STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Biar Nggak Kudet, Ini 5 Film Tentang Gambaran Dunia Metaverse yang Wajib Kamu Tonton!

Retno Anggraini | Beautynesia
Sabtu, 15 Jan 2022 19:30 WIB
Biar Nggak Kudet, Ini 5 Film Tentang Gambaran Dunia Metaverse yang Wajib Kamu Tonton!

Akhir-akhir ini, Metaverse sedang ramai diperbincangkan banyak orang. Sejak Facebook berubah nama menjadi Meta, banyak orang mulai mencari tahu sebenarnya apa, sih, Metaverse itu? Secara singkat, Metaverse merupakan dunia digital di mana manusia bisa melakukan beragam aktivitas secara virtual.

Sebelum Metaverse booming seperti sekarang, beberapa film ini ternyata sudah lebih dulu mengusung tema Metaverse. Penasaran? Cek selengkapnya di bawah ini, yuk!

Avatar

Film avatar
Avatar/Foto: Pinterest.com/Buzzfeed

Mengambil setting waktu tahun 2154, film ini mengisahkan kondisi bumi sedang sekarat akibat krisis energi dan memaksa manusia memutar otak untuk mendapatkan sumber energi baru. Hingga mereka menemukan Pandora, sebuah planet mirip bumi yang memiliki sumber energi berharga bernama Unobtainium. Para manusia yang tamak pun harus melawan penduduk asli Pandora, yaitu suku Na’vi.

Untuk menghindari konflik dengan suku Na’vi, manusia pun membuat sebuah program bernama Avatar. Program di mana manusia terpilih dapat mengendalikan suku Na’vi yang terlahir dari rekayasa genetika melalui pikiran mereka. Dalam film ini, AR (Augmented Reality)/VR (Virtual Reality) digunakan untuk mengubah manusia menjadi wujud animasi yang tampak nyata.

Ready Player One

Film Ready Player One
Ready Player One/Foto: Pinterest.com/Capone Locc

Kondisi dunia di tahun 2045 berada di ambang kehancuran karena kepadatan penduduk, polusi udara, perubahan iklim, dan korupsi yang merajalela. Hingga sebuah dunia realita virtual bernama OASIS pun muncul sebagai pelarian masyarakat dari penatnya dunia nyata.

Tak berselang lama, pencipta dari OASIS meninggal dunia dan meninggalkan easter egg di OASIS. Siapa pun yang berhasil mendapatkannya akan memperoleh hak penuh untuk mengendalikan OASIS.

Seorang remaja bernama Wade Watts (Tye Sheridan) pun bertekad untuk mendapatkan easter egg tersebut dan petualangannya di dunia virtual pun dimulai. Film ini memperlihatkan dunia nyata dan dunia virtual hidup berdampingan seperti sekarang ini.

Memories of The Alhambra

Drama Korea Memories of The Alhambra
Memories of The Alhambra/Foto: Pinterest.com/MyDramaList

Bisa dibilang, hingga saat ini Memories of The Alhambra adalah satu-satunya drama Korea yang mengusung tema Metaverse. Drama ini menceritakan seorang CEO perusahaan investasi bernama Yoo Jin Woo (Hyun Bin) yang memulai petualangannya di Granada, Spanyol. Tujuan Jin Woo datang ke Spanyol adalah untuk membeli game AR buatan Jung Se Joo (Chanyeol EXO), seorang programmer introvert.

Sayangnya, Jin Woo tidak berhasil bertemu Se Joo karena pria itu tiba-tiba menghilang. Drama ini menyuguhkan pengembangan teknologi untuk game VR yang super canggih.

Alita: Battle Angel

Film Alita: Battle Angel
Alita: Battle Angel/Foto: Pinterest.com

Mengambil latar tahun 2563, kondisi bumi terlihat sangat hancur akibat peperangan. Diceritakan ada seorang ilmuwan yang membangun kembali cyborg rusak dan diberi nama Alita. Cyborg Alita terbangun tanpa tahu siapa dia sebenarnya dan memutuskan untuk berpetualang serta mendapatkan kembali ingatannya yang hilang.

Proses pembuatan film Alita sendiri menggunakan Performance Capture yang mana memberikan tubuh, berat, dan ekspresi yang nyata pada sosok Alita. Teknologi ini membuat peran virtual menjadi lebih detail dan sempurna.

Free Guy

Film Free Guy
Free Guy/Foto: Pinterest.com/Art of The Movies

Menceritakan seorang teller bank bernama Guy (Ryan Reynolds) yang merupakan seorang NPC atau non-player character dalam game Free City. Sayangnya, game ini akan ditutup dan Guy menyadari bahwa dirinya adalah sebuah AI (Artificial Intelligence).

Bersama karakter lain, Guy pun bertarung untuk mengalahkan Antwan Hovachelik (Taika Waititi) yang diduga telah mencuri hak dalam permainan tersebut. Menggunakan teknologi VR, membuat film ini memiliki elemen yang mirip dengan game Grand Theft Auto dan Fortnite.

Selain jadi referensi tontonan seru, kamu juga bisa lebih memahami tentang Metaverse. Tertarik menonton yang mana dulu, nih, Beauties?

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE