sign up SIGN UP

7 Buah Ini Ternyata Nggak Perlu Masuk Kulkas, Bisa Kehilangan Manfaatnya Lho!

Natasha Riyandani | Beautynesia
Rabu, 11 May 2022 10:00 WIB
7 Buah Ini Ternyata Nggak Perlu Masuk Kulkas, Bisa Kehilangan Manfaatnya Lho!
Deretan Buah Ini Ternyata Nggak Perlu Masuk Kulkas/Foto: Freepik.com/bearfotos

Mengonsumsi buah-buahan di tengah cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini memang sangat dianjurkan. Buah-buahan dapat memberikan nutrisi dan menjaga kesehatan tubuh, karena buah menjadi sumber nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh terlebih di cuaca yang sangat panas.

Tak jarang, kita membeli bermacam buah-buahan untuk dikonsumsi yang kemudian disimpan dalam kulkas agar buah tetap awet dan tidak membusuk. Namun, menyimpan buah di dalam kulkas bukan cara terbaik untuk mempertahankan kesegaran buah.

Udara dingin dapat mengurangi kandungan antioksidan dalam buah-buahan, dan menghentikan proses pematangan. Maka dari itu, beberapa buah-buahan tidak perlu berada di dalam kulkas untuk mempertahankan tekstur dan rasa. Dilansir dari Eat This, Not That!, berikut daftar buah yang sebaiknya tidak perlu masuk kulkas.

1. Pisang

Buah pisang tak perlu disimpan dalam kulkas
Pisang/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Buah pisang sebaiknya tidak disimpan dalam kulkas karena akan mempercepat proses pembusukan, dimana kulit luarnya akan cepat berubah warna. Lebih baik disimpan pada suhu ruangan dengan membungkus batang-batangnya dengan plastik pembungkus (plastic wrap). Hal ini berguna untuk mencegah pisang melepaskan gas etilen yang dapat mempercepat proses pematangan.

2. Buah Citrus

Buah citrus tak perlu disimpan dalam kulkas karena akan mengurangi rasa
Buah Citrus/ Foto: Freepik.com/wirestock

Buah-buahan yang termasuk ke dalam jenis citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali sebaiknya tidak disimpan di dalam kulkas, karena akan mengurangi rasa manis maupun asamnya. Buah-buah ini lebih baik disimpan pada suhu ruangan ditempat yang sejuk, kering, dan berventilasi.

3. Alpukat

Alpukat tak perlu disimpan dalam kulkas untuk mempertahankan tekstur dan rasa
Alpukat/ Foto: Freepik.com/dashu83

Menyimpan buah alpukat yang belum matang sebaiknya diletakkan pada suhu ruangan saja ya, Beauties. Sebaliknya, alpukat yang sudah matang dapat disimpan pada lemari pendingin untuk mempertahankan tekstur dan rasa.

4. Apel

Apel akan cepat membusuk saat disimpan dalam kulkas
Apel/ Foto: Freepik.com/lifeforstock

Sering dijumpai bahwa orang-orang kerap menyimpan apel di lemari pendingin. Namun, menyimpan apel pada lemari pendingin dapat membuat buah tersebut cepat matang karena udara tertutup. Sebab, apel memiliki kandungan etilena yaitu gas yang dapat mempercepat proses pematangan.

Jadi, simpan apel di suhu ruangan saja ya Beauties, atau diletakkan di atas meja dan biarkan tetap terbuka.

5. Tomat

Tomat akan cepat membusuk saat disimpan dalam kulkas
Tomat/ Foto: Freepik.com/stockking

Tomat memiliki kandungan air yang banyak, maka akan cepat membusuk bila disimpan dalam kulkas. Selain itu, menyimpan tomat dalam kulkas dapat mengurangi kesegaran buah tomat. Jadi, lebih baik menyimpan tomat ditempat yang sejuk.

6. Melon

Melon dapat disimpan pada suhu ruangan
Melon/ Foto: Freepik.com/jcomp

Buah yang mengandung kaya mineral serta antioksidan dan vitamin C ini dapat menetralkan radikal bebas yang merusak sel. Untuk menjaga nutrisi yang terkandung di dalamnya, Beauties hanya perlu menyimpan buah melon di atas meja dengan suhu ruangan saja. Karena, udara dingin dari kulkas akan memecah antioksidan yang terkandung.

7. Buah-buahan Tropis

Buah Tropis dapat disimpan pada suhu ruangan
Buah-buahan Tropis/ Foto: Freepik.com/azerbaijan-stockers

Buah-buahan tropis seperti kiwi, mangga, dan nanas hidup di iklim hangat. Maka buah-buah tersebut tidak cocok untuk disimpan pada udara dingin karena akan mengurangi nutrisi yang dikandung.

Jika ingin menyimpannya, Beauties lebih disarankan untuk memotongnya dan menaruhnya dalam wadah untuk disimpan di dalam freezer. Hal tersebut akan membuat buah-buah tropis bertahan lama, bahkan hingga satu tahun.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id