sign up SIGN UP

Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah, Ini 4 Cara Mudah Membersihkan AC yang Tidak Dingin

Tim Redaksi HaiBunda | Beautynesia
Kamis, 12 May 2022 16:00 WIB
Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah, Ini 4 Cara Mudah Membersihkan AC yang Tidak Dingin
caption
Jakarta -

Indonesia yang termasuk sebagai negara tropis membuat udara secara di hampir seluruh wilayah cenderung panas. Hal ini membuat penghuninya mengandalkan AC untuk menyejukkan udara.

Seperti peranti elektronik lainnya, AC pun perlu dirawat secara khusus untuk menjaga fungsinya. Biasanya, ada teknisi khusus untuk menangani alat elektronik yang satu itu, yang datang setiap 2-3 bulan sekali.

Udara yang keluar dari AC adalah penyebab kulit keringAC. / Foto: pexels.com/ Max Vakhtbovych

Tidak dingin adalah permasalahan umum yang biasa terjadi pada AC. Alih-alih mengeluarkan udara dingin, AC yang bermasalah malah menghembuskan udara panas. Jika kamu mengalami hal ini, kamu bisa, lho, mengatasi masalah tersebut sendiri.

Ada cara-cara dasar yang bisa pemilik AC lakukan untuk mengatasi AC yang tidak lagi dingin. Dihimpun dari The Spruce, berikut kiat-kiat membersihkan AC sendiri tanpa teknisi.

Bersihkan Filter

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah membersihkan filter. Pasalnya, penyebab utama AC tidak dingin ialah filter AC yang kotor. Dengan membersihkannya, itu artinya kamu membuang debu dan kotoran yang menghalangi aliran udara yang dingin.

matikan ACAC. (Foto: pexels.com)

Caranya adalah dengan melepas filter dari panel. Lalu, bersihkan dengan lap basah atau bisa juga dengan penyedot debu. Namun, untuk memastikan filter AC lebih bersih, kamu bisa membersihkannya dengan selang taman lalu menyemprotnya dan diamkan selama 30 menit-1 jam sampai benar-benar kering.

Bersihkan Evaporator dan Kondensor

Setelah itu, cek bagian evaporator dan kondensor. Kalau terpantau kotor, evaporator bisa membeku dan kondensor jadi tersumbat sehingga menimbulkan masalah pada sistem pendinginan. Untuk mengatasinya, kamu bisa membersihkan dengan vacuum cleaner atau menyemprotkan air yang bertekanan tinggi.

Untuk selanjutnya cek di SINI, ya, Beauties.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id