sign up SIGN UP

Bangga! Ini Kisah Putri, Anak Petani Asal Magetan yang Raih Beasiswa Kuliah di Kanada

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 14:00 WIB
Bangga! Ini Kisah Putri, Anak Petani Asal Magetan yang Raih Beasiswa Kuliah di Kanada
caption
Jakarta -

Tidak ada yang tidak mungkin selama mau berusaha. Kalimat tersebut tampaknya cocok disematkan pada Putri Wahyu Kusumaningtyas, anak seorang petani asal Magetan yang berhasil mendapatkan beasiswa kuliah di University of British Columbia (UBC), Kanada.

Siswa MAN 2 Ponorogo itu kini sedang mempersiapkan diri sebelum berangkat di bulan Agustus nanti. Ia mengaku bahwa UBC adalah salah satu kampus idamannya.

Berawal dari Ikut OSN

Awal Putri bisa mendapatkan beasiswa kuliah di Kanada adalah ketika ia mengikuti Olimipiade Sains Nasional (OSN). Meski ia tidak juara, ia menjadi salah satu finalis. Lalu, ia mendapat undangan beasiswa.

"Awalnya saya ikut Olimpiade Sains Nasional (OSN), meski tidak juara, tapi jadi salah satu finalis. Kemudian dapat undangan beasiswa Indonesia Maju," kata Putri dikutip detikEdu dari keterangan tertulis Kemenag, Kamis (9/6).

Sebagai informasi, dikutip dari laman resminya, Beasiswa Indonesia Maju merupakan program beasiswa non-gelar yakni program beasiswa S1 luar negeri dan gelar (degree) yakni program beasiswa S1 dan S2 dalam atau luar negeri.

Kesempatan tersebut tidak disia-siakan Putri. Ia lantas langsung mengikuti seleksi beasiswa dan mendaftar di kampus idamannya, yaitu UBC di Kanada.

Berhasil Mendapatkan Beasiswa Indonesia Maju

Putri Wahyu Kusumaningtyas, anak petani asal Magetan yang dapat beasiswa kuliah ke Kanada.Putri Wahyu Kusumaningtyas, anak petani asal Magetan yang dapat beasiswa kuliah ke Kanada./ Foto: Charolin Pebrianti/detikJatim

Setelah mengikuti berbagai tahapan seleksi, akhirnya Putri dinyatakan lolos hingga ke tahap pembinaan. Walaupun lolos, Putri mengaku bahwa ia hanya mendapat nilai IELTS yang cukup mepet.

"Saya lolos seleksi administrasi, wawancara, serta melengkapi persyaratan seperti paspor, nilai IELTS, personal profile untuk apply ke kampus tujuan. Kemudian menunggu Letter of Acceptance atau LoA dan terakhir lolos seleksi tahap pembinaan," terang Putri.

"Bahkan nilai The International English Language Testing System (IELTS) aku mepet dari minimal," imbuhnya.

Kegigihannya Membuahkan Hasil: Kuliah Gratis di Kanada

Kerja di Kanada, Bisa Healing dengan Pemandangan Cantik/Foto : pexels.com/Daniel Joseph PettyKanada/Foto: Pexels.com/Daniel Joseph Petty

Perjuangan Putri untuk bisa mengenyam pendidikan secara gratis di Kanada bukanlah tanpa rintangan. Putri mengaku bahwa ia bukan tergolong siswa yang paling menonjol di sekolah jika dilihat dari peringkat prestasi. Di MAN 2 Ponorogo, Putri adalah siswa ranking ke-26 dari 300 siswa kelas XII.

Namun, berkat kegigihan dan perjuangannya, ia berhasil membuktikan bahwa ia memang layak mendapatkan beasiswa tersebut. Ia menunjukkan semangat belajar yang tinggi serta keuletan yang tidak banyak dimiliki siswa lain.

Prestasi membanggakan ini kemudian menjadikan Putri satu-satunya wakil MAN 2 Ponorogo yang lolos kuliah ke luar negeri. Kerennya lagi, nantinya selama masa perkuliahan di universitas tersebut biaya akan ditanggung penuh oleh Indonesia Maju!

"Mulai dari biaya hidup, tunjangan kesehatan, biaya buku dan penelitian hingga biaya kedatangan semua ditanggung," papar Putri.

Sementara itu, Kepala MAN 2 Ponorogo, Nastain mengaku bangga dan turut mendukung prestasi yang ditorehkan Putri.

"Kita dukung terus siswa yang membawa prestasi, membawa nama baik sekolah, Kemenag, dan negara Indonesia," tutur Nastain.

We are so proud of you, Putri! Semoga semangat dan perjuangan Putri bisa memotivasi kamu untuk menggapai mimpi ya, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id