sign up SIGN UP

Banyak yang Bilang 'Semakin Tua Semakin Sedikit Teman', Benarkah? Apa Penyebabnya?

Aqida Widya Kusmutiarani | Beautynesia
Jumat, 10 Jun 2022 21:30 WIB
Banyak yang Bilang 'Semakin Tua Semakin Sedikit Teman', Benarkah? Apa Penyebabnya?
caption
Jakarta -

Beauties, kamu merasa nggak sih seiring bertambahnya usia, jumlah teman yang kamu miliki semakin berkurang? Tadinya akrab banget, sering hangout bareng, tiba-tiba sekarang menjauh. Bahkan, sekedar chat di Whatsapp saja sudah nggak pernah. 

Hal ini termasuk wajar dan banyak dialami oleh orang lain. Dilansir dari Bustle, berdasarkan studi yang dipublikasikan Aalto University School of Science di Finlandia dan Oxford University, mengungkapkan bahwa baik pria maupun perempuan mulai kehilangan teman secara cepat saat memasuki usia 25 tahun dan akan terus berlanjut, setidaknya sampai masa pensiun. 

Lantas, apa sih yang menyebabkan berkurangnya jumlah teman seiring bertambahnya usia ini? Dilansir dari Bustle, ini dia penyebabnya. 

Sudah Mulai Berkeluarga

Lingkaran pertemanan saat dewasa
lingkaran pertemanan kecil/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Seiring bertambahnya usia, orang akan mulai memikirkan masa depan, termasuk menikah. Ketika teman kamu sudah menemukan pasangan hidupnya dan menikah tentu fokus utamanya adalah keluarganya. 

Dr. Flores, seorang psikolog klinis mengatakan bahwa begitu seseorang menemukan pasangannya, secara alami mereka akan lebih memusatkan perhatian pada pasangannya dibandingkan temannya.  Hal inilah yang membuat pertemanan mulai renggang, tak peduli sedekat apapun kalian dulunya. 

Sibuk dengan Pekerjaan

Jumlah teman yang dimiliki saat dewasa
jumlah teman yang dimiliki/Foto: pexels.com/Andrea Piacquadio

Selain berkeluarga, saat memasuki usia dewasa, kita juga akan mulai fokus bekerja. Alhasil, waktu untuk kumpul-kumpul sama teman, entah sekedar nongkrong di kafe, makan malam, atau liburan bareng akan berkurang. 

Kalaupun mau kumpul-kumpul, biasanya sama teman yang itu-itu saja. Lama-kelamaan lingkaran pertemanan pun semakin mengecil. 

Sadar akan Pentingnya Kualitas daripada Kuantitas

Teman berkurang saat dewasa
lingkaran pertemanan/Foto: pexels.com/Elina Fairytale

Bertambahnya usia juga akan membuat kamu sadar bahwa jumlah teman bukan hal penting. Sebab, teman yang banyak nggak menjamin kualitas pertemanan yang baik. 

Maka dari itu, sebagian orang lebih memilih lingkaran pertemanan yang kecil, tapi benar-benar berkualitas. Lagi pula, untuk apa punya teman banyak-banyak kalau saat dibutuhkan justru mereka nggak ada?

Visi dan Misi yang Sudah Berbeda

Punya visi dan misi yang berbeda
pertemanan/Foto: pexels.com/Elevate

Mungkin dulu kamu dan temanmu punya visi dan misi hidup yang sama, bahkan hobi yang sama. Namun, seiring bertambahnya usia seseorang, maka semakin dewasa pula pola pikirnya. Visi dan misi yang tadinya sama, kini berbeda. 

Hal inilah yang menyebabkan kamu akhirnya menyaring mana teman yang punya visi dan misi sama denganmu. Tanpa disadari juga, akhirnya kamu bergaul dengan teman-teman yang punya vibe sama denganmu. 

Butuh Lebih Banyak Waktu Sendiri

Butuh lebih banyak waktu sendiri
pertemanan saat dewasa/Foto: pexels.com/Tim Mossholder

Tuntutan pekerjaan terkadang memaksa kamu untuk lebih banyak berinteraksi dengan orang. Hal ini tentu akan sangat menguras energimu. Apalagi, semakin bertambah dewasa, menghabiskan waktu untuk bersosialisasi justru membuat kamu lebih cepat merasa kelelahan sehingga butuh lebih banyak waktu untuk sendiri.

Nah, itulah beberapa hal yang menyebabkan lingkaran pertemanan semakin kecil seiring bertambahnya usia. Namun, hal tersebut bukanlah sesuatu yang buruk. Sebaliknya, kehidupan sosialmu akan jauh lebih baik karena lingkaran pertemanan yang kecil, tapi berkualitas tersebut.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id