sign up SIGN UP

Ahli Finansial: Komunikasi Keuangan dalam Rumah Tangga Itu Penting! Ini Tipsnya, Beauties

Nisrina Salsabila | Selasa, 02 Nov 2021 23:00 WIB
Ahli Finansial: Komunikasi Keuangan dalam Rumah Tangga Itu Penting! Ini Tipsnya, Beauties
caption

Urusan finansial merupakan salah satu sumber konflik terbesar dalam pernikahan. Sebab kebutuhan yang dikeluarkan bersama pasangan, apalagi yang sudah punya anak, tentu lebih besar dibanding saat masih sendiri. 

Konsultan perencanaan keuangan dan CEO ZAP Finance Prita Hapsari Ghozie, dalam bukunya Make It Happen, Now!, punya tips rencana keuangan bagi pasangan untuk mewujudkan impian dalam rumah tangga. Kuncinya, yakni dengan menjalankan komunikasi keuangan yang baik!

Mau tahu lebih lanjut tentang tips komunikasi keuangan ala Prita Ghozie? Yuk, simak selengkapnya di sini, Beauties!

1. Komunikasi Efektif = Menjadi Pendengar Aktif

keuangan
Jalin komunikasi yang efektif dengan pasangan/Foto: Pexels.com/Ketut Subiyakto

Komunikasi yang efektif merupakan hal esensial dalam suatu hubungan, yang juga berlaku dalam keuangan rumah tangga. Ini bisa diwujudkan dengan menjadi pendengar yang baik.

Menjadi pendengar yang baik berarti turut melibatkan indera mata, hati, dan telinga. Simaklah inti pendapat pasangan dan bertanya jika ada yang belum dipahami. Dan paling penting, berhati-hatilah agar tidak mengkritik, melawan atau menahan lawan bicara untuk mengekspresikan pendapatnya.

2. Satukan Pandangan Keuangan

keuangan
Bangun persamaan persepsi finansial/Foto: Pexels.com/Fauxels

Satu hal yang perlu dipahami, setiap orang memiliki nilai dan cara pandang tersendiri tentang uang. Oleh karena itu, saat berumah tangga pasangan suami istri harus menciptakan kedekatan finansial (financial intimacy).

Bagaimana caranya? Kuncinya adalah memahami dan menghargai pandangan pasangan tentang uang, lalu memiliki kesepakatan bersama tentang cara mengatur keuangan untuk pengeluaran, tabungan, dan investasi. Tentu saja, semua itu bisa diraih melalui komunikasi yang efektif, waktu, dan usaha.

Bagi pasangan yang baru menikah, membicarakan keuangan bersama itu penting, lho! Dengan saling terbuka, kamu dan pasangan bisa melihat bagaimana kondisi dan kemampuan finansial keluarga.

3. Luangkan Waktu Diskusi

keuangan
Luangkan waktu diskusi/Foto: Pexels.com/Pixabay

Sesibuk apapun kamu dan pasangan, luangkanlah waktu sejenak dan duduk bersama untuk membicarakan keuangan rumah tangga. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan rutin setidaknya satu kali dalam sebulan. Pada momen ini siapkanlah laporan pengeluaran rutin, jumlah tabungan, dan utang rumah tangga untuk dipantau bersama.

4. Punya Pos Belanja Masing-masing

keuangan
Sisihkan anggaran belanja pribadi/Foto: Pexels.com/Porapak Apichodilok

Coba alokasikan anggaran belanja pribadi dalam pos pengeluaran. Misalnya, masing-masing suami dan istri mempunyai jatah jajan Rp500 ribu per bulan yang bisa digunakan secara bebas. Cara mengatur keuangan pasangan ini membuat kalian memiliki kebebasan dalam pengeluaran, namun tetap ada batasan yang disepakati.

5. Libatkan Pendapat Anggota Keluarga

keuangan
Ajak anak berdikusi/Foto: Pexels.com/Vlada Karpovich

Kamu bisa melibatkan anak-anakmu ke dalam beberapa diskusi keuangan. Misalnya, ajak anak untuk berpendapat tentang konsekuensi jumlah biaya saat anak ingin membeli barang mahal impiannya atau saat merencanakan destinasi liburan. Percaya deh, anak pun bakal mengerti, kok! Sekaligus, ini bisa menjadi ajang pengenalan literasi keuangan sejak dini.

6. Pilih Gaya Hubungan Keuangan

keuangan
Hubungan keuangan pasangan/Foto: Pexels.com/Ahsanjaya

Pilihan hubungan keuangan antar pasangan adalah tanggungjawab bersama, termasuk konsekuensinya. Berdasarkan #tipsPrita, ada 5 pilihan hubungan keuangan suami istri:

Tim A: Suami + Istri = 100% untuk keluarga

Tim B: Suami = 100% untuk keluarga, Istri = 100% untuk istri

Tim C: Suami = 50-80% untuk keluarga lalu sisanya simpan sendiri, Istri = 100% untuk istri atau diberikan sebagian kepada keluarga

Tim D: Suami 50%, Istri = 50%

Tim E: Istri tahu beres

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id