sign up SIGN UP

Nggak Banyak Dilakukan, Ini 4 Manfaat Penting dari Kebiasaan Mencatat Pengeluaran Harian

Zulfa Farhuna | Beautynesia
Selasa, 02 Aug 2022 22:00 WIB
Nggak Banyak Dilakukan, Ini 4 Manfaat Penting dari Kebiasaan Mencatat Pengeluaran Harian
Manfaat Penting dari Kebiasaan Mencatat Pengeluaran Harian/Foto: Freepik.com/tirachardz

Saat gajian, setiap orang pasti sudah punya target pengeluaran bulanan masing-masing. Mulai dari bayar hutang, belanja kebutuhan sehari-hari, hingga membayar biaya air dan listrik.

Bahkan tanpa sadar, biasanya uang tersebut habis begitu saja. Kalau sudah begini, salah siapa? Nah, ada baiknya untuk mencatat apa yang dibeli biar tidak bingung di kemudian hari.

Bagi sebagian orang, mencatat segala hal yang dibelanjakan cenderung menyusahkan. Pasalnya, ia harus menyisihkan waktunya untuk mengingat kembali apa yang dibeli dan mencatat setiap detailnya dalam catatan khusus. Tapi, nyatanya ada banyak manfaat yang bisa didapatkan jika kita mencatat setiap uang masuk dan keluar.

Apa saja manfaatnya? Simak di bawah ini!

1. Tracking Kebutuhan

tracking kebutuhan harian sangat perlu
tracking kebutuhan harian/foto: unsplash.com/nick-morrison

Semua orang memiliki kebutuhannya masing-masing. Setelah gajian, mereka pasti sudah mendata kebutuhan pokok apa saja yang harus dibeli. Dengan pencatatan pengeluaran harian yang teratur dan lengkap, kita akan dengan mudah mendata ulang kebutuhan apa saja yang sekiranya perlu ditambah atau dikurangi untuk bulan berikutnya.

2. Meminimalisir Pengeluaran

Keuangan jadi lebih stabil/ Foto: unsplash.com/Towfiqu BarbhuiyaKeuangan/ Foto: unsplash.com/Towfiqu Barbhuiya

Dalam setiap rumah tangga, pasti ada yang namanya pengeluaran. Entah pengeluaran pokok ataupun sekunder.

Sebenarnya, adanya pencatatan pengeluaran harian bisa membantu meminimalisir terjadi pengeluaran. Terkadang bisa saja kita membeli barang bukan karena butuh melainkan hanya keinginan sesaat saja tanpa ada manfaat sama sekali.

3. Bijak dalam Mengelola Keuangan

pengelolaan uang yang baik menggambarkan kepribadian matang dari seseorang
mengelola uang/foto: pexels.com/bich-tran

Seorang dianggap bijak dalam hal finansial, saat mereka tau cara mengatur keuangan kas masuk dan keluar. Salah satunya adalah dengan mencatat semuanya dalam catatan harian khusus.

Sehingga, ia tidak akan dengan mudah membelanjakan uang untuk hal sepele. Melainkan, benar digunakan untuk kebutuhan atau diinvestasikan sebagai tabungan masa depan.

4. Bentuk Disiplin Keuangan

menabung masuk ke dalam bentuk disiplin keuangan
menabung/foto: pexels.com/alesia-kozik

Selain bisa menghemat uang, pencatatan pengeluaran harianmu juga bisa membantumu agar lebih menghargai uang, bijak dalam berbelanja, lebih percaya diri, hingga melek akan finansial dalam kehidupan sehari-hari. Hal-hal tersebut lah yang dinamakan dengan bentuk disiplin keuangan. Dengan begitu, ia tak perlu khawatir lagi uangnya akan raib begitu saja.

Menariknya, semua kalangan bisa melakukan pencatatan pengeluaran harian mereka untuk mengontrol laju uang yang didapat. Sehingga, tidak ada lagi kata tidak untuk finansial yang lebih baik. Selamat mencoba, B

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

eauties!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id