sign up SIGN UP

7 Film Seru Bertema Kecerdasan, Aman Ditonton Bareng Keluarga Nih!

Shinta Khoiru Nikmah | Beautynesia
Kamis, 26 May 2022 13:30 WIB
7 Film Seru Bertema Kecerdasan, Aman Ditonton Bareng Keluarga Nih!
caption

Kamu mungkin menganggap film bertema kecerdasan adalah film dengan alur yang serius dan membosankan. Padahal kamu perlu tahu, ada beberapa deretan film bertema kecerdasan yang justru bisa membuatmu harus berputar otak dan tertantang untuk menebak endingnya.

Beberapa film dengan tema tersebut bahkan dikemas dalam komedi yang mengocok perut atau bahkan cukup dramatis sehingga kamu dibuat menangis terharu. 

Nah, jika kamu tertarik untuk menonton film dengan tema kecerdasan, kamu bisa memilih diantara deretan film berikut ini.

 A Beautiful Mind (2001)

A Beautiful Mind
A Beautiful Mind/ Foto: pinterest.com/BuzzFeed

Film A Beautiful Mind adalah salah satu film bertema kecerdasan yang diadaptasi dari kisah nyata seorang peraih nobel di bidang ekonomi bernama John Forbes Nash. Jr. Nash adalah seorang matematikawan Amerika Serikat yang teori-teorinya digunakan dalam berbagai bidang termasuk bidang ekonomi, komputer, politik, kecerdasan buatan, dan bidang lainnya.

Kisah hidup Nash yang diangkat dalam film berdasarkan buku biografi dengan judul yang sama yakni A Beautiful Mind karya Sylvia Nasar. Dalam film tersebut kamu akan menyaksikan kisah hidup John Nash dimulai ketika Nash masuk Universitas Princeton, hingga harus mengalami skizofrenia paranoid di usia 31 tahun.

Karena penyakitnya tersebut, Nash terus mengalami delusi hingga membuat rumah tangganya hampir hancur.  Kamu yang penasaran dengan kisah hidup John Nash, wajib banget nonton film ini!

3 Idiots (2009)

3 Idiots
3 Idiots/ Foto: pinterest.com/Movie and TV Poster

Film 3 Idiots adalah film bertema kecerdasan Bollywood yang dikemas dalam komedi. Tontonan ini mungkin cocok bagi kamu yang masih berada di bangku perkuliahan karena mengisahkan persahabatan 3 mahasiswa dengan karakter serta latar belakang yang berbeda. Tokoh utama diperankan oleh Aamir Khan yang menjadi sosok Rancho, mahasiswa yang terlihat santai namun ternyata memiliki otak cemerlang.

Tidak hanya dihibur dengan tingkah kocak para pemainnya, kamu juga akan disuguhkan alur cerita bagaimana pemerannya menyindir sistem pendidikan yang ada di Universitas mereka. Plot twist dalam film ini juga membuatmu cukup terkejut sehingga berpotensi  bikin kamu tidak akan bosan hingga di akhir cerita.

The Da Vinci Code (2006)

The Da Vinci Code
The Da Vinci Code/ Foto: pinterest.com/Amazon Fashion EU

Kamu penggemar novel-novel Dan Brown tentu tidak asing dengan The Da Vinci Code. Novel tersebut diangkat di layar lebar pada tahun 2006 dan menarik perhatian banyak penggemar.

The Da Vinci Code sendiri berkisah tentang perjalanan Robert Langdon memecahkan kasus pembunuhan biarawan yang justru menyeret Langdon sebagai tersangkanya. Merasa tidak bersalah, Langdon berusaha melarikan diri dengan Sophie untuk mencari kebenaran menggunakan kecerdasannya dengan memecahkan kode yang didapat dari karya-karya Leonardo Da Vinci.

Tidak kalah menegangkan dengan novel aslinya, kisah Robert Langdon dan Sophie dalam film The Da Vinci Code juga membawa penonton terkejut dengan banyak plot twist yang ada.

Taree Zameen Par (2007)

Taree Zameen Par
Taree Zameen Par/ Foto: pinterest.com/ScoopWhoop

Masih dari Bollywood, flm Taree Zameen Par berkisah tentang seorang anak spesial yang ternyata mengalami disleksia. Beruntung anak tersebut bertemu dengan seorang guru yang paham dengan kondisinya. Guru tersebut pada akhirnya berhasil menemukan bakat luar biasa yang dimiliki oleh si anak spesial tersebut.

Akan tetapi sebelum sang anak menemukan bakat luar biasanya tersebut, kamu akan dibuat menangis haru dengan apa penolakan-penolakan yang didapatkan oleh si anak. Penasaran dengan ceritanya? Wah, jangan terlewat untuk menontonnya ya, Beauties. Karna kamu akan menjumpai akting memukau Aamir Khan di film ini.

Gifted (2017)

Gifted
Gifted/ Foto: pinterest.com/Silver Petticoat

Penggemar film bertema kecerdasan sekaligus pecinta aktor ternama Chris Evans wajib menonton film yang satu ini. Film yang satu ini juga cocok ditonton bareng-bareng dengan anggota keluarga. 

Film Gifted sendiri memiliki inti cerita tentang perjuangan Chris Evans yang membesarkan dan mengambil hak asuh putri dari adiknya yang sudah meninggal karena bunuh diri. Keponakannya tersebut ternyata sama jeniusnya dengan sang ibu, sehingga mencuri perhatian neneknya yang licik.

Sanggupkah Chris Evans mempertahankan keponakannya untuk tetap di sisinya? Jangan lupa nonton filmnya sekarang juga.

God Will Haunting (1997)

God Will Haunting
God Will Haunting/ Foto: pinterest.com/CineMaterial

Meski film lawas, namun film yang pernah memenangkan Oscar ini layak ditonton. Film yang disebut bisa menyentuh hati para penontonnya ini dibintangi oleh Matt Damon, Ben Affleck, hingga Robin Williams. 

Film ini mengisahkan tentang pemuda bernama Will Hunting yang bekerja sebagai petugas kebersihan di kampus MIT. Tak dinyana, Will ternyata pemuda yang jenius. Tak ingin potensi yang dimiliki Will terbuang sia-sia, seorang profesor dan dokter berusaha membantu Will.

Apabila kamu ingin mengetahui keseluruhan cerita Will Hunting, jangan lupa mencatat judulnya untuk ditonton nanti ya, Beauties!

The Theory of Everything (2014)

The Theory of Everything
The Theory of Everything/ Foto: pinterest.com/Sarah C

Berbicara film dengan tema kecerdasan, tidak afdal rasanya jika tidak memasukkan The Theory of Everything ke dalam daftar. Film yang mengangkat kisah hidup Stephen Hawking, salah satu ilmuwan terkemuka ini memang menarik untuk ditonton.

Meski kisah yang diangkat dalam film ini lebih banyak berfokus pada kisah percintaan Stephen Hawking, pun peran utama dalam film ini berhasil membawa pulang piala sebagai Aktor Terbaik dalam Golden Globe Awards di tahun 2014.

Wah, semakin penasaran dengan isi ceritanya kan, Beauties? Buruan ditonton akhir pekan ini, ya?

…….

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id