sign up SIGN UP

Atasi Kecanduan Mengikuti Tren, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bantu Kamu Berubah dari FOMO Jadi JOMO

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Rabu, 27 Jul 2022 13:00 WIB
Atasi Kecanduan Mengikuti Tren, 7 Kebiasaan Kecil Ini Bantu Kamu Berubah dari FOMO Jadi JOMO
caption

Pesatnya perkembangan media sosial telah mendorong banyak orang untuk tak malu lagi unjuk gigi. Tren demi tren muncul dan mendorong kawula muda untuk terus eksis. Pada akhirnya, kondisi ini kemudian memunculkan fenomena FOMO dan JOMO. Apa itu?

FOMO (Fear of Missing Out) adalah kondisi di mana seseorang merasa khawatir ketinggalan tren sehingga terus melakukan berbagai cara untuk eksis dan terdepan di media sosial. Menurut banyak pakar, kondisi ini membuat seseorang merasa gelisah, takut, dan lupa bersyukur.

Kebalikan dari FOMO, JOMO (Joy of Missing Out) adalah kondisi di mana seseorang merasa bahagia dengan apa yang telah dimiliki. Dia tak perlu merasa pusing mengejar sesuatu yang belum pasti. Lalu bagaimana cara mengubah FOMO menjadi JOMO? Simak beberapa tips yang dilansir dari Psycom berikut ini!

1. Gunakan Panca Indra

Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/ThuyHaBich
Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/ThuyHaBich

FOMO umumnya terjadi karena kamu terlalu fokus pada apa yang terjadi di dunia maya. Semua terasa indah dan sempurna di sana, bahkan tanpa kamu bisa menyentuhnya. Hingga pada akhirnya kamu lupa menggunakan panca indramu untuk menikmati hidup.

Karenanya, luangkanlah waktu sejenak untuk melihat apa yang ada di sekitarmu. Apakah ada taman bunga, sungai, atau hal lain yang menarik perhatianmu. Setelahnya, cobalah hirup udara dalam-dalam dan rasakan aroma yang masuk ke dalam hidungmu. Gunakan indramu untuk menikmati makanan yang terhidang dan menyentuh apa yang benar-benar ada di depanmu.

2. Berhenti Multitasking

Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pexels.com/Oziel Gómez
Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pexels.com/Oziel Gómez

Saat sibuk mengejar tren, pada dasarnya kamu sedang berusaha membagi dirimu dengan banyak hal. Kamu membawa ponsel ke manapun untuk tetap update dengan apa yang terjadi di luar sana. Well, sadarlah bahwa kamu tak perlu melakukannya hingga sejauh itu.

Cobalah sejenak fokus pada apa yang ada di depanmu, sesederhana mandi, cuci piring, menyiram bunga, atau apapun itu. Sisihkan waktu, dan biarkan dirimu bebas sejenak dari panggilan telepon, chat, podcast, atau kehidupan orang lain. Berusahalah untuk tenang agar menyadari betapa dirimu tetap berarti tanpa semua ambisi itu.

3. Atur Napas

Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/alfcermed
Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/alfcermed

Kesibukan kadang membuat kita lupa pada diri sendiri. Saat merasa penat, lelah, dan tertekan, cobalah mengambil napas panjang, lakukan dengan penuh konsentrasi, dan hembuskan kembali. Lakukan hal ini setidaknya 4 kali. Menurut Psycom, jika kamu bisa fokus saat melakukan teknik pernapasan ini, maka kamu akan merasa lebih tenang dan mampu berpikir jernih.

4. Belajar Bersyukur

Ilustrasi bersantaiIlustrasi bersantai/ Foto: Freepik/gpointstudio

Melatih kembali panca indra bukanlah hal yang tak bermakna. Jika mampu melakukannya dengan baik dan meresapi nikmat Tuhan di depanmu, maka kamu akan mulai merasa bersyukur dengan apa yang dimiliki. Teruslah berusaha bersyukur karena kamu tak pernah tahu berapa banyak orang di luar sana yang ingin berada di posisimu. Lalu kamu masih mencari apa lagi?

5. Meditasi

Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/leninscape
Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/leninscape

Manusia zaman sekarang memang selalu diburu waktu, deadline, target, dan semua hal yang bikin pusing. Sebenarnya tak ada yang salah dengan itu, asal kamu tetap bisa menyisihkan waktu untuk diri sendiri. Luangkan waktu sejenak untuk bermeditasi, atau setidaknya merenung tentang apa yang telah dan ingin kamu capai dalam hidup ini.

6. Lihat Mata Lawan Bicaramu

Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/StockSnap
Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/StockSnap

Manusia yang hidup di zaman digital umumnya banyak berinteraksi lewat gadget dan minim menghabiskan waktu berkualitas dengan orang lain. Bahkan saat bertemu dengan orang lain, interaksi hanya berlangsung ala kadarnya dan terburu-buru.

Mulai sekarang, cobalah ubah kebiasaan itu. Bahkan ketika kamu bicara sebentar dengan orang lain, tataplah matanya secara mendalam dan rasakan bagaimana dunia seolah melambat. Kamu akan mulai merasakan kehangatan saat berinteraksi secara langsung dengan orang lain.

7. Jalan-jalan

Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/Pexels
Cara Mengubah FOMO jadi JOMO/Foto: Pixabay.com/Pexels

FOMO kadang bisa terjadi karena kamu kurang piknik. Terlalu lama berkutat di dunia digital dan tren membuat kamu lupa bahwa ada banyak tempat indah di luar sana yang perlu kamu kunjungi. Walaupun waktumu sempit, cobalah untuk berjalan-jalan sejenak melihat alam sekitar dan melihat dunia secara nyata.

Itulah beberapa hal kecil yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi FOMO dan mengubahnya jadi JOMO. Intinya, kamu harus lebih bersyukur dan menyadari bahwa hidupmu cukup berharga untuk disia-siakan. Selamat mencoba, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id