sign up SIGN UP

6 Fakta Menarik tentang Boneka Barbie yang Mungkin Belum Kamu Tahu: Ternyata Umurnya Sudah 63 Tahun!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Selasa, 20 Sep 2022 10:30 WIB
6 Fakta Menarik tentang Boneka Barbie yang Mungkin Belum Kamu Tahu: Ternyata Umurnya Sudah 63 Tahun!
caption

Beauties, masih ingat sama mainan Barbie yang suka kalian mainkan waktu kecil dulu?

Boneka Barbie merupakan mainan yang begitu populer di kalangan anak-anak hingga orang dewasa di seluruh dunia. Barbie diproduksi oleh perusahaan Amerika Serikat, Mattel, dan 'lahir' pertama kali pada 9 Maret 1959 dalam ajang American International Toy Fair di New York.

Ruth Handler, penemu Barbie, menciptakan boneka perempuan ini usai dirinya terinsipirasi oleh sebuah boneka asal Jerman bernama Bild Lilli, yang aslinya adalah boneka dewasa.

Tak banyak yang tahu, selama 63 tahun perjalanan hidupnya yang penuh ketenaran, Barbie rupanya telah memiliki rumah impian, mobil glamor, hingga daftar karier yang bagus.

Yuk, kita lihat fakta-fakta menarik tentang Barbie berikut ini.

1. Penampilan Perdana Barbie

fakta menarik barbie
Penampilan perdana Barbie tahun 1959/Foto: Flickr/booboo_babies

Pada tahun 1959, Barbie secara perdana tampil setinggi 11,5 inci, rambutnya berwarna pirang atau cokelat, dan memakai pakaian renang bergaris hitam-putih yang ikonik. Desain matanya kala itu masih memandang ke samping, sebelum akhirnya diubah Mattel tahun 1971.

Saat itu, boneka ini dijual seharga seharga US$3.

Barbie mempunyai nama lengkap Barbara Millicent Roberts. Barbie sendiri merupakan nama dari putri Ruth Handler, Barbara, sedangkan nama Ken berasal dari nama putranya, Kenneth.

Fun fact: Pantone PMS 219 C atau Barbie Pink adalah warna khas Barbie yang digunakan oleh Mattel pada logo dan aksesori boneka ini.

2. Barbie Datang dari Keluarga Besar

fakta menarik barbie
Keluarga besar Barbie/Foto: Getty Images/Lawrence Lucier

Barbie rupanya juga memiliki orangtua, loh! Dikutip dari Mental Floss, nama ayah dan ibunya adalah George Roberts dan Margaret Roberts, meski keduanya belum pernah dirilis sebagai boneka. Secara fiksi, mereka berasal dari kota Willows, Wisconsin.

Bukan anak tunggal, Barbie punya beberapa saudara kandung bernama Skipper, si kembar Tutti/Stacie dan Todd, Kelly, Chelsea, dan Krissy. Dia juga memiliki sepupu bernama Francie dan Jazzie.

3. Kehidupan Percintaan Barbie

fakta menarik barbie
Barbie dan Ken saat tampil pertama kali/Foto: Mattel

Barbie bergabung dengan Ken pada tahun 1961. Itu artinya, Barbie memiliki kekasih yang dua tahun lebih muda darinya.

Sebenarnya, Barbie dan Ken diceritakan pernah ‘putus hubungan’ pada tahun 2004. Waktu itu, Barbie kedatangan boneka pendamping pria baru bernama Blaine Gordon, seorang boogie-boarder dari Australia.

Sampai akhirnya, pada tahun 2011 figur Ken yang baru muncul kembali dengan versi yang lebih baik.

4. Kalau Barbie Punya Resume, Riwayat Kariernya Bakal Panjang Banget!

fakta menarik barbie
Barbie telah menggeluti 200 karier/Foto: Barbie

Mengutip laman resminya, Barbie telah memiliki lebih dari 200 karier, termasuk astronot, pilot, pemadam kebakaran, ahli bedah, jurnalis, insinyur komputer, pengembang video game, pebisnis eksekutif, hingga calon presiden. Selain itu, ada juga koleksi Barbie Role Models.

Namun, pekerjaan pertamanya adalah sebagai model remaja.

5. Bak Sosialita, Barbie Bergelimang Barang-barang Mewah

fakta bone barbie
Barbie Dreamhouse/Foto: Mattel

Barbie Dreamhouse adalah properti rumah milik Barbie yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 1962.

Selain punya rumah mewah, boneka fashion Barbie telah menjelma sebagai ikon mode yang tak terbantahkan.

fakta menarik barbie
Barbie dalam busana karya desainer ternama/Foto: Getty Images/Chesnot

Mengutip Good Housekeeping, diperkirakan satu miliar pakaian telah dibuat untuk Barbie dan teman-temannya sejak debutnya di 1959. Bahkan, Barbie telah banyak berkolaborasi dengan sejumlah desainer ternama dunia, termasuk Yves Saint Laurent, Dior, dan Versace. Wow!

Setidaknya, dibutuhkan lebih dari 100 orang staf profesional dari perancang busana papan atas, penata rias, dan couturiers paling elit, untuk membuat boneka Barbie dan busananya.

6. Boneka Barbie Edisi Spesial dari Mattel

fakta boneka barbie
Boneka Barbie edisi spesial/Foto: Getty Images/Yvonne Hemsey
  • Pada 1997, perusahaan Mattel memulai debut Share a Smile Becky, sebagai boneka fashion pertama yang menaiki kursi roda.
  • Menurut laman resmi Barbie, Barbie Totally Hair™ 1992 dinobatkan sebagai boneka Barbie terlaris yang pernah ada dengan menampilkan rambut sepanjang lantai.
  • Pada 2016, Mattel merilis koleksi “Fashionistas”, menghadirkan boneka dengan tipe tubuh tinggi, berisi, dan mungil, dalam pilihan warna kulit dan gaya rambut yang berbeda.

______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id