9 Tipe Orang yang Tidak Akan Disukai di Tempat Kerja, Kamu Jangan Lakukan!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 03 Dec 2025 07:30 WIB
9. Suka Main Gadget
Main gadget di tempat kerja/ Foto: Freepik.com/DC Studio

Dalam dunia kerja, hubungan yang baik dan harmonis antara rekan kerja sangat penting untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan produktif. Saat semua anggota tim dapat bekerja secara sinergis dan kolaboratif, hal ini bisa berdampak pada kualitas pekerjaan dan semangat.

Namun, tidak semua orang dapat membawa energi positif tersebut ke tempat kerja. Ada beberapa tipe rekan kerja yang tanpa disadari justru membawa energi negatif sehingga menimbulkan ketidaknyamanan dan menghambat kerja sama tim.

Nah, supaya kamu lebih waspada, berikut adalah 9 tipe orang yang biasanya tidak disukai di tempat kerja seperti dilansir dari U.S. News. Apa saja?

1. Si Tukang Gosip

Ilustrasi bergosip di tempat kerja/ Foto: Freepik.com/freepik

Rasanya, tidak ada kantor tanpa rekan kerja yang suka bergosip. Orang tipe ini akan selalu mencari cerita atau informasi terbaru dan menyebarkan rumor, entah itu benar atau tidak. Bahkan, nggak ragu untuk membicarakan hal-hal negatif tentang orang lain.

Mereka mungkin terlihat akrab dengan banyak orang, namun nyatanya seperti “tukang lapor” berkedok feedback. Kehadirannya seringkali menciptakan konflik, serta membuat suasana kerja menjadi tidak nyaman dan tidak profesional.

Jika dibiarkan, orang dengan perilaku ini dapat merugikan orang lain dan memengaruhi produktivitas tim karena berkurangnya rasa kepercayaan.

2. Tidak Bisa Diandalkan

Ilustrasi orang tidak bisa diandalkan di tempat kerja/ Foto: Freepik.com/freepik

Orang yang tidak bisa diandalkan biasanya tidak disukai di tempat kerja karena dapat menghambat pekerjaan dan mengurangi produktivitas tim. Tipe ini sering mengabaikan tanggung jawab, sulit diajak bekerja sama, dan sulit menyelesaikan tugas sesuai waktu.

Mereka mungkin terlihat sibuk, tapi kontribusinya sangat minim untuk tim. Ketika hal ini terjadi terus-menerus, anggota tim yang lain akan merasa terbebani karena harus menanggung pekerjaan yang bukan tanggung jawab mereka. Alhasil, ini semua bisa menurunkan motivasi dan kepercayaan antar anggota tim.

3. Si Suka Menyalahkan

Ilustrasi orang yang suka menyalahkan di tempat kerja/ Foto: Freepik.com/DC Studio

Rekan kerja yang suka menyalahkan seringkali tidak disukai di tempat kerja. Alih-alih mengevaluasi diri atau mencari solusi, orang tipe ini justru sibuk mencari orang lain untuk disalahkan. Mereka cenderung tidak bertanggung jawab, keras kepala, dan minim empati sehingga tidak menyadari dampak perilakunya.

Sikap ini tidak hanya menghambat penyelesaian masalah secara efisien, tetapi juga merusak kerja sama tim. Rekan kerja akan merasa tidak senang, lebih waspada, dan enggan melibatkannya dalam kerja sama.

4. Si Suka Mengeluh

Ilustrasi suka mengeluh di tempat kerja/ Foto: Freepik.com/katemangostar

Sesekali mengeluhkan pekerjaan sebenarnya sah-sah saja, tetapi jika keluhan yang terus-menerus juga dapat menularkan energi negatif dan menciptakan lingkungan kerja yang tidak menyenangkan.

Orang yang suka mengeluh seringkali mencari dukungan dan validasi atas perasaan tidak nyamannya, yang tanpa disadari justru menjadi beban bagi orang lain. Jika dibiarkan, sifat ini dapat membuat orang lain merasa muak dan memengaruhi semangat rekan kerjanya.

5. Ambisius yang Merusak

Ilustrasi karyawan ambisius/ Foto: Freepik.com/DC Studio

Sebenarnya, sifat ambisius baik bagi pekerja kantoran. Hanya saja, hal itu bisa menjadi buruk jika sudah berlebihan. Karyawan yang sangat terobsesi dengan prestasi di tempat kerja cenderung kurang disukai oleh rekan yang lain.

Pasalnya, sifat kompetitifnya yang berlebihan dan ingin selalu menonjolkan diri (show off) seringkali mengorbankan kerja sama tim demi keuntungan pribadi. Hal ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang tidak nyaman dan penuh persaingan tidak sehat.

8. Terlalu Banyak Bicara dan Berisik

Ilustrasi rekan kerja yang berisik di kantor/ Foto: Freepik.com/freepik

Terkadang candaan atau gurauan di kantor memang diperlukan untuk sekedar melepas penat dan menciptakan suasana kerja yang lebih menyenangkan. Namun, kalau candaan yang kamu lontarkan terlalu berlebihan, bahkan sampai mengganggu rekan kerja, hal tersebut bisa membuatmu dianggap menyebalkan.

Pasalnya, gangguan ini dapat memengaruhi hasil kerja mereka, apalagi kamu melakukannya tidak tahu waktu dan tempat. Jangan demi kesenangan sendiri, jadi mengorbankan orang lain.

9. Suka Main Gadget

Main gadget di tempat kerja/ Foto: Freepik.com/DC Studio

Kebiasaan chatting, telepon, main game, bahkan scrolling media sosial saat jam kerja bisa membuat risih rekan kerja lainnya. Waktu yang seharusnya digunakan untuk bekerja pun jadi terbuang, sehingga berdampak pada kinerjamu yang lamban dan kurang maksimal.

Terlalu sering menggunakan gadget untuk hal-hal di luar pekerjaan saat bekerja dapat membuatmu terlihat tidak profesional dan menimbulkan ketidaknyamanan di tempat kerja.

Oleh karena itu, sebaiknya kurangi aktivitas bermain ponsel saat bekerja, kecuali untuk urusan pekerjaan atau hal penting.

Beauties, itulah 9 tipe orang yang paling tidak disukai di tempat kerja. Jangan sampai kamu memiliki salah satu sifat di atas, karena bisa membuat rekan kerja lain merasa tidak nyaman, bahkan memusuhimu.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE