STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

6 Jenis Narsisme yang Wajib Kamu Ketahui dan Cara Mengenalinya

Retno Anggraini | Beautynesia
Kamis, 03 Nov 2022 07:30 WIB
6 Jenis Narsisme yang Wajib Kamu Ketahui dan Cara Mengenalinya

Narsisme telah menjadi kata kunci utama untuk menggambarkan orang-orang yang terlalu peduli dengan diri mereka sendiri. Tidak hanya itu, perilaku narsistik dapat hampir tersembunyi dalam beberapa kasus. Ada beberapa subtipe narsisme yang semuanya termasuk dalam gangguan kepribadian narsistik.

Menurut Stephanie Freitag, seorang psikolog klinis berlisensi di Westchester Child and Adult Psychological Services, satu-satunya diagnosis medis untuk narsisme adalah narcissistic personality disorder atau NPD. Kira-kira apa saja jenis-jenis subtipe narsisme? Melansir Insider, berikut penjelasannya.

Overt/Grandiose

Jenis-jenis narsisme
Ilustrasi narsisme/Foto: Freepik.com/kroshka_nastya

Overt narcissism adalah narsisme tipe klasik yang diasosiasikan banyak orang dengan narsis. Jenis narsisme ini sangat mudah dikenali karena mereka memiliki kekaguman yang berlebihan terhadap diri mereka sendiri.

Jenis narsisme ini juga menunjukkan ciri khas narsistik lainnya, seperti:

  • Suka jadi pusat perhatian.
  • Berpikir mereka lebih baik dari orang lain.
  • Terlalu kompetitif.

"Overt narcissism juga dapat mencari dan mengharapkan pujian ketika memberitahukan pencapaian mereka, dengan cara berlebihan dan tidak nyaman," kata Laurel Steinberg, seorang psikoterapis berlisensi dalam praktik pribadi. Perilaku ini muncul dengan cara yang berbeda, tergantung tiap individu.

Communal

Jenis-jenis narsisme
Ilustrasi narsisme/Foto: Freepik.com/kroshka_nastya

Menurut Freitag, orang-orang dengan jenis narsisme ini secara sukarela atau mengikatkan diri pada tujuan yang baik, tapi motif mereka tidak aktif atau hanya untuk memenuhi ego mereka sendiri. Mereka akan mempromosikan diri mereka sendiri dan akan lebih fokus pada perhatian pribadi atau ketenaran daripada keberhasilan tujuan.

"Mereka menggunakan penyebab sosial sebagai metode untuk tampil empatik atau peduli. Mereka menggunakan ini untuk mendapatkan pujian dan kekaguman, bukan karena mereka peduli dengan masalah ini," kata Nakpangi Thomas, seorang konselor profesional berlisensi dan ahli traumatologi.

Thomas mengatakan beberapa tanda yang harus diwaspadai dari individu dengan jenis narsisme ini meliputi:

  • Percaya bahwa mereka yang terbaik dalam melakukan sesuatu.
  • Berbohong untuk bisa naik jabatan dalam posisi kepemimpinan.
  • Mengganggu tim atau menyebabkan kerusakan, dan berfokus pada kepentingan pribadi mereka.

Antagonistic

Jenis-jenis narsisme
Ilustrasi narsisme/Foto: Unsplash.com/Paige Cody

Antagonistic narcissism sangat kompetitif dan fokus untuk menang atau menjadi yang terbaik. "Mereka memiliki sebuah sikap yang menyebabkan mereka menjadi argumentatif atau terlalu banyak bicara untuk membuktikan pendapat mereka," kata Thomas.

Menurut sebuah studi tahun 2021, tanda-tanda lain dari antagonistic narcissism yang harus diwaspadai meliputi:

  • Menjadi agresif jika ego mereka terancam.
  • Mengeksploitasi orang lain.
  • Merendahkan orang lain.

Steinberg mengatakan mengeksploitasi seseorang dapat berarti mengambil keuntungan dari seseorang atau menipu orang lain untuk keuntungan mereka sendiri. Sedangkan perilaku merendahkan seseorang bisa dilakukan secara langsung atau di belakang orang yang bersangkutan.

Agentic

Jenis-jenis narsisme
Ilustrasi narsisme/Foto: Freepik.com

Agentic narcissism adalah tentang mencari kekuatan sosial. "Jenis narsisme ini secara dramatis melebih-lebihkan kemampuan mereka untuk memimpin dan kemudian ketika kinerja mereka gagal, mereka tidak toleran terhadap kritik," kata Steinberg.

Menurut sebuah studi tahun 2019, agentic narcissism terkait erat dengan communal narcissism dan antagonistic narcissism. Beberapa tanda yang dapat membantu mengenali jenis narsisme ini meliputi:

  • Melebih-lebihkan kecerdasan dan kreativitas mereka.
  • Merasa berhak atas kekuatan sosial.
  • Berpikir mereka lebih mampu dibandingkan orang lain.

Covert/Vulnerable

Jenis-jenis narsisme
Ilustrasi narsisme/Foto: Unsplash.com/Gustavo Lanes

Covert narcissism berada di sisi berlawanan dari spektrum overt narcissism. Tidak seperti overt narcissism, jenis narsisme ini cenderung lebih tertutup dan bahkan mungkin tampak pemalu.

"Jenis narsisme ini tidak dapat mengatasi gagasan gagal dengan cara apa pun dan akibatnya tidak toleran menerima kritik. Mereka berjuang dengan ketakutan akan gagal terus-menerus, karena ini menunjukkan bahwa mereka sendiri gagal," kata Steinberg.

Thomas mengatakan beberapa tanda covert narcissism lainnya meliputi:

  • Sangat sensitif terhadap kritik dan melihatnya sebagai serangan pribadi.
  • Selalu bertingkah sebagai korban dan tidak pernah bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri.
  • Melihat semua orang sebagai saingan.
  • Merendahkan orang lain dengan mengkritik atau dengan sengaja memberikan nasihat yang buruk.

Malignant

Jenis-jenis narsisme
Ilustrasi narsisme/Foto: Unsplash.com/Diego Rosa

Freitag mengatakan bahwa malignant narcissism adalah jenis narsisme yang paling berbahaya. "Orang dengan jenis narsisme ini cenderung memiliki ciri psikopat dan kecenderungan menjadi sadis atau agresif secara impersonal." Mereka terlalu mementingkan diri mereka sendiri sehingga mereka sama sekali tidak memedulikan perasaan orang lain.

Jenis narsisme ini lebih mudah dikenali karena perilakunya yang mencolok. Thomas mengatakan beberapa tanda malignant narcissism yang harus diwaspadai meliputi:

  • Berbohong.
  • Manipulatif.
  • Sangat agresif.
  • Bersikap kasar secara fisik atau emosional.
  • Kurang empati.

Narsisme muncul dalam berbagai cara, mulai dari narsisme yang tenang hingga narsisme yang paling berbahaya. Jika kamu yakin sedang berurusan dengan seorang narsisis, ini bisa sangat menguras tenaga dan berpotensi berbahaya bagi kesejahteraan kamu sendiri. Jangan pernah ragu untuk mencari bantuan profesional, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.