sign up SIGN UP

Biar Resign Nggak Jadi Hobi, Coba Tes Kepribadian Ini Agar Tahu Minatmu

Cynthia Claudia | Jumat, 02 Jul 2021 15:30 WIB
Biar Resign Nggak Jadi Hobi, Coba Tes Kepribadian Ini Agar Tahu Minatmu
caption

Masih bingung memilih pekerjaan yang cocok di saat lulus nanti? Memilih pekerjaan memang sebaiknya disesuaikan dengan passion dan keterampilan yang kamu miliki. Namun, apakah kalian pernah tau memilih jenis pekerjaan yang cocok juga bisa disesuaikan dengan jenis kepribadian kamu, lho?

Kamu bisa mengikuti tes MBTI atau Myers-Brigggs Type Indicator Test yang merupakan salah satu tes kepribadian manusia terpopuler di dunia dan mencocokan hasilnya untuk menemukan jenis pekerjaan yang tepat untukmu. Tes ini juga pada umumnya digunakan oleh sekumpulan perusahaan dalam proses penerimaan karyawan. Tujuannya untuk memahami karakteristik calon kandidat dan menilai apakah mereka sesuai dengan pekerjaan yang dilamar.

Jadi, sebelum kalian mencari pekerjaan, yuk simak penjelasan berbagai kategori kepribadian MBTI ini untuk memahami diri sendiri lebih lanjut sebelum kalian mulai job hunting:

Sensing (S) vs Intuition (N)

Ilustrasi mengumpulkan informasi baru
Ilustrasi mengumpulkan informasi baru/ sumber: pexels.com

Kategori ini membantu kita memahami bagaimana cara kita mengumpulkan informasi, belajar, dan mencerna informasi untuk mendapatkan pengetahuan baru.

Sensing (S) merupakan karaker orang dimana mereka memilih untuk mempelajari hal-hal di sekitarnya secara mandiri. Mereka memilih belajar dengan melakukannya secara langsung – atau learning by doing. Namun, Intuition (N) merupakan mereka yang cenderung berpikiran abstrak, suka mengandalkan intuisi, dan sering berimajinasi. Mereka belajar hal baru dengan efektif ketika diberikan teori abstrak ataupun panduan yang jelas.

Thinking (T) vs Feeling (F)

Berpikir
Berpikir/ sumber: pexels.com

Kategori ini menjelaskan mengenai bagaimana kita membuat keputusan setelah mendapatkan informasi dari lingkungan sekitar.

Thinking (T) merupakan karakter orang yang cenderung berpikiran logis dimana mereka mengambil keputusan sesuai dengan fakta yang disajikan dalam data. Mereka adalah kepribadian yang konsisten ketika mengambil keputusan dan tidak mengandalkan intuisi. Sedangkan karakter Feeling (F) cenderung mengambil keputusan sesuai dengan emosi yang dimiliki, ataupun intuisi, dan sering kali memprioritaskan kebutuhan orang lain daripada diri sendiri. Intinya, lebih banyak hal yang dipertimbangkan oleh karakter Feeling (F) ketika mengambil keputusan.  

Judging (J) vs Perceiving (P)

Ilustrasi judging vs. perceiving
Ilustrasi judging vs. perceiving/ sumber: pexels.com

Kategori ini menunjukkan bagaimana cara kita menyikapi lingkungan sekitar ketika kita telah mengambil keputusan.

Judging (J) merupakan kepribadian yang bersikap tegas dan memiliki pendirian yang tangguh. Mereka jarang berubah pikiran dan selalu teguh pada setiap keputusan yang diambil atau pendirian yang ditetapkan. Sebaliknya, kepribadian Perceiving (P) merupakan mereka yang mudah berubah pikiran, fleksibel, dan mampu menyesuaikan diri dengan hal-hal yang gak pernah dihadapi sebelumnya.

Introversion (I) vs Extraversion (E)

Komunikasi
Komunikasi/ sumber: pexels.com

Dua macam kepribadian atau sifat manusia ini pastinya ga asing bagi kita. Kepribadian ini mengacu pada bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain dan bagaimana kita mendapatkan energi dari linkungan sekitar.

Introvert merupakan kepribadian yang aktif berpikir dan mendapatkan energi ketika menghabiskan waktunya sendiri ataupun ketika berinteraksi dengan tidak banyak orang. Di lain sisi, extrovert merupakan kepribadian yang mengutamakan interaksi dengan orang lain, ia lebih bersemangat ketika menghabiskan banyak waktunya bersosialisasi dengan banyak orang.

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id