musik favorit kamu yang bisa membangkitkan semangat di dalam diri kamu sendiri agar bekerja lebih maksimal. 

Pastikan sambil mendengarkan musik tidak mengganggu atau membuat kamu menjadi tidak fokus dengan pekerjaan kamu. Beberapa orang mungkin merasa teralihkan atau menjadi tidak fokus melakukan pekerjaannya sambil mendengarkan musik, jika kamu mulai tidak fokus kamu bisa hentikan musiknya sementara. 

2. Menyajikan Makanan atau Minuman Favorit

Menyajikan Makanan atau Minuman Favorit
Menyajikan Makanan atau Minuman Favorit/Foto : freepik.com

Sajikan beberapa makanan atau minuman kesukaan kamu untuk menemani kamu selama bekerja. Jika kamu butuh makanan ringan, kamu bisa siapkan beberapa makanan ringan untuk membuat kamu semangat bekerja, jika kamu butuh kopi, kamu bisa menyajikan kopi kesukaan kamu untuk menghindari kantuk. 

Baiknya, kamu menyajikan makanan atau minuman yang ringan saja atau tidak terlalu berat supaya kamu tidak teralihkan dari pekerjaan yang sedang kamu kerjakan. Terutama saat WFH, siapkan makanan ringan secukupnya saja dan tidak terlalu banyak karena jika terlalu kenyang dengan makanan ringan membuat kamu menjadi mengantuk. 

3. Istirahat yang Cukup pada Malam Hari

Istirahat yang Cukup pada Malam Hari
Istirahat yang Cukup pada Malam Hari/Foto : freepik.com

Salah satu yang membuat suasana hati kamu tidak baik di pagi hari karena kurangnya istirahat pada malam hari. Pastikan kamu tidak banyak begadang jika tidak diperlukan, istirahat yang cukup 6 - 8 jam per hari. Jika kurang tidur membuat kamu akan mengantuk, jika kelebihan jam tidur justru membuat kamu menjadi lebih malas.

Jika kesulitan dengan tidur di malam hari, kamu bisa melakukan beberapa cara sederhana seperti minum susu hangat, mandi air hangat, berolah raga sebelum tidur, atau hal-hal lainnya untuk membuat kamu tidur lebih awal, pastikan juga tidak mengkonsumsi kafein pada malam hari ya Ladies

4. Pastikan Meja Kerja Rapih dan Diberi Hiasan

Pastikan Meja Kerja Rapih dan Diberi Hiasan
Pastikan Meja Kerja Rapih dan Diberi Hiasan/Foto : freepik.com

Kamu bisa menghias meja kerja kamu dengan barang-barang yang unik seperti boneka, tanaman hias, alat tulis yang berwarna-warni, motivasi yang ditulis di post it, atau hiasan lainnya yang membuat meja kerja kamu tidak terlalu polos. Pastikan juga meja kerja kamu selalu bersih dan rapih. 

Jika kotor dan tidak rapih akan membuat suasana hati kamu menjadi buruk dan kamu semakin tidak memiliki gairah untuk bekerja. Pastikan juga posisi duduk kamu dalam keadaan yang tegak, terutama jika bekerja di rumah hindari bekerja di atas tempat tidur atau sambil tiduran karena membuat kamu menjadi malas dan mengantuk.

5. Ingat dengan Rencana Jangka Panjang

Ingat dengan Rencana Jangka Panjang
Ingat dengan Rencana Jangka Panjang/Foto : freepik.com

Selalu ingat dengan rencana jangka panjang yang kamu sudah susun dari jauh hari, misalkan membeli barang yang baru, berlibur, membeli hunian tempat tinggal, atau lainnya. Dengan mengingat rencana jangka panjang yang kamu miliki, itu bisa menjadi motivasi untuk kamu bekerja lebih giat dan semangat. 

Kamu bisa menempelkan beberapa rencana jangka panjang kamu di atas meja, di laptop, di dinding, atau di tempat yang selalu kamu lihat supaya mengingatkan kamu selalu bekerja harus penuh semangat supaya bisa memberikan yang terbaik dan rencana jangka panjang yang sudah kamu buat bisa terealisasikan. 

6. Bersyukur dengan Pekerjaan Sekarang 

Bersyukur dengan Pekerjaan Sekarang
Bersyukur dengan Pekerjaan Sekarang/Foto : freepik.com

Tingkatkan rasa bersyukur dengan pekerjaan yang kamu miliki sekarang. Dimasa pandemi seperti ini ada beberapa orang yang kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan karena beberapa perusahaan tengah mengurangi karyawan mereka. Kamu harus berpikir positif selalu dan bersyukur kamu masih memiliki pekerjaan dan penghasilan yang tetap.

Dengan rasa bersyukur itu bisa membuat mood kamu menjadi lebih baik dan membuat kamu meningkatkan produktivitas kamu untuk memberikan hasil yang terbaik di pekerjaan yang kamu miliki. 

Itu dia beberapa tips sederhana untuk membuat kamu lebih semangat untuk bekerja, semoga bermanfaat Ladies

(kik/kik)

Our Sister Site

mommyasia.id