sign up SIGN UP

6 Hal Ini Dianggap Mewah di Luar Negeri Tapi Biasa Saja di Indonesia, Apa Saja?

Retno Anggraini | Beautynesia
Jumat, 01 Apr 2022 19:00 WIB
6 Hal Ini Dianggap Mewah di Luar Negeri Tapi Biasa Saja di Indonesia, Apa Saja?
caption
Jakarta -

Tidak sedikit orang Indonesia yang memilih tinggal di luar negeri. Entah karena pendidikan, tuntutan pekerjaan, ataupun karena menikah dengan warga negara asing. Tentunya, pasti ada ragam culture shock yang dialami saat awal tinggal di luar negeri.

Salah satunya adalah beberapa hal yang dianggap biasa saja di Indonesia, tapi ketika beli atau sewa di luar negeri, harganya bisa jauh lebih mahal. Merangkum dari berbagai sumber, berikut adalah beberapa hal yang dianggap mewah di luar negeri tapi biasa saja di Indonesia. Yuk, simak!

Asisten Rumah Tangga

Asisten Rumah Tangga
Asisten Rumah Tangga/Foto: Freepik.com/drobotdean

Kalau di Indonesia, rasanya sudah umum melihat sebuah keluarga memiliki asisten rumah tangga (ART). Dengan mempekerjakan ART, dapat membantu menyelesaikan beberapa pekerjaan rumah yang menumpuk.

Nah, pernahkah kamu melihat keluarga di luar negeri memiliki supir pribadi, ART, atau baby sitter? Pasti sangat jarang sekali ditemukan. Hanya orang-orang super kaya yang bisa memakai jasa mereka.

Jika di Indonesia profesi tersebut dibayar setiap bulan, di luar negeri tidak demikian. Rata-rata, profesi tersebut dibayar dengan hitungan per jam. Prancis termasuk dalam negara yang gaji ART-nya sangat tinggi. Dalam sebulan, seorang ART di Prancis bisa mengantongi Rp400 juta.

Parkir

Tarif parkir
Tarif parkir/Foto: Freepik.com/frimufilms

Rasanya, parkir sudah merupakan kewajiban bagi kamu yang memiliki kendaraan pribadi. Di Indonesia sendiri, tarif parkir mobil di pusat perbelanjaan biasanya mulai dari Rp4 ribu sampai Rp10 ribu di jam pertama. Lalu di tiap jam berikutnya dikenakan biaya tambahan sebesar Rp2 ribu sampai Rp8 ribu.

Sedangkan di luar negeri, tarif parkirnya bisa membuat kamu geleng-geleng kepala, Beauties. Sydney menjadi kota dengan tarif parkir termahal di dunia. Per jamnya, kamu harus membayar tarif sebesar Rp515 ribu hanya untuk parkir.

Surat Izin Mengemudi (SIM)

SIM
SIM/Foto: Pixabay.com/Robfoto

SIM atau Surat Izin Mengemudi wajib dimiliki oleh setiap orang yang mengendarai kendaraan. Jika sudah memiliki SIM, kamu dianggap layak dan memiliki izin untuk mengemudikan kendaraan.

Untuk mendapatkan SIM, biasanya ada beberapa tes yang harus diikuti dan membayar biaya pembuatan. Di Indonesia, biaya pembuatan SIM hanya ratusan ribu saja, sedangkan di luar negeri bisa sampai jutaan hingga puluhan juta.

Salah satunya adalah Jepang. Biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat SIM di negeri Sakura ini sebesar Rp30 juta. Sedangkan untuk orang asing yang ingin berkendara di Jepang, dikenakan biaya tiga kali lipatnya. Hal inilah yang membuat warga Jepang lebih memilih berjalan kaki, menggunakan sepeda, atau transportasi umum untuk bepergian.

Tempe

Tempe
Tempe/Foto: Pixabay.com/dyahahsina

Bahan makanan satu ini jadi penyelamat perut di akhir bulan ketika dompet mengalami krisis kekeringan. Meskipun harganya murah, kandungan protein pada tempe hampir sama dengan daging sapi, namun lebih sehat.

Di Indonesia, dengan uang Rp5 ribu saja kamu sudah bisa membawa pulang satu papan tempe. Tapi di luar negeri, harganya bisa mencapai sepuluh kali lipat. Di Jepang, harga satu papan tempe bisa mencapai Rp50 ribu, lho!

Rempah-rempah

Rempah-rempah
Rempah-rempah/Foto: Pixabay.com/Mareefe

Indonesia memang terkenal akan makanannya yang kaya rempah. Tidak heran jika bahan masakan satu ini sangat mudah ditemukan. Mulai dari supermarket, pasar tradisional, bahkan bisa kamu tanam sendiri di rumah.

Namun, harga rempah-rempah di luar negeri lumayan menguras kantong. Di Inggris, harga jahe bisa mencapai Rp690 ribu per kilonya. Sedangkan di Eropa, harga jinten bisa mencapai Rp815 ribu per kilo. Selain mahal, rempah-rempah juga hanya bisa ditemukan di Asian Mart atau Indian Mart saja. Itu pun juga tidak terlalu lengkap.

Kerajinan Rotan atau Kayu

Kerajinan rotan
Kerajinan rotan/Foto: Pixabay.com/RitaE

Kerajinan yang terbuat dari rotan ataupun kayu sangat mudah ditemukan di Indonesia. Selain itu, harganya juga relatif lebih murah, tergantung dari jenis rotan atau kayu yang digunakan. Di luar negeri, harga kerajinan rotan atau kayu dibanderol mulai dari Rp700 ribu, lho!

Itulah hal-hal yang dianggap cenderung murah di Indonesia tapi dianggap mewah di luar negeri. Kira-kira, barang atau hal apa, nih, yang membuat kamu terkejut dengan harganya, Beauties?

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id