sign up SIGN UP

5 Cara Alami Tingkatkan Dopamin, Zat Kimia Tubuh yang Pengaruhi Suasana Hati

Budi Rahmah Panjaitan | Minggu, 12 Sep 2021 17:00 WIB
5 Cara Alami Tingkatkan Dopamin, Zat Kimia Tubuh yang Pengaruhi Suasana Hati
Cara alami untuk meningkatkan dopamin dan energi mental/ Foto: Pexels/Hong SON

Dopamin merupakan zat kimia otak yang digunakan tubuh untuk mempengaruhi suasana hati guna memunculkan perasaan dihargai dan motivasi. Oleh sebab itulah penting untuk meningkatkan produksi dopamin dalam tubuh.

Meningkatnya dopamin, bisa membawa tubuh lebih produktif dan pekerjaan menjadi lebih efisien. Dopamin juga dapat membantu mempertahankan fokus dan tekad ketika sesuatu yang dikerjakan menjadi sulit. Ternyata untuk meningkatkan dopamin dan energi bagi mental, ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

1. Berolahraga

Meningkatkan dopamin dengan berolahraga/ Foto: Freepik.com
Meningkatkan dopamin dengan berolahraga/ Foto: Freepik.com

Sebagaimana dikutip dari Life Hack, sebuah studi menunjukkan bahwa olahraga adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kadar dopamin secara alami. Tidak hanya itu olahraga juga terbukti dapat meningkatkan mood dan kadar endorfin.

Frekuensi dan intensitas latihan yang diperlukan untuk meningkatkan kadar dopamin ini memang tidak pasti namun kebanyakan orang merekomendasikan untuk menjadikan olahraga sebagai bagian rutin dari aktivitas harian.

Kamu bisa memulainya dengan aktivitas fisik seperti jogging ringan, berjalan-jalan di sekitar pekarangan rumah atau menghadiri kelas yoga. Bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

2. Menghirup Udara Segar

Menghirup udara untuk meningkatkan dopamin/ Foto: Freepik.com
Menghirup udara untuk meningkatkan dopamin/ Foto: Freepik.com

Cara selanjutnya yang bisa diterapkan untuk meningkatkan dopamin adalah menghirup udara segar. Percayalah bahwa ada sesuatu yang menyenangkan saat kamu berada di luar. Ya, di luar sangat memungkinkan bagi kamu untuk mendapatkan udara segar, sinar matahari dan kesempatan untuk bermeditasi.

Telah banyak penelitian yang menunjukkan bahwa alam memiliki dampak positif bagi kesehatan mental. Beristirahatlah sejenak dari kesibukan sehari-hari dan cobalah untuk bersahabat dengan alam sehingga hal tersebut dapat mengurangi emosi negatif dan memperbaiki suasana hati. Dikutip dari Life Hack, beberapa menit dia berada di luar dapat meningkatkan dopamin dan menurunkan produksi hormon stres kortisol.

3. Meditasi

Meditasi untuk meningkatkan dopamin/ Foto: Freepik.com
Meditasi untuk meningkatkan dopamin/ Foto: Freepik.com

Meditasi bisa menjadi proses yang tepat untuk menyatu dengan diri sendiri. Meditasi membantu mencerminkan pikiran dan membiarkan tubuh lebih rileks. Ada banyak cara meditasi yang bisa dilakukan baik itu dengan berdiri duduk atau bahkan berjalan.

Studi menunjukkan bahwa peserta yang bermeditasi selama 1 jam mengalami peningkatan dopamin sebanyak 65 persen.

4. Mengonsumsi Makanan Kaya Protein

Makanan kaya protein/ Foto: Freepik.com
Makanan kaya protein/ Foto: Freepik.com

Asam amino ini bisa ditemukan dalam makanan seperti telur, keledai, daging sapi, kacang-kacangan dan susu. Penelitian menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya protein dapat meningkatkan jumlah dopamin yang diproduksi oleh tubuh.

Jika kamu memiliki pola makan yang tidak mengandung protein kamu dapat menghabiskan suplai dopamin. Dengan begitu sangat disarankan untuk mencukupi asupan protein setiap harinya supaya tubuh menjadi lebih baik dalam memproduksi dopamin.

5. Beristirahat

Beristirahat untuk meningkatkan dopamin/ Foto: Freepik.com
Beristirahat untuk meningkatkan dopamin/ Foto: Freepik.com

Nah satu hal yang tidak boleh dilupakan untuk meningkatkan dopamin dan juga dari mental adalah beristirahat. Istirahat dalam artian di sini bisa didapatkan lewat berbagai hal termasuk tidur.

Orang dewasa yang sehat direkomendasikan untuk tidur sekitar 8 jam setiap malam. Ketika kamu mempunyai jumlah jam istirahat yang tepat maka kamu akan bangun dengan pikiran yang lebih fokus dan tajam.

Hal ini juga bukan sekadar isapan jempol semata karena dikutip dari Life Hack, studi menunjukkan bahwa ketika kamu pertama kali bangun setelah tidur malam yang nyenyak, kadar dopamin berada pada level tertinggi.

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id