sign up SIGN UP

Benarkah Menjalin Hubungan Jarak Jauh atau LDR Itu Susah? Ini Fakta dan Tipsnya Biar Awet!

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Rabu, 22 Jun 2022 22:30 WIB
Benarkah Menjalin Hubungan Jarak Jauh atau LDR Itu Susah? Ini Fakta dan Tipsnya Biar Awet!
Benarkah Menjalin Hubungan Jarak Jauh atau LDR Itu Susah/Foto: Freepik.com/Cookie_Studio

Siapapun tidak akan pernah tahu ia bakal jatuh cinta dengan siapa, kapan, dimana, dan bagaimana caranya. Uniknya lagi digitalisasi turut serta mengubah proses percintaan itu sendiri.

Misalnya saja kasus pada pasangan jarak jauh alis pasangan LDR (Long Distance Relationship). Mereka dipisahkan oleh jarak, baik beda kota, pulau, bahkan beda negara sekalipun. Nggak heran, jika banyak yang bilang bahwa hubungan jarak jauh pasti kandas di tengah jalan.

Sekilas hubungan jarak jauh memang terlihat susah untuk dijalani. Mulai dari zona waktu yang berbeda, kesibukan yang tak sama, hingga harus mengomunikasikan semuanya dengan baik dan jelas. Sebab masalah utamanya biasanya ada pada komunikasi yang kurang.

Tapi, apakah benar menjalin hubungan jarak jauh dengan pasangan sesusah itu? Baca lengkapnya di sini!

Mengenal Hubungan Jarak Jauh (LDR)

Menurut kamus Oxford, hubungan jarak jauh adalah keterlibatan dua orang dalam suatu hubungan yang dipisahkan oleh jarak yang jauh. Dalam jurnal yang berjudul The Effect of Communication on Satisfaction in Long Distance Relationships of College Students, Hampton menuliskan bahwa hubungan jarak jauh adalah dimana pasangan dipisahkan oleh jarak fisik yang tidak memungkinkan adanya kontak fisik dalam kurun waktu tertentu.

Singkatnya, pasangan jarak jauh tidak hanya terpisah jarak dan waktu tapi juga terpisah secara kontak fisik untuk beberapa saat sebelum bertemu.

Mengutip Women's Health, Randy Schroeder, PhD, yakni penulis Simple Habits for Marital Happiness mengatakan, jika hubungan jarak jauh sangat sulit, karena hanya mengandalkan komunikasi yang baik agar tetap terjaga.

"Tujuan dari setiap hubungan yang memuaskan adalah untuk memiliki 'kesatuan' yang kuat. Pasangan hubungan jarak jauh harus memahami bahwa akan membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk tetap terhubung untuk mencegah retakan kecil di fondasi (hubungan) mereka," katanya.

Tips untuk Menjalani Hubungan Jarak Jauh (LDR)

Meski banyak dikatakan sulit, bagi pasangan yang sedang dimabuk asmara, jarak bukan lagi penghalang. Selagi mereka masih bisa berjumpa lewat telepon, bertukar kado, atau melepas rindu, semuanya masih bisa dirasa aman.

Tentunya banyak juga hal yang perlu dilakukan agar hubungan jarak jauh ini bisa sukses ke jenjang yang lebih serius. Seperti beberapa tips di bawah ini.

1. Berkomunikasi Sebaik dan Sejelas Mungkin

komunikasi merupakan kunci sukses dalam hubungan jarak jauh
Ilustrasi berkomunikasi/foto: pinterest.com/TextVibes

Salah satu cara agar semua hubungan langgeng adalah mengomunikasikan sesuatu dengan baik. Dalam hubungan jarak jauh, komunikasi sangatlah penting.

Sebab, hanya dengan cara itulah kalian bisa saling mengerti dan mengingatkan satu sama lain saat jarak memisahkan. Selain itu, komunikasi yang jelas membuat pasangan tidak melulu overthinking akan hubungan ini.

2. Lebih Banyak Bersabar

kesabaran berbuah manis loh
menunggu/foto: pinterest.com/The Minds Journal

Sabar merupakan pangkal dari segala hal baik yang akan terjadi di kehidupan seseorang. Dengan sabar, seseorang bisa menjalani proses menuju kedewasaan dengan baik.

Begitu juga sabar dalam penantian terhadap pasanganmu yang jauh di sana. Karena pada akhirnya kesabaran juga akan berbuah manis.

3. Saatnya Berkunjung

moment of truth buat para pasangan LDR adalah saat bertemu
LDR Meeting/foto: pinterest.com/francieli

Inilah moment of truth bagi semua pejuang jarak. Harap-harap cemas sikapnya dan parasnya sesuai dengan yang pernah dilihat melalui telepon. Di lain sisi, berkunjung merupakan pembuktian suatu keseriusan dan kesetiaan dalam hubungan jarak jauh.

Semua rasa rindu, sedih, kesal, dan bahagia tercampur aduk ke dalam momen tersebut. Jadi, membuat jadwal kunjungan rutin juga merupakan kunci suksenya hubungan ini loh! Sebab, setiap pasangan butuh kontak fisik sebagai afirmasi kasih sayang.  

Hubungan jarak jauh memang tak selamanya suram. Justru kadang penantian panjang berbuah manis. Nah Beauties, apakah kamu kuat berada dalam hubungan jarak jauh?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id