sign up SIGN UP

Bukan Sekadar Sibuk, Ini 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Produktif! Bikin Pekerjaan Cepat Selesai dan Antistres

Ratih Dewi | Beautynesia
Selasa, 21 Sep 2021 11:30 WIB
Bukan Sekadar Sibuk, Ini 10 Kebiasaan yang Sering Dilakukan Orang Produktif! Bikin Pekerjaan Cepat Selesai dan Antistres
caption

Dimana pun tempat belajar atau bekerja, tipe orang produktif biasanya selalu bisa diandalkan dan memberikan hasil yang terbaik, karena mereka memahami apa yang harus diprioritaskan dan fokus dengan tujuan mereka. 

Banyak yang membandingkan antara orang yang produktif dengan orang yang sibuk. Nah, yang membedakan adalah cara kerjanya. Orang yang produktif akan membuat skala prioritas apa yang harus dikerjakan lebih dahulu, sedangkan orang yang sibuk cenderung akan melakukan banyak hal dalam satu waktu. 

Untuk memotivasi diri kita menjadi lebih produktif dan semangat saat beraktivitas, Beautynesia sudah merangkum beberapa kebiasaan orang produktif yang bisa kamu tiru berikut ini: 

1. Tidak Multitasking

Tidak Multitasking
Tidak Multitasking/Foto : pexels.com/Polina Tankilevitch

Supaya kamu bisa lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu dan bisa lebih cepat, cobalah untuk berhenti melakukan banyak pekerjaan sekaligus dalam satu waktu. Contohnya, kamu melakukan 3 hal dalam waktu yang sama, walaupun lebih cepat selesai, tapi hasilnya belum tentu maksimal dan akan mempersulit prosesnya. 

Selesaikan pekerjaan kamu step by step sesuai dengan prioritas agar lebih efektif dan efisien ya, Beauties. 

2. Berani Berkata 'Tidak'

Berani Berkata 'Tidak'
Berani Berkata 'Tidak'/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Jangan menggunakan waktu terlalu banyak untuk melakukan banyak hal agar terlihat produktif. Biasakan diri kamu untuk mengatakan tidak pada sesuatu yang tidak sesuai dengan tujuan kamu dan nantinya cuma akan membuang waktu kamu dengan sia-sia.

Orang produktif akan lebih cermat membagi waktu apa yang harus dikerjakan dan mana yang tidak harus dikerjakan. 

3. Terapkan Aturan 80/20

Paham Aturan 80/20
Paham Aturan 80/20/Foto : pexels.com/Ketut Subiyanto

Melansir dari laman Forbes, aturan 80/20 ini maksudnya adalah 80% hasil dari yang kita lakukan sehari-hari berasal dari 20% aktivitas atau tindakan kita.

Cara menerapkan prinsip 80/20 ini: kamu akan diminta untuk pilih dua dari 10 pekerjaan yang paling penting, sehingga kamu akan memberi fokus pada dua hal itu.

4. Banyak Membaca Buku

Banyak Membaca Buku
Banyak Membaca Buku/Foto : pexels.com/George Milton

Kebiasaan orang produktif lainnya adalah meluangkan waktu untuk membaca buku. Buku adalah sumber ilmu dan jika kita membaca buku yang tepat, akan menambah pengetahuan tentang suatu subjek yang nantinya akan membantu kita untuk lebih produktif dan memberikan hasil yang terbaik. 

5. Bangun di Pagi Hari

Bangun di Pagi Hari
Bangun di Pagi Hari/Foto : pexels.com/Kampus Production

Dengan bangun tidur di pagi hari, kita bisa memanfaatkan banyak waktu, di antaranya untuk olahraga, membuat sarapan, bermeditasi, atau lainnya, sehingga ketika kita beraktivitas seharian tetap semangat dan dalam kondisi mood yang bagus. 

Usahakan untuk tidak fokus dengan gadget atau media sosial terlebih dahulu setelah bangun tidur ya, Beauties.  

6. Membuat Perencanaan Kegiatan

Membuat Rencana sebelum Memulai
Membuat Rencana sebelum Memulai/Foto : pexels.com/Karolina Grabowska

Pakar manajemen waktu dan penulis Julie Morgenstern menjelaskan, tidak perlu menunggu sampai hari Senin pagi untuk membuat atau memikirkan rencana apa yang harus dikerjakan.

Mulailah untuk membuat rencana dari jauh hari, seperti 2 hari sebelumnya atau 2 minggu sebelumnya kalau kamu berniat untuk mengambil liburan atau ada hari libur. Hal ini dilakukan supaya kita bisa mengetahui estimasi kapan waktu yang tepat untuk memulai dan menyelesaikan daftar kegiatan yang sudah kamu rencanakan.

7. Belajar dan Memperbaiki Kesalahan

Belajar dan Memperbaiki Kesalahan
Belajar dan Memperbaiki Kesalahan/Foto : pexels.com/Pavel Danilyuk

Kesalahan memang bisa terjadi kapan pun dari apa yang sedang kita kerjakan. Orang produktif biasanya tidak akan menyerah dengan kesalahan yang diperbuat tapi akan memperbaiki dan belajar dari kesalahan tersebut, agar tidak terulang lagi ke depannya dan menjadi lebih baik, demikian dilansir dari laman Real Simple. 

8. Menjaga Kesehatan Tubuh Sendiri

Menjaga Kesehatan Tubuh Sendiri
Menjaga Kesehatan Tubuh Sendiri/Foto : pexels.com/Elina Fairytale

Tubuh yang sehat bagi orang yang produktif adalah hal yang penting, supaya bisa beraktivitas dengan optimal. Melansir dari laman Quick Booost, menjaga kesehatan tubuh sebenarnya mudah, dimulai tidur yang cukup, tidak banyak bergadang, mengonsumsi makanan sehat, olahraga yang cukup. 

Tubuh yang sehat akan membuat produktivitas kita meningkat!

9. Mengatur Jam Istirahat yang Cukup

Mengatur Jam Istirahat yang Cukup
Mengatur Jam Istirahat yang Cukup/Foto : pexels.com/Ksu&Eli

Jam istirahat tidak hanya tidur di malam hari, tetap juga jam istirahat ketika bekerja seharian. Pastikan kamu memiliki jam istirahat yang cukup untuk makan siang, rehat sejenak, mencari hiburan atau lainnya untuk membuat mood dan pikiran kamu menjadi lebih baik. 

Kamu juga bisa konsumsi makanan yang bisa meningkatkan mood kamu agar kembali bersemangat! 

10. Memberikan Pujian untuk Orang Lain

Memberikan Pujian untuk Orang Lain
Memberikan Pujian untuk Orang Lain/Foto : pexels.com/fauxels

Pendiri dari Institute for Applied Positive Research, Michelle Gielan menjelaskan karyawan tempatnya bekerja menjadi lebih produktif setelah memberikan pujian satu sama lain setiap hari. 

Pujian yang diberikan dan diterima dari orang lain akan membuat kita tersenyum dan bahagia yang memicu otak untuk melepaskan zat kimia dopamin, sehingga lebih produktif dan bersemangat ketika beraktivitas.


Our Sister Site

mommyasia.id