sign up SIGN UP

Aktivis Hingga Atlet Anggar, Yuk Kenalan dengan 5 Perempuan Muslim Inspiratif Ini!

Salsabila Rimawan | Beautynesia
Kamis, 21 Apr 2022 22:00 WIB
Aktivis Hingga Atlet Anggar, Yuk Kenalan dengan 5 Perempuan Muslim Inspiratif Ini!
caption
Jakarta -

Ada banyak perempuan Muslim di dunia ini yang menginspirasi di bidangnya masing-masing. Sebagian dari mereka hidup di negara di mana Islam sebagai agama minoritas. Jalan yang ditempuh tidak mudah dan ada berbagai macam rintangan yang menghampiri. Namun dengan gigih, perempuan-perempuan ini berhasil meraih impian sesuai dengan apa yang mereka inginkan.

Selain itu, mereka juga tidak lupa untuk memberdayakan perempuan dan orang-orang di sekitarnya. Berikut adalah 5 perempuan Muslim inspiratif yang wajib kamu kenal. Dihimpun dari berbagai sumber, let’s get to know more!

Tawakal Karman

Aktivis Hingga Model, Yuk Kenalan dengan 5 Perempuan Muslim Inspiratif
Tawakkal Karman/Foto: insodearabia.com/Inside Arabia

Tawakul Karman adalah seorang jurnalis, politisi, dan aktivis hak asasi manusia serta salah satu dari 10 Muslim yang telah memenangkan Nobel Peace Price. Ia menjadi perempuan Arab pertama dan perempuan Muslim kedua yang memenangkan Hadiah Nobel dan Penerima Nobel Perdamaian termuda kedua hingga saat ini. 

Dikenal sebagai “Mother of the revolution”, “the Iron Woman”, ia memainkan peran kunci dalam pemberontakan pemuda pro-demokrasi 2011 di Yaman. Ia bersama dengan Ellen John Sirleaf dan Leymah Gbowee menyuarakan suara untuk menentang otoritarianisme, korupsi, dan penindasan. 

Iman Aldebe

Aktivis Hingga Model, Yuk Kenalan dengan 5 Perempuan Muslim Inspiratif
Iman Aldebe/Foto: www.expressen.se/Iman Aldebe

Beberapa orang mungkin akan berpikir kombinasi menjadi seorang perempuan Muslim dan memiliki karier di industri fashion akan berbenturan, tetapi Iman Aldebe berhasil mematahkan stereotip ini. Ia mendesain pakaian untuk para fashionista Muslim serta memiliki gaya sorban yang stylish dan sukses dijual di toko-toko eksklusif dari Paris hingga New York.

Kariernya tidak melejit dengan mulus, terutama setelah peristiwa 9/11, ketika para pengguna hijab merasa sangat rentan. Tapi alih-alih membiarkan semua komentar kebencian menimpanya, ia menggunakan fashion untuk memberdayakan perempuan dan memberikan mereka kekuatan. 

Ia memutuskan untuk membuat jilbab khusus yang akan membuat perempuan nyaman memakainya untuk bekerja. Iman Aldebe bahkan ditugaskan untuk mendesain jilbab yang cocok dengan seragam polisi dan jilbab resmi yang cocok dengan seragam tentara. 

Salah satu quote yang sangat inspiratif dari fashion designer Muslim ini yakni, “fashion adalah seni dan seni itu positif karena dapat menghilangkan prasangka bahwa perempuan Muslim tertindas. Saya ingin terus menciptakan pakaian yang akan menciptakan peluang dan perubahan bagi orang-orang.”

Nadiya Husain

Aktivis Hingga Model, Yuk Kenalan dengan 5 Perempuan Muslim Inspiratif
Nadiya Husain/Foto: pinterest.com/Pinterest

Nadiya Jamir Hussain adalah koki terkenal di Inggris dan sukses membawakan banyak acara memasak di negaranya. Selain itu, Nadiya juga merupakan pembawa acara di televisi dan seorang penulis. 

Ia menjadi terkenal setelah memenangkan seri keenam BBC The Great British Bake Off pada tahun 2015. Sejak kemenangannya, ia telah menandatangani kontrak dengan BBC untuk menjadi pembawa acara film dokumenter The Chronicles of Nadiya dan serial masakan TV Nadiya's British Food Adventure dan memenangkan banyak penghargaan.

Selain di dunia pertelevisian, ia juga seorang ambassador dari Starlight Children's Foundation yang mendukung kehidupan anak-anak yang memiliki sakit kronis serta menjadi ambassador WaterAid. Pada tahun 2018, perempuan yang lahir tahun 1984 ini juga digadang menjadi brand ambassador untuk Swarovski dalam kampanye yang berfokus pada pemberdayaan perempuan.

Ibtihaj Muhammad

Aktivis Hingga Model, Yuk Kenalan dengan 5 Perempuan Muslim Inspiratif
Ibtihaj Muhammad/Foto: nydailynews.com/ New York Daily News

Ibtihaj Muhammad adalah seorang pengusaha, aktivis, pembicara, dan peraih medali Olimpiade cabang anggar. Ibtihaj menjadi perempuan Amerika Serikat (AS) pertama yang berkompetisi di Olimpiade dengan mengenakan hijab. Pada tahun 2014, Ibtihaj meluncurkan perusahaan pakaiannya sendiri, Louella, yang bertujuan untuk membawa pakaian sederhana, modis, dan terjangkau ke pasar Amerika Serikat.

Sangat menginspirasi, ia turut menjadi duta olahraga di Departemen Luar Negeri AS untuk Pemberdayaan Perempuan dan Anak Perempuan melalui bidang Olahraga. Ia juga dinominasikan oleh Presiden Obama sebagai anggota Dewan Presiden untuk Kebugaran, Kesehatan dan Nutrisi.

Noor Tagouri

Aktivis Hingga Model, Yuk Kenalan dengan 5 Perempuan Muslim Inspiratif
Noor Tagouri/Foto: cbsnews.com/CBS News

Noor Tagouri adalah seorang jurnalis Libya-Amerika, aktivis, pembicara motivasi dan produser serial dokumenter tentang diskriminasi terhadap penyandang disabilitas berjudul The Trouble They've Seen: The Forest Haven Story. Ia juga membuat seri podcast tentang perdagangan seks di AS berjudul Sold in America: Inside Our Nation's Sex Trade.

Noor Tagouri juga ambil alih untuk nilai kemanusiaan. Pada tahun 2018, Noor bersama ibunya, Salwa Tagouri, meluncurkan yayasan ISeeYou. ISeeYou adalah organisasi nirlaba yang berfokus pada pengetasan tunawisma lokal.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id