sign up SIGN UP

Tanda Sudah Melek Finansial, Kamu Banget Atau Belum Nih?

Fina Prichilia | Beautynesia
Rabu, 10 Aug 2022 18:30 WIB
Tanda Sudah Melek Finansial, Kamu Banget Atau Belum Nih?
caption
Jakarta -

Kata melek finansial belakangan sering disebut-sebut, Beauties. Lantas, apakah kamu termasuk?

Melek finansial berarti punya pengetahuan dan kemampuan dalam mengatur keuangannya dengan baik, Beauties. Sehingga orang yang melek finansial dapat membuat keputusan terkait keuangan yang bertanggung jawab karena sudah punya perhitungannya. Demikian dikutip dari Investopedia.

Hal tersebut atau literasi keuangan meliputi pelunasan utang, membuat anggaran, serta mengerti perbedaan dari banyaknya instrumen keuangan yang ada. Bisa itu saham, bonds, ETF, serta rencana investasi.

Kenapa Melek Keuangan Menjadi Penting?

Cara Menghitung dan Menyisihkan Uang untuk Dana DaruratMelek keuangan menjadi penting/ Foto: Freepik.com

Dengan melek keuangan, seseorang jadi berpotensi bisa mengendalikan diri, Beauties. Sebagai contoh, dengan penghasilan Rp7 juta, maka kamu jadi harus mengatur pengeluaran harian dengan bijak serta menyadari tidak bisa punya pengeluaran lebih dari angka tersebut untuk menghindari utang.

Kemudian dengan manajemen keuangan yang baik, orang tersebut punya perhitungan dalam menempatkan hal-hal yang penting terlebih dulu karena berdampak besar ke depannya. Seperti anggaran buat membeli rumah, menyiapkan dana pendidikan anak, serta dana untuk masa pensiun nanti.

Sebaliknya, kurangnya pengetahuan seputar finansial, dampaknya bisa memengaruhi ekonomi, bahkan dalam skala yang 'serius'. Ya, tanpa adanya pengetahuan seputar literasi keuangan dan praktiknya, yang berisiko terjadi yaitu tidak memiliki dana-dana penting tersebut, risiko kebangkrutan pun bisa tak terhindarkan.

mengatur keuangan/foto: pexels.com/bich-tranMengatur keuangan/foto: pexels.com/bich-tran/

Mengutip Investopedia, menjadi melek finansial memang tidak mudah, tetapi jika dikuasai, bisa sangat meringankan beban hidup. Sehingga bila disimpulkan, tanda kamu sudah melek keuangan yakni kamu membuat anggaran pengeluaran dan disiplin menerapkannya, punya tujuan keuangan (bisa dalam jangka pendek dan panjang), juga tidak mudah berutang untuk memenuhi keinginan semata.

---

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fip/fip)

Our Sister Site

mommyasia.id