sign up SIGN UP

Baru Lulus dan Minim Pengalaman? Ini Trik Supaya Cepat Dapat Panggilan Interview Kerja

Nadya Quamila | Beautynesia
Sabtu, 06 Nov 2021 17:45 WIB
Baru Lulus dan Minim Pengalaman? Ini Trik Supaya Cepat Dapat Panggilan Interview Kerja
caption
Jakarta -

Salah satu hal yang menjadi fokus seorang fresh graduate atau lulusan baru adalah mencari pekerjaan. Namun, tentu kamu tahu mencari pekerjaan tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pasalnya, ada ribuan bahkan jutaan orang yang juga sedang mencari pekerjaan.

Terlebih apabila kamu merupakan fresh graduate yang minim pengalaman, tentu hal ini bisa menjadi salah satu penghambat dalam mencari kerja. Di dunia kerja yang kompetitif ini, IPK bagus saja tidak bisa menjadi jaminan, lho. Perusahaan juga pasti akan mencari kandidat dengan segudang prestasi dan pengalaman.

Tapi, jangan khawatir! Jika kamu seorang fresh graduate yang minim pengalaman, ada trik-trik yang bisa kamu lakukan supaya cepat dapat panggilan interview kerja. Apa saja? Yuk, simak di bawah ini!


Membuat CV yang Menarik

Cara menyempurnakan CV agar cepat dapat kerja/freepik.comCV atau resume/ Foto: Freepik.com


Hal yang pertama kali diperhatikan oleh perusahaan saat menerima karyawan ialah CV atau resume. Bahkan, CV menjadi alat yang menentukan apakah kamu bisa lanjut ke tahap interview atau tidak.

Pastikan CV yang kamu kirimkan saat melamar kerja sudah memuat informasi diri yang sesuai. Pastikan tidak ada kesalahan ejaan atau tata bahasa. Jangan lupa juga masukkan pengalaman dan skill yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Jika kamu melamar untuk posisi di bidang kreatif, kamu juga bisa mendesain CV agar terlihat menarik, lho! Seperti menggunakan font, warna, dan objek yang sesuai. Tips lainnya, buatlah CV yang singkat namun jelas dan jangan bertele-tele.


Isi Waktu Luang dengan Kegiatan Bermanfaat

Zodiak Aquarius merupakan sosok tegas yang didukung kecerdasan otak kirinya untuk terus belajar dan bekerja keras.Isi waktu luang dengan kegiatan bermanfaat/Foto: Freepik.com/DCStudio


Saat menunggu panggilan interview, ada baiknya kamu memanfaatkan waktu luang dengan mengikuti berbagai kegiatan yang bermanfaat. Mulai dari webinar, kursus online gratis, volunteer, hingga menekuni hobi dan lainnya.

Tidak hanya membantu kamu untuk menggali potensi diri, menambah ilmu baru, serta mengembangkan skill, pengalaman ini nantinya bisa kamu masukkan ke CV dan menjadi nilai tambah di mata perusahaan. Hal ini juga menunjukkan bahwa kamu adalah seorang yang aktif dan ingin terus belajar.


Perluas Jaringan

Enggak jarang saat mahasiswa menjalani program internship, mereka akan mendapatkan tugas menghubungi kantor lain atau bahkan mengikuti event tertentu. Nah, dari kegiatan inilah kamu bisa sekaligus membangun networking dengan maksimal.Perluas jaringan atau networking/ Foto: Freepik/ Foto: Lifia Mawaddah Putri


Tahukah kamu bahwa 85% posisi di dunia pekerjaan diisi melalui jaringan atau networking? Tidak hanya itu, sebuah studi menunjukkan bahwa 70% orang mendapatkan pekerjaan melalui koneksi di perusahaan, lho!

Ini menunjukkan bahwa memperluas jaringan atau networking menjadi hal yang sangat vital di dunia kerja. Semakin luas jaringan pertemanan yang kamu buat, maka semakin besar pula kesempatan yang kamu miliki dan ini tidak terbatas di dunia kerja saja, lho, Beauties!

Memperluas jaringan tidak perlu menunggu saat sudah lulus. Bahkan, saat menjadi mahasiswa pun kamu sudah bisa melakukannya, yakni dengan mengikuti organisasi, UKM, hingga menjadi anggota kepanitiaan acara di kampus.

Manfaatkan pula berbagai media sosial untuk menjalin pertemanan dengan orang-orang di bidang pekerjaan yang kamu tuju. Bisa melalui Instagram, Twitter, dan yang paling umum digunakan yakni LinkedIn.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id