7 Cara Tingkatkan Hubungan Baik dengan Teman Kerja
Sebagai seorang karyawan sebuah perusahaan, tentu sudah menjadi hal biasa ketika menghabiskan separuh waktu lebih banyak di kantor dibandingkan di rumah. Sehingga, kantor sering kali disebut rumah kedua bagi sejumlah pekerja kantoran.Â
Nggak hanya faktor gaji saja yang bikin seorang karyawan betah dalam kantor. Suasana lingkungan kantor menjadi hal utama yang bisa membuat kantor lebih nyaman. Salah satunya dengan hubungan baik antar sesama rekan kerja.
Meskipun terlihat sepele, namun, hubungan baik dengan teman kerja bisa berpengaruh terhadap kelangsungan budaya kantor itu sendiri. Dilansir dari Michael Page, dengan hubungan kerja yang baik akan membantu setiap karyawan lebih bahagia, lebih saling turut andil terlibat dan lebih produktif. Pada akhirnya, perusahaan dapat mencapai visi misi bersama.Â
Hubungan antar teman kerja berupa terciptanya interaksi satu sama lain. Dirangkum dari berbagai sumber, setidaknya ada 7 tips untuk meningkatkan hubungan baik dengan teman kerja. Selengkapnya simak berikut ini, yuk!
Bersikap Sopan dan Santun
Ilustrasi bersikap sopan santun/ foto: freepik
Kamu perlu menerapkan kebiasaan sikap sopan dan santun walaupun dengan teman kantor yang sebaya. Hal ini akan mendukung kariermu menjadi lebih profesional dan nilai kepribadian jauh lebih baik.Â
Berkomunikasi Secara Alami
Ilustrasi berkomunikasi secara alami/ foto: freepik
Ketika kamu sedang mencoba berkomunikasi dengan teman kerja tempatkan dirimu sendiri tanpa harus banyak membual atau memaksa. Sebab, tampil menjadi diri sendiri justru akan membuat siapa pun lebih baik.Â
Â
Berlatih Menjadi Pendengar yang Baik
Ilustrasi menjadi pendengar yang baik/ foto: freepik
Hubungan yang sehat bermula dari kepercayaan dan komunikasi yang baik. Nah salah satu cara terbaiknya adalah dengan mendengarkan. Melalui kegiatan tersebut, kamu akan mengetahui keluhan ataupun masukan dari teman kerja sehingga kamu dapat meresponsnya secara profesional.Â
Â
Mudah Diandalkan
Ilustrasi mudah diandalkan/ foto: freepik
Mungkin bagi sebagian orang mudah diandalkan artinya keterampilan yang kita miliki dimanfaatkan oleh orang lain. Padahal kenyataannya, ketika kamu mudah diandalkan membuktikan meningkatkan hubungan kerja semakin lengket.Â
Namun, tetap harus tahu batasan, ya, Beauties. Jangan sampai kamu jadi dimanfaatkan oleh orang lain.
Turut Aktif dalam Setiap Meeting
Ilustrasi aktif dalam kegiatan meeting/ foto: freepik
Hubungan profesional dapat dibangun dengan kamu turut aktif dan terlibat dalam setiap meeting. Dalam meeting, kamu bisa membuktikan dirimu adalah karyawan yang berpotensi sesuai dengan keterampilan yang dimiliki. Lakukan secara siap, berikan pendapat kamu, dan terus bersikap proaktif dalam meeting.
Â
Tak Segan Membantu Rekan Kerja
Ilustrasi membantu teman kerja lain/ foto: freepik
Cara terbaik untuk membangun hubungan kerja dengan membantu teman kerja lain kalau mendapati kesulitan. Mungkin keahlian yang kamu miliki akan membantu mereka dalam kinerjanya.
Ciptakan Bonding antar Teman Kerja
Ilustrasi saling bercerita di waktu senggang bersama rekan kerja/ foto: freepik
Biasanya sejumlah karyawan melakukan aktivitas yang sama yaitu berangkat, kerja, dan pulang. Padahal, dengan menciptakan bonding antar teman kerja bisa meningkatkan relasi kerja, lho. Sederhananya, kamu bisa menjadwalkan untuk bersantai bersama dengan secangkir kopi.Â
Beauties, dengan membangun hubungan baik dengan teman kerja menjadi langkah pertama untuk mendapatkan tim kerja yang solid. Dengan begitu, kamu bisa mencoba tujuh tips meningkatkan hubungan baik dengan teman kerja di atas. Selamat mencoba!
***
Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!
Â