STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600

Cancel Culture Hingga Menghasilkan Karya Mendunia, Ini 7 Budaya yang Berkembang di Industri Hiburan Korea Selatan

Della Oktivia Armitha | Beautynesia
Rabu, 10 Aug 2022 14:00 WIB
Cancel Culture Hingga Menghasilkan Karya Mendunia, Ini 7 Budaya yang Berkembang di Industri Hiburan Korea Selatan

Korea memiliki industri hiburan yang sangat berkembang pesat. Mulai dari film, drama, hingga musiknya yang sering dikenal dengan istilah K-Pop, semuanya dengan cepat diterima oleh masyarakat diberbagai belahan dunia.

Bukan tanpa alasan, negeri ginseng tersebut memang dikenal sebagai Negara yang kreatif, nih, Beauties. Mereka memiliki budaya yang kompetitif dan selalu optimal dalam mengerjakan sesuatu.

Jadi, tidak heran jika industri hiburan mereka selalu menghasilkan karya yang mengagumkan. Kira-kira apa saja, ya, Beauties, culture yang berkembang dibalik industri hiburan Korea Selatan? Simak informasinya berikut ini, ya.

Budaya Training Idol K-Pop

Korea memiliki budaya training untuk calon idol K-Pop mereka.
Ilustrasi training idol K-Pop/Foto: soompi.com

Jika sedang berbicara tentang idol K-Pop, sepertinya tidak bisa dilepaskan dari proses training yang mereka jalani. Sebelum resmi debut dalam sebuah grup, idol K-Pop akan menjalani pelatihan selama beberapa tahun.

Mereka akan mengikuti kelas menari, vokal, bahkan kelas bahasa juga, lho, Beauties. Jenis latihan serta kelas yang mereka ikuti bisa berbeda-beda, tergantung dari kebijakan agensi yang menjadi tempat mereka berlatih.

KEP1ER menjadi idol K-Pop yang berasal dari ajang survival di MNet tahun 2021 lalu.
Girls planet 999 adalah salah satu ajang survival untuk idol K-Pop/Foto: sompi.com

Tidak jarang pula, para trainee idol ini juga ikut dalam ajang pencarian bakat. Mereka akan bersaing dengan trainee dari berbagai agensi untuk debut dalam sebuah grup.

Dan hanya peserta dengan peringkat teratas yang dapat debut sebagai idol, sedangkan peserta yang gagal akan kembali menjalani masa training, hingga dipersiapkan debut dalam grup yang disiapkan agensi.

Acara Musik Mingguan

Inkigayo adalah acara musik mingguan yang tayang di Korea.
Korea juga memiliki acara musik mingguan yang menjadi tempat para musisi promosi lagu terbaru/Foto: filmdaily.co

Jika sudah berhasil debut, idol K-Pop akan melakukan promosi diberbagai acara musik. Korea sendiri memiliki berbagai saluran TV yang menyiarkan acara musik mingguan. Setiap akhir pekan, berbagai K-Pop grup akan mempromosikan lagu terbaru mereka melalui acara musik tersebut.

Piala penghargaan sertiap minggu untuk musisi yang berhasil menempati posisi 1 chart musik mingguan.
K-Pop grup yang berhasil menduduki puncak chart akan diberi piala penghargaan/Foto: soompi.com

Tidak hanya datang untuk promosi, idol K-Pop juga hadir untuk memperebutkan posisi pertama dalam chart musik mingguan. Mereka yang berhasil menempati posisi pertama, akan diberikan piala penghargaan, nih, Beauties.

Para penggemar juga bisa menjadi bagian dari keberhasilan para idol-nya, sebab mereka dapat melakukan voting untuk mendukung idol mereka yang sedang promosi di minggu tersebut.

Beberapa acara musik mingguan ini diantaranya, M!Countdown, Music Bank, Show!Music Core, serta Inkigayo, yang berturut-turut tayang mulai Jum’at hingga Minggu.

Merchandise Grup K-Pop 

Korea memiliki budaya industri hiburan yang menarik, salah satunya merchandise K-Pop.
Lightstick menjadi salah satu merchandise yang dikoleksi penggemar/Foto: instagram.com/nct_dream

Idol K-Pop tidak akan lengkap tanpa kehadiran para fans, begitu juga fans yang tidak akan lengkap tanpa kehadiran idol-nya. Mereka akan saling melengkapi dan menghargai.

Salah satu cara fans menghargai idol mereka adalah membeli berbagai merchandise, yang berhubungan dengan K-Pop grup yang mereka dukung.

Agensi hiburan korea memiliki budaya untuk memproduksi merchandise yang berhubungan dengan artis mereka.
Photocard, merchandise lain yang dikoleksi pengemar/Foto:instagram.com/smtownandstore

Selain memproduksi album fisik, agensi hiburan Korea seakan berlomba-lomba untuk memproduksi merchandise juga, Beauties. Tidak jarang pula, beberapa idol K-Pop berkolaborasi dengan brand tertentu dan mengeluarkan berbagai merchandise.

Light stick, poster, photo card, gantungan kunci, cup holder, hingga masker, menjadi beberapa barang incaran para penggemar untuk dijadikan koleksi. Tidak hanya idol, para penggemar aktor dan aktris, tidak sedikit pula mengoleksi merchandise yang menampilkan artis kesayangan mereka.

Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE