STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Bukan Asal Luapkan Amarah, Lakukan 3 Cara Cerdas Ini untuk Bantu Mengelola Emosimu!

Melinda Anita Rachim | Beautynesia
Selasa, 24 Jan 2023 18:45 WIB
Bukan Asal Luapkan Amarah, Lakukan 3 Cara Cerdas Ini untuk Bantu Mengelola Emosimu!
Ini Cara Cerdas Mengelola Emosi/ Foto: Pinterest.com/ Her Way

Manusia lekat dengan emosi, tidak hanya dalam bentuk marah, tetapi juga emosi lain seperti senang ataupun sedih. Secara umum emosi bisa dibedakan menjadi dua, Beauties, emosi positif dan emosi negatif.

Emosi positif merupakan perasaan menyenangkan dan bahagia yang biasanya berkaitan dengan romansa, harapan, dan optimisme. Sedangkan emosi negatif merupakan berbagai perasaan kurang menyenangkan seperti marah, sedih, gelisah, dan kecewa.

Emosi negatif yang tidak dikendalikan bisa menimbulkan perilaku destruktif atau perilaku yang tanpa didasari keluar dan dapat merusak interaksi dan hubungan sosialmu pada suatu lingkungan masyarakat, Beauties. Nah, gimana sih biar kita terhindar dari perilaku destruktif dan menyalurkan emosi negatif secara sehat? Simak cara jitu di bawah ini, Beauties!

1. Ambil Jeda untuk Tenangkan Diri

ilustrasi menenangkan diri untuk mengelola emosi
Ilustrasi menenangkan diri/ Foto: Pinterest.com/ Daily Life

Ketika ada suatu hal yang membuatmu merasakan emosi negatif, ambilah beberapa saat untuk menenangkan dirimu, Beauties. Kamu bisa memejamkan mata sejenak dan melakukan nafas dengan metode pernafasan segitiga yaitu menarik, menahan, dan mengembuskan napas dimana masing-masingnya dilakukan selama 10 detik.

Lakukan napas segitiga secara berulang dan pejamkan matamu hingga kamu merasa kamu sudah kembali tenang dan bisa berpikir jernih. Hindari untuk mengeluarkan emosi negatif secara langsung ya, Beauties, seperti marah kepada seseorang dengan nada yang tinggi dan keras dimana hal tersebut malah akan membuat hati orang tersebut tersakiti dan hubungannya denganmu malah menjadi buruk. Tetap tenang dan kuasai keadaan, Beauties.

Mengeluarkan emosi negatif secara terang-terangan dan langsung tanpa filter sedikitpun bisa jadi malah membuat masalahmu makin runyam, Beauties. Luapan emosi seperti berteriak, memaki, atau bahkan menghancurkan benda-benda yang ada di sekitar tentu akan membuat orang lain tidak nyaman.

Kamu mungkin merasakan sensasi lega ketika melakukannya, tetapi dampak setelahnya  malah menambah masalah pada dirimu. Jadi pikirkan baik-baik masalahmu dengan kepala dingin ya, Beauties.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE