sign up SIGN UP

RELATIONSHIP

6 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mendukung Pasangan yang Menderita Depresi

Intan Dwi | Jumat, 29 Jan 2021 22:00 WIB
6 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Mendukung Pasangan yang Menderita Depresi
caption
Jakarta -

Memang tidak mudah untuk mengetahui kapan harus turun tangan ketikan pasangan sedang mengalami depresi. Jika mereka hanya tidur sepanjang hari, mendorong kamu menjauh atau menutup diri, kamu mungkin akan merasa sedikit tidak berdaya meski kamu benar-benar ingin membuat mereka merasa lebih baik.

Ini bisa menjadi rumit, membuat stres dan menakutkan untuk kamu, tetapi kamu bisa membantu dengan melakukan beberapa hal kecil untuk dia. Memberikan dukungan sosial penting untuk kesejahteraan emosionalnya dan ini berlaku bagi mereka yang mengalami depresi.

Berada di sana untuk pasangan kamu, meskipun hanya sebagai bahu untuk menangis, itu cara terbaik yang tidak ternilai harganya. Tak hanya itu, mungkin beberapa cara ini juga bisa kamu lakukan untuk mendukung pasangan kamu.

Tanyakan ke dia bagaimana dia ingin dibantu

Sepertinya kita tidak bisa terlalu sering berasumsi tentang apa yang dibutuhkan orang lain berdasarkan bagaimana kita membutuhkan dukungan dari orang lain.
Tanyakan ke dia bagaimana dia ingin dibantu/freepik.com

Sepertinya kita tidak bisa terlalu sering berasumsi tentang apa yang dibutuhkan orang lain berdasarkan bagaimana kita membutuhkan dukungan dari orang lain. Jika kita suka dipeluk misalnya, kamu mungkin mengira pasangan kamu juga suka dipeluk.

Tetapi karena setiap orang berbeda, penting untuk mencari tahu apa yang sebenarnya mereka sukai dan butuhkan. Enggak ada salahnya tanyakan tentang itu kepada pasangan kamu, karena dengan begitu sama saja menghargai apa yang mereka butuhkan.

Biarkan dia tahu tidak apa jika dia membutuhkan waktu sendiri

Dengan memahaminya dan tidak tersinggung akan memberi ruang bagi pasangan kamu untuk meluangkan waktu yang mereka butuhkan.
Biarkan dia tahu tidak apa jika dia membutuhkan waktu sendiri/pexels.com

Mungkin sulit ketika pasangan kamu terlihat dingin atau jika mereka meminta untuk ditinggal sendiri. Tapi cobalah untuk tidak tersinggung, lebih baik beri mereka waktu sendirian tanpa membuat masalah besar.

Dengan memahaminya dan tidak tersinggung akan memberi ruang bagi pasangan kamu untuk meluangkan waktu yang mereka butuhkan. Ini semua tentang berjalan digaris antara menunjukkan bahwa kamu peduli dan memberi mereka ruang untuk fokus pada diri mereka sendiri.

Pahami jika dia terus merasa buruk

Jadi, yang dapat kita lakukan hanyalah berdiri di samping mereka sementara mereka belajar menyembuhkan dirinya sendiri.
Pahami jika dia terus merasa buruk/freepik.com

Kita memang tidak dapat “memperbaiki” depresi pasangan kamu atau mendorong mereka untuk merasa lebih baik. Jadi, yang dapat kita lakukan hanyalah berdiri di samping mereka sementara mereka belajar menyembuhkan dirinya sendiri.

Beri mereka ruang, waktu dan dukungan, selama mereka membutuhkannya dan ingatkan diri kamu sendiri bahwa tidak apa-apa jika tidak ada solusi. Selama kamu berada di sana dan mendengarkannya, kamu sudah melakukan hal yang benar.

Bantu dia menjaga mood

bantu pasangan kamu menilai bagaimana perasaan mereka dengan melacak naik turunnya mood mereka
Bantu dia menjaga mood/freepik.com

Jika dia terbukti untuk ide tersebut, bantu pasangan kamu menilai bagaimana perasaan mereka, apakah itu dengan menggunakan aplikasi atau jurnal untuk melacak naik turunnya mood mereka. Catatan suasana hati penting untuk melacak kapan suasana hari meningkat atau normal.

Kamu juga bisa melacak apa yang terjadi selama waktu itu untuk membantu mengobati gejala sebelum menjadi terlalu parah. Karena menyimpan catatan suasana hati, kamu akan dapat mengidentifikasi apakah mereka akan melalui sebuah peristiwa sehingga kamu dapat mendukung mereka dengan lebih baik.

Selalu ada saat dia ingin berbicara

Tidak semua orang dengan depresi mau membicarakan perasaan mereka, tetapi jika pasangan kamu ingin curhat atau menangis, cobalah untuk selalu ada disaat-saat itu,
Selalu ada saat dia ingin berbicara/freepik.com

Tidak semua orang dengan depresi mau membicarakan perasaan mereka, tetapi jika pasangan kamu ingin curhat atau menangis, cobalah untuk selalu ada di saat-saat itu, jika memungkinkan. Memberi pasangan kamu perhatian yang tidak terbagi ketika mereka berbagi dengan kamu adalah kunci untuk membantu mereka merasa didukung.

Mendorongnya untuk tetap melakukan perawatan

Mereka mungkin akan kesulitan bangun, tapi kamu bisa membantunya dengan mendorong pasangan kamu untuk bertemu dengan terapis mereka.
Mendorongnya untuk tetap melakukan perawatan/freepik.com

Mereka mungkin akan kesulitan bangun, tapi kamu bisa membantunya dengan mendorong pasangan kamu untuk bertemu dengan terapis mereka. Kirimin dia beberapa pesan teks yang membesarkan hatinya satu jam sebelum janji temu dengan terapis.

Selain itu, tawarkan untuk ikut pergi bersama ke tempat terapis untuk periksa dan menunggu melihat bagaimana hasilnya. Hal-hal ini benar-benar dapat memotivasi orang yang mengalami depresi untuk mendapatkan bantuan yang mereka butuhkan.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id