sign up SIGN UP

Aya Canina Penulis Lagu 'Kukira Kau Rumah' Ungkap Keluar dari Amigdala Karena Alami Kekerasan dalam Pacaran

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 10 Feb 2022 11:45 WIB
Aya Canina Penulis Lagu 'Kukira Kau Rumah' Ungkap Keluar dari Amigdala Karena Alami Kekerasan dalam Pacaran
caption
Jakarta -

Media sosial sedang ramai membicarakan pengakuan mengejutkan dari Aya Canina, eks vokalis band Amigdala. Penulis lirik lagu "Kukira Kau Rumah" yang menjadi inspirasi Umay Shahab dalam membuat film berjudul sama mengaku bahwa ia menjadi korban kekerasan dalam pacaran. Karena alasan itulah ia memutuskan untuk hengkang dari Amigdala pada Agustus 2020 lalu.

Pengakuan tersebut pertama kali diunggah Aya di Instagram Story melalui akun Instagramnya, @ayacanina. Lalu semakin ramai dibicarakan saat diunggah ulang oleh Fiersa Besari di akun Twitternya, @fiersabesari.

Pengakuan Aya Canina soal kekerasan dalam pacaran yang dialaminyaPengakuan Aya Canina soal kekerasan dalam pacaran yang dialaminya/ Foto: Instagram/ayacanina

Melalui Instagram Story, Aya mengaku bahwa ia mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3,5 tahun. Hal tersebut sangat mempengaruhi kondisi mentalnya.

"Ya. Saya keluar dari Amigdala karena saya mengalami kekerasan dalam pacaran selama rentang waktu 3.5 tahun itu. Dan itu sangat memengaruhi kondisi mental saya," tulisnya.

Ia juga membeberkan siapa orang yang menjadi pacarnya kala itu.

"Siapa pacar saya waktu itu? Vocal 2 sekaligus Lead Gitar. Orang yang selalu bernyanyi bersama saya. Siapa kawan-kawan lelaki yang turut melanggengkan kekerasan itu? Personel band: drummer dan bassist," ungkapnya.

Lebih lanjut, Aya menceritakan, "Siapa yang menyaksikan semua proses percakapan kami? Termasuk pengakuan saya atas episode kekerasan sampai saya memutuskan keluar band? Kepala media dan keuangan."

[Gambas:Instagram]

Kala itu, Aya merasa tidak didukung penuh bahkan setelah pengakuan kekerasan yang dialami ia beberkan. Menurut pengakuannya, sang drummer pernah menawarkan bantuan, namun tidak pernah menghubungi.

"Saya ingat si drummer pernah bilang, "jangan takut. Kalau perlu bantuan, aku akan bantu". Tapi dia tidak pernah menghubungi saya, bahkan sekadar memastikan apakah saya masih menerima ancaman dari mantan saya? Tidak. Tidak pernah. Sampai detik ini," tulis Aya.

Pengakuan Aya langsung menarik simpati publik, termasuk Fiersa Besari. Ia turut mendoakan Aya agar segera lekas pulih dari luka yang dialaminya.

Usai cuitan tersebut, Umay Shahab selaku sutradara film Kukira Kau Rumah turut berkomentar. Umay mengungkapkan bahwa film Kukira Kau Rumah sama sekali tidak ada kaitannya dengan kasus yang terjadi pada Aya.

Aya pun juga langsung memberikan klarifikasi. Saat ia masih tinggal di Bandung pada 2019, ia sudah berjumpa dengan Umay dan membicarakan keinginan membuat film tersebut.

Fakta Menarik Film Kukira Kau RumahFilm Kukira Kau Rumah/ Foto: Instagram.com/officialkukirakaurumah

"Jadi, filmnya tidak salah. Yang salah Pinokio pandai berbohong tapi tetap saja imut. Film Kukira Kau Rumah karya Umay adalah proses alih wahana lagu yang patut diapresiasi," tulis Aya.

Amigdala sendiri adalah sebuah band independen atau indie yang mengusung musik beraliran folk-pop. Salah satu lagu yang membuat nama Amigdala semakin melambung adalah Kukira Kau Rumah.

Sebelumnya, Amigdala pernah mengangkat isu kekerasan seksual melalui sebuah musik video bertajuk Belenggu. Musik video tersebut memotret kisah seorang perempuan yang mengalami sejumlah tindak kekerasan namun terpaksa bungkam.

Namun diakui Aya, sang penulis lirik lagu Belenggu, lagu tersebut sama sekali tidak ada kaitannya dengan kekerasan terhadap perempuan. Sampai musik videonya rilis, tidak ada permintaan izin untuk mereinterpretasi makna lagu tersebut.

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id