sign up SIGN UP

6 Tanaman yang Ternyata Penghasil Essential Oil, Kenali Manfaatnya Yuk!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 22:30 WIB
6 Tanaman yang Ternyata Penghasil Essential Oil, Kenali Manfaatnya Yuk!
caption

Siapa yang tak kenal dengan essential oil? Minyak atsiri atau yang lebih dikenal sebagai essential oil merupakan minyak yang didapat dari ekstrak alami jenis tanaman yang berasal dari daun, bunga, buah, biji, batang, bahkan akar tanaman. Umumnya, digunakan sebagai bahan baku pembuatan produk kecantikan maupun aroma terapi (essential oil) yang berguna untuk memberikan rasa nyaman, tenang, maupun meningkatkan konsentrasi.

Tak hanya itu minyak atsiri memiliki aroma khas yang berasal dari tanaman yang digunakan. Dimana setiap tanaman memiliki manfaat berbeda-beda bagi kesehatan fisik dan mental.

Melansir dari Stadler Form, ini dia beberapa tanaman penghasil essential oil beserta manfaat dan kegunaannya. Mari kita simak!

1. Lavender

Aroma lavender memberikan rasa tenang dan meningkatkan suasana hati
Tanaman Lavender/ Foto: Freepik.com/author/fabrikasimf

Aroma bunga lavender yang lembut membuat rasa tenang dan meningkatkan suasana hati saat menghirup aromanya. Selain itu, aroma lavender dipercaya dapat membantu mengatasi overstimulasi dan kegelisahan akibat insomnia.

Untuk menggunakannya, hanya perlu meletakkan beberapa tetes di bantal maupun diffuser agar aromanya tercium pada ruangan.

2. Peppermint

Aroma pappermint memberikan rasa segar dan herbal
Tanaman Pappermint/ Foto: Freepik.com/author/arthurhidden

Memiliki aroma populer yang banyak digunakan ini memiliki aroma segar, herbal, dan jernih saat menghirupnya. Kandungan mentol membuatnya sangat menyegarkan dan mencerahkan.

Dimana efek stimulasinya dapat meningkatkan konsentrasi dan energi. Aroma satu ini cocok digunakan untuk mengatasi perasaan lelah, sulit fokus dan konsentrasi.

3. Rosemary

Aroma rosemary dapat meningkatkan konsentrasi dan sirkulasi
Tanaman Rosemary/ Foto: Freepik.com/author/racool-studio

Ramuan rosemary yang digunakan untuk membuat minyak esential mengandung zat yang dapat meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan sirkulasi. Maka dari itu, ramuan rosemary memiliki banyak khasiat baik untuk kesehatan.

4. Sandalwood

Aroma sandalwood memberikan efek menenangkan
Tanaman Sandalwood/ Foto: Pinterest.com/trudydooner/

Aroma kayu cendana yang hangat dan lembut memberikan wangi maskulin pada pria. Minyak esensial dengan aroma satu ini memberikan efek memusatkan dan menenangkan.

Aroma kayu cendana sering digunakan untuk meditasi karena dapat membantu meredakan kegelisahan batin, ketidakpuasan, dan rangsangan yang berlebihan. Cocok nih untuk Beauties yang ingin membuat pikiran rileks sejenak.

5. Tea Tree

Aroma daun teh dapat meningkatkan konsentrasi
Tanaman Teh/ Foto: Freepik.com/author/jcomp

Sudah tak asing dengan aroma satu ini, banyak digunakan untuk pembuatan kosmetik maupun aroma khas suatu tempat. Aroma minyak herbal daun teh ini merupakan antiseptik, bakterisida, dan fungisida yang terbukti secara ilmiah.

Manfaatnya, dapat memberikan efek positif untuk membantu kecemasan, menderita kelesuan, dan perasaan tidak nyaman. Sehingga, dapat memberikan efek menghidupkan kembali suasana dan meningkatkan konsentrasi.

6. Cajeput

Tanaman cajeput merupakan tanaman herbal untuk meredakan pilek dan batuk
Tanaman Cajeput/ Foto: Pinterest.com/australianoutdoorliving/

Tanaman minyak kayu putih dapat membantu meredakan pilek, melonggarkan hidung tersumbat, dan sinus agar dapat bernafas lega kembali. Selain itu, aroma kayu putih dapat meredakan batuk, gejala pilek, maupun sakit kepala. Sehingga, tanaman kayu putih banyak digunakan untuk pembuatan ramuan herbal atau pengobatan karena khasiatnya.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id