sign up SIGN UP

Cara Menjalani Frugal Living untuk Mengatur Keuangan, Bikin Tenang dan Bahagia Masa Tua!

Iftifani Sayyida Asausan | Beautynesia
Kamis, 09 Jun 2022 20:00 WIB
Cara Menjalani Frugal Living untuk Mengatur Keuangan, Bikin Tenang dan Bahagia Masa Tua!
caption

Beauties, apakah kamu sudah familiar dengan frugal living? Frugal living berarti sadar atas pengeluaran dan berfokus kepada prioritas. Seseorang yang memilih frugal living sebagai gaya hidup akan mengatur keuangan mereka untuk mencapai suatu tujuan.

Frugal living bukan berarti mengurangi semua pengeluaran untuk menghemat. Dikutip dari Wealth Simple, frugal living bukan berarti mengurangi pengeluaran untuk hidup hemat. Tetapi juga bisa berarti menghabiskan uang untuk membeli waktu demi diri sendiri sesuai dengan prioritasmu.

Seseorang yang sudah bertekad menjalankan frugal living akan berusaha menciptakan rasa puas dengan apa yang dimilikinya. Hal sederhana ini akan sangat membantu untuk mengurangi pengeluarannya.

Berikut cara untuk menjalankan frugal living beserta contoh dan penjelasannya. Simak selengkapnya ya, Beauties!

Membuat Anggaran dan Daftar Prioritas

Cara Menjalani Frugal Living Untuk Mengatur Keuangan
Membuat daftar anggaran/Foto: pexels.com/Karina Grabowska

Membuat anggaran dan daftar prioritas merupakan langkah pertama untuk menjalankan frugal living. Rencana yang dibuat ini bisa terkait dengan barang yang ingin kamu beli, uang yang kamu miliki, atau waktu yang akan dihabiskan untuk hal-hal tertentu. Ketika menjalankan frugal living, kamu akan membuat anggaran pengeluaran berdasarkan prioritas.

Inilah contoh hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat anggaran untuk pengeluaranmu.

1. Memilih Barang dengan Harga yang Mampu Dibeli

Sekarang ini banyak sekali iklan penawaran yang menggiurkan, mulai dari potongan harga hingga tersedia pembayaran dengan cicilan. Ketika berencana untuk membeli sesuatu, sebaiknya kamu mempertimbangan harga yang bisa kamu beli tanpa memberatkanmu di kemudian hari.

2. Mengatur Tabungan dan Investasi Secara Otomatis

Sebelum mengalokasikan uangmu untuk pengeluaran, kamu bisa mengatur sistem otomatis untuk memotong uangmu untuk dimasukkan ke rekening tabungan atau investasi. Hal ini akan membantumu agar kamu tidak lupa dan juga menghemat waktu. Tidak hanya tabungan atau investasi, kamu juga bisa menerapkan sistem ini untuk membayar tagihan.

3. Mengevaluasi Biaya Langganan

Rekomendasi Film NetflixNonton Netflix/ Foto: Freepik.com

Apabila kamu memiliki lebih dari dua langganan aplikasi untuk streaming film dan musik, mungkin kamu perlu melakukan evaluasi. Pilihlah langganan yang paling cocok denganmu dan yang akan sering kamu gunakan. Maka kamu malah bisa lebih enjoy untuk menonton film di aplikasi tersebut.

4. Membuat Meal Plan

Makanan merupakan salah satu pengeluaran yang membutuhkan biaya besar. Apabila kamu punya cukup waktu, kamu bisa memasak makananmu sendiri.

Buatlah meal plan yang mudah dibuat dan gunakan bahan makanan yang kamu punya secara maksimal. Kamu juga bisa melakukan grocery shopping misalnya satu kali seminggu dan lihat perbedaan jumlah pengeluaranmu.

Mendahulukan Value dari Sebuah Barang

Cara Menjalani Frugal Living Untuk Mengatur Keuangan
Memperhatikan value barang/Foto: pexels.com/Ivan Samkov

Selama membuat daftar prioritas, kamu juga bisa mempertimbangkan value barang atau apapun yang kamu inginkan itu. Frugal living ini bertujuan untuk mengeluarkan uang dengan bijak dan cerdas, bukan sekadar berhemat. Kamu tidak perlu merasa bersalah jika membeli barang yang menurutmu mahal jika fungsinya jauh lebih menguntungkan.

Contohnya ketika kamu ingin memasak sendiri berdasarkan meal plan, ingin makan sehat dengan mengurangi minyak, dan tidak punya banyak waktu, kamu bisa berinvestasi dengan membeli air fryer. Air fryer akan memudahkanmu menyiapkan makanan karena memiliki pengaturan waktu dan antiribet.

Bagaimana Beauties, apa kamu tertarik dengan gaya hidup frugal living?

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id