sign up SIGN UP

'Buang-buang Uang' Nggak Selalu Buruk, Kalau Buat Pengeluaran Jenis Ini, Beauties!

Fina Prichilia | Beautynesia
Kamis, 04 Aug 2022 13:15 WIB
'Buang-buang Uang' Nggak Selalu Buruk, Kalau Buat Pengeluaran Jenis Ini, Beauties!
Foto: Getty Images/iStockphoto/Nattakorn Maneerat
Jakarta -

Sejak dulu, kita mungkin sudah nggak asing lagi akan saran untuk nggak gampang buang-buang uang. Sebab hal tersebut sering dihubungkan dengan kebiasaan boros dan bisa merugikan diri sendiri.

Tapi, tahukah kamu kalau 'buang-buang uang nggak selalu buruk. Justru bisa sebaliknya. Apa saja?

Keluar Uang Buat Hal yang Bikin Kamu Bahagia

Mau punya tas baru? Ponsel keluaran terbaru? Atau liburan ke tempat impian buat self reward? Sah-sah aja, kok! Apalagi hal itu sebagai bentuk kerja keras kamu selama ini, kan!

Ya, walau membutuhkan harga yang cukup tinggi, kamu nggak perlu merasa bersalah banget untuk itu, Beauties. Tentu siapa saja perlu bisa menikmati hasil keras mereka untuk hal-hal yang sifatnya rekreasi.

Namun yang perlu diingat juga, pentingnya menggunakan uang secara bijak. Misalnya dengan punya beberapa post anggaran rutin setiap bulannya, mengutip CNN Indonesia, kamu bisa coba terapkan strategi 50/30/20. Yaitu 50% biaya hidup, 30% investasi, dan 20% untuk self-reward.

Sehingga kamu bisa memanjakan diri, tanpa harus mengorbankan cash flow untuk kebutuhan lainnya.

Jika kamu sering pergi ke luar rumah dan jajan makan-makanan kecil dan ringan, kamu harus menghitung ulang kembali berapa nominal yang kamu keluarkan untuk sekali pergi dan akumulasinya per bulan.Mengatur keuangan/ Sumber: Freepik.com

Buat Kesehatan

Kita semua tentu nggak ada yang mau sakit, karena sakit butuh biaya yang sangat mahal. Meski begitu, untuk sehat juga butuh 'biaya yang nggak murah'. Artinya kamu perlu membeli makanan yang sehat, konsisten menjalani hidup yang aktif, dan memproteksi diri dengan asuransi kesehatan.

Asuransi kesehatan dinilai akan memberi perlindungan dengan jaminan biaya kesehatan bila pihak tertanggung jatuh sakit atau kecelakaan. Dengan memiliki asuransi, maka bisa memproteksi aset kekayaan kamu, sehingga ketika jatuh sakit, nggak perlu 'menguras' tabungan yang sudah kamu rencanakan untuk hal lain.

Buat Beli Ilmu Bermanfaat

Seperti kita tahu, ilmu dapat berguna untuk kebaikan hidup, bahkan bisa semakin menguntungkan. Tak mengapa bila kamu mengeluarkan uang untuk ikut seminar atau kursus yang butuh keluar modal atau untuk membeli buku, namun kamu tahu setelahnya ilmu tersebut bisa kamu terapkan untuk kehidupan yang lebih baik, seperti menunjang karier, maupun bisa berguna buat pengalaman sehari-hari.

A beautiful young woman reading a book and enjoying a warm beverage near a fireplaceIlustrasi membaca buku/ Foto: Getty Images/kupicoo

Beli Barang yang 'Lebih Mahal'

Membeli barang yang murah memang bisa menghemat budget. Namun kamu juga perlu cermat, karena dengan membeli barang yang lebih tinggi harganya, kamu pun berisiko bisa lebih hemat ke depannya, lho! Sehingga barang yang kamu beli tersebut nggak mudah rusak, juga tahan banting.

Membeli 'barang yang mahal' juga bisa menunjang pekerjaan, misalnya laptop yang harganya lebih tinggi sedikit, nggak akan cepat panas dan service center-nya tersebar di banyak tempat, salah satunya dekat dengan tempat tinggalmu. Namun pastikan tidak sampai mengganggu cash flow kamu ya, kamu bisa menabung lebih dulu untuk itu.

Membeli Aset

Menabung memang baik, namun kamu juga perlu mempelajari soal investasi, Beauties. Tujuannya, agar uang kamu yang nantinya bekerja buat dirimu. Demikian dikutip dari Forbes.

Ada banyak jenis investasi, dan masih dikutip dari laman yang sama, berinvestasi yang sukses tergantung dengan tentang kebiasaan yang selalu belajar dan up to date dengan perubahan tren. Selain itu memulai lebih awal dan mulai dari yang kecil juga lebih baik daripada langsung berjumlah besar, karena bisa merugikan kerugian yang besar pula.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id