STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Mantan Setelah Bercerai

Rumaysha Milhania | Beautynesia
Kamis, 11 Mar 2021 18:00 WIB
Cara Menjaga Hubungan Baik dengan Mantan Setelah Bercerai

Tidak ada yang mengharapkan perpisahan dalam sebuah pernikahan. Namun, dalam beberapa kasus, perceraian memang menjadi satu-satunya cara untuk menjaga semua tetap berada dalam kondisi yang terbaik.

Sayangnya, solusi ini kerap kali meninggalkan luka dan hubungan yang terputus akibat ego yang besar dari kedua belah pihak. Padahal, bukan tidak mungkin jika pasangan yang bercerai dapat menjalin hubungan pertemanan yang baik. Apalagi jika dalam pernikahan tersebut mereka sudah dikaruniai buah hati.

Tidak ada yang mengharapkan perpisahan dalam sebuah pernikahan. Namun, dalam beberapa kasus, perceraian memang menjadi satu-satunya cara untuk menjaga semua tetap berada dalam kondisi yang terbaik.
Perceraian/ Sumber: Freepik.com

Nah, berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga hubungan baik dengan mantan setelah bercerai:

1. Selesaikan Masalah dan Redamkan Ego Sebelum Ketuk Palu

Jika kamu dan pasangan sudah bulat untuk bercerai, pastikan kamu berdua sudah menyelesaikan masalah dan meredamkan ego sebelum mengajukan perceraian ke pengadilan. Ini dapat membantu membuat suasana setelah perceraian menjadi lebih terkendali. Kamu dapat meluapkan semua emosi dan saling meminta maaf sebelum akhirnya benar-benar berpisah.

2. Lupakan Masa Lalu dan Pikirkan Masa Depan

Jika perceraian sudah diputuskan, kamu harus segera melupakan masa lalu dan fokus dengan masa depan. Jangan lagi mengungkit kesalahan pasanganmu di masa lalu. Ketahui bahwa perceraian ini adalah kesepakatan bersama. Jangan sampai perceraian ini menjadi semakin menyakitkan jika kamu harus memutus silaturahim dengan keluarga besar.

Selalu ingat dan pahami bahwa kamu dan mantanmu pernah melalui masa bahagia. Itu semua merupakan anugerah yang harus disyukuri.
Setelah Perceraian/ Sumber: Freepik.com

3. Ingat Kalian Pernah Bahagia dan Tidak Ada yang Perlu Disesalkan

Selalu ingat dan pahami bahwa kamu dan mantanmu pernah melalui masa bahagia. Itu semua merupakan anugerah yang harus disyukuri. Perpisahan ini pun merupakan bagian dari proses pengembangan diri kamu dan pasangan. Dengan kata lain, tidak boleh ada satupun hal yang disesalkan dari hubungan kalian di masa lalu dan perpisahan.

4. Fokus Pada Anak

Kita semua tahu, mempertahankan rumah tangga yang toxic tidak akan baik untuk tumbuh kembang anak. Namun, bersatu dengan mantan setelah bercerai untuk memberikan perhatian dan kasih sayang yang penuh pada anak dapat membuat anak besar dengan kasih sayang, toleransi, dan kemampuan pengendalian ego yang baik. Ingat, kalian mungkin tidak lagi ada hubungan secara kertas, tetapi kalian memiliki hubungan dari buah hati kalian yang membutuhkan ayah dan ibunya.

Ingat, kalian mungkin tidak lagi ada hubungan secara kertas, tetapi kalian memiliki hubungan dari buah hati kalian yang membutuhkan ayah dan ibunya.
Akur setelah bercerai/ Sumber: Freepik.com

Jadi, akur dengan mantan setelah bercerai bukan hal yang mustahil, bukan?

(arm2/arm2)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE