sign up SIGN UP

Berlinang Air Mata, Angelina Jolie Berikan Dukungan untuk UU Anti Kekerasan Terhadap Perempuan di AS

Nadya Quamila | Beautynesia
Jumat, 11 Feb 2022 11:45 WIB
Berlinang Air Mata, Angelina Jolie Berikan Dukungan untuk UU Anti Kekerasan Terhadap Perempuan di AS
caption
Jakarta -

Angelina Jolie merupakan aktris Hollywood yang terkenal vokal dalam menyuarakan hak-hak perempuan. Baru-baru ini ia kembali menyatakan dukungannya terhadap korban kekerasan dalam rumah tangga. Ia mendesak Senat untuk memperbaharui Undang-Undang Anti Kekerasan Terhadap Perempuan atau Violence Against Women Act (VAWA) di Amerika Serikat (AS).

Menurutnya, Undang-Undang Anti Kekerasan Terhadap Perempuan tersebut dapat memberikan perlindungan dasar bagi para penyintas kekerasan. Dengan berlinang air mata, Angelina Jolie menyampaikan pidato dukungannya di Washington D.C.

Angelina JolieAngelina Jolie/ Foto: YouTube/ABC News

"Berdiri di sini, di pusat kekuatan bangsa kita, saya hanya bisa memikirkan semua orang yang dibuat merasa tidak berdaya oleh pelaku kekerasan dan oleh sistem yang gagal melindungi mereka," papar Jolie di awal pidatonya, sebagaimana dilansir dari Variety.

Ia menambahkan, "Ketika ada keheningan dari Kongres yang terlalu sibuk untuk memperbarui Undang-Undang Anti Kekerasan Terhadap Perempuan selama satu dekade, itu memperkuat rasa tidak berharga itu. (Ini menyebabkan) Anda berpikir, 'Saya kira pelaku saya benar. Saya kira saya tidak terlalu berharga.' Itu sebabnya mengesahkan undang-undang ini adalah salah satu suara terpenting yang akan diberikan senator AS tahun ini."

Menurut Jolie, ada sebuah fakta yang sangat disayangkan bahwa kekerasan dalam rumah tangga sering kali masih dinormalisasi. Pelecehan dan penelantaran anak merenggut nyawa antara 4 hingga 7 anak setiap harinya di AS. Inilah yang menjadi salah satu alasan bahwa Undang-Undang Anti Kekerasan Terhadap Perempuan menjadi sangat penting.

Artis cantik berjiwa sosial yang terpilih jadi duta organisasi duniaAngelina Jolie/ Foto: Instagram/@angelinajolie

Angelina Jolie sangat vokal dalam mendukung UU Anti Kekerasan Terhadap Perempuan. Pada Desember 2021 lalu, ia bertemu dengan anggota parlemen untuk mendukung UU Anti Kekerasan Terhadap Perempuan tersebut.

Tidak hanya itu, ia juga pernah bekerja sama dengan sponsor dan advokat Kayden's Law dalam mengatasi dampak pada anak-anak dalam kasus kekerasan dalam rumah tangga dan memerlukan proses pengadilan.

Jolie hadir di Capitol Hill ditemani sang putri, Zahara Marley Jolie-Pitt. Ia juga membagikan dukungannya terhadap Undang-Undang Anti Kekerasan Terhadap Perempuan melalui akun Instagramnya, @angelinajolie.

[Gambas:Instagram]

"Menuju pengenalan Senat tentang Undang-Undang Pengesahan Ulang Anti Kekerasan Terhadap Perempuan, saya bersyukur dan dengan rendah hati bergabung dengan para advokat dan legislator yang berdedikasi. Saya juga senang untuk berbagi dalam advokasi dengan Zahara, dan kehadirannya menenangkan saya sebelum konferensi pers hari ini," tulisnya.

Sebagai informasi, Undang-Undang Anti Kekerasan Terhadap Perempuan pertama kali disahkan pada tahun 1994 dan menciptakan ketentuan untuk penuntutan tingkat federal atas kekerasan dalam rumah tangga antar negara bagian dan kejahatan penyerangan seksual. Undang-undang tersebut juga memberikan dukungan kepada tempat penampungan, pusat krisis pemerkosaan dan organisasi masyarakat lainnya.

Setelah disahkan kembali pada tahun 2012, undang-undang tersebut berakhir pada tahun 2018. Kemudian pada Rabu (9/2), kelompok senator bipartisan AS sepakat untuk memperbarui Undang-Undang Anti Kekerasan Terhadap Perempuan.

***

[Gambas:Video Beautynesia]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id