BUZZ CORNER

Dari Hobi hingga Sukses Kolaborasi dengan Brand Parfum, Ini Sosok Content Creator Inspiratif Kana Az-Zahra

Nadya Quamila | Beautynesia
Kamis, 24 Nov 2022 09:30 WIB
Kolaborasi dengan Brand Parfum Lokal, Langsung Sold Out!
Kana Az-Zahra/Foto: Instagram/kanazhra

Profesi content creator di era digital saat ini semakin marak bermunculan. Berbagai konten kreatif di segala bidang, mulai dari fashion, beauty, kesehatan, hingga edukasi pun mewarnai media sosial.

Sebagian orang mungkin tergiur menjadi content creator karena cuan yang bisa dihasilkan. Namun lebih dari itu, menjadi seorang content creator berarti mampu mengembangkan passion yang dimiliki, beraktivitas dengan hal-hal yang menjadi kesukaan, serta jadi wadah untuk aktualisasi diri.

Namun, menjadi content creator bukan perkara hanya senang dan hobi membuat konten saja, Beauties. Di balik prosesnya, ada ketekunan, kegigihan, dan manajemen waktu yang harus diperhatikan. 

Kali ini, Beautynesia ingin mengajak kamu kenalan dengan salah satu content creator muda inspiratif asal Bandung, Kana Az-Zahra. Tidak hanya fokus di satu bidang, Kana membagikan berbagai jenis konten di media sosialnya, mulai dari fashion, beauty, journaling, hingga self development.

Yuk, kenalan dengan sosok Kana Az-Zahra dan perjalanannya menjadi seorang content creator!

Awal Mula Menjadi Content Creator

Kana Az ZahraKana Az Zahra/ Foto: Instagram/kanazhra

Kana mengaku membuat konten sudah menjadi hobinya sejak duduk di bangku SD. Kala itu, platform media sosial Tumblr sedang booming, dan Instagram baru saja muncul. Ketertarikannya bermula ketika ia gemar mengambil foto 'aesthetic' yang kemudian ia unggah di media sosial.

"Terus pas awal kuliah aku iseng bikin video-video YouTube tentang mix & match baju karena pada saat itu aku lagi suka nontonin fashion YouTuber kayak Jenn Im dan ToThe9s, jadi terinspirasi untuk bikin channel YouTube sendiri, ditambah aku tuh suka banget ngedit video. Dari situ mulai growing followersku di Instagram dan Youtube," ungkapnya kepada Beautynesia, Selasa (22/11).

Konsisten membuat konten, Kana pun mulai mendapatkan tawaran kerja sama dari berbagai brand untuk endorsement. Ketika pandemi COVID-19 melanda dunia, Kana pun semakin memantapkan hatinya menjadi seorang content creator.

"Makin seriusnya, sih, pas awal pandemi, aku rajin main TikTok karena bosen juga di rumah, dan akhirnya bisa sampe di titik sekarang," imbuhnya.

Kana mengaku salah satu alasannya menjadi content creator adalah karena ia memiliki ketertarikan yang besar dengan hal-hal yang memerlukan proses kreativitas, dan membuat konten adalah salah satunya.

Jenis Konten yang Dibagikan dan Cara Membagi Waktu

Bisa dibilang, semua orang sekarang bisa menjadi influencer ataupun content creator. Namun, membuat konten tidak hanya sekadar dengan tujuan membagikannya tanpa tujuan, Beauties. Seorang content creator harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang ia bagikan, dan apakah bisa berdampak positif bagi orang lain. Prinsip tersebut pula lah yang dipegang kuat oleh Kana. 

"Aku bener-bener share aja apa yang aku suka dan lagi aku alamin. Jadi konten aku emang nggak fokus di satu topik aja. Aku juga share yang menurut aku, aku capable untuk itu, biar nggak misinformasi dan kalo ada sesuatu terjadi, aku masih bisa mempertanggungjawabkannya juga," paparnya.

[Gambas:Instagram]

Tidak hanya sebagai content creator, rupanya Kana juga sedang merintis sebuah bisnis. Lantas, bagaimana cara Kana dalam membagi waktu?

"Aku lagi ngerintis bisnis juga sebenarnya. Cara bagi waktunya, aku tiap awal bulan bikin monthly plan, terus tiap hari Minggu juga bikin weekly plan, dan tiap hari pasti bikin to-do list. Aku tiap minggu selalu membuat plan satu sampai tiga hari full khusus untuk bikin konten. Sisanya hari-hari yang lebih santai, misalnya ngedit konten di rumah, ngurusin bisnis, bahkan jadi punya waktu untuk pergi-pergi sama teman juga," ungkapnya.

Kolaborasi dengan Brand Parfum Lokal, Langsung Sold Out!

Kana Az-Zahra, Content Creator Muda Inspiratif Asal Bandung

Kana Az-Zahra/Foto: Instagram/kanazhra

Kolaborasi dengan Brand Parfum Lokal, Langsung Sold Out!

Baru-baru ini, Kana berkolaborasi dengan brand parfum lokal, The Next Door Neighbor. Menariknya, nih, Beauties, parfum tersebut langsung sold out dalam hitungan menit dan sudah restock berkali-kali!

"Awalnya aku diapproach sama team The Next Door Neighbor untuk collab itu di bulan Agustus, masuk sample pertama di awal bulan September, dan akhirnya mulai produksi itu di akhir September. Tergolong cepet sih prosesnya, tapi itu berkali-kali revisi dan dikirim ulang terus sample parfumnya sampai aku bener-bener suka," tutur Kana.

Kana Az ZahraKana Az Zahra/ Foto: Instagram/kanazhra

Dalam prosesnya, Kana mengaku sempat mengalami kesulitan. Namun akhirnya, ia berhasil mendapatkan wangi parfum yang diinginkan.

"Karena ternyata parfum tuh susah juga ya bikinnya, beda takaran sedikit aja langsung berubah wanginya. Tapi akhirnya dapet juga wangi yang menurutku menggambarkan aku banget, jadi untuk share ke temen-temen instagramnya juga jadi lebih mudah," lanjutnya.

Kunci Sukses ala Kana: Punya Growth Mindset

Salah satu tema konten yang sering dibagikan Kana di media sosialnya adalah soal self improvement. Ia rutin membagikan kalimat afirmasi positif untuk para followersnya.

Di tengah dunia yang serba cepat saat ini, salah satu hal yang menjadi permasalahan anak muda adalah tekanan dan tuntutan dari masyarakat di berbagai aspek kehidupan. Sebut saja mulai dari karier, keuangan, hingga urusan percintaan. Tak heran jika anak muda sekarang lebih rentan terserang rasa cemas dan ketakutan akan masa depan.

[Gambas:Instagram]

"Zaman sekarang tuh makin banyak dan mudah informasi yang bisa kita dapatkan, contohnya dalam 30 menit kita scroll tiktok, banyak banget informasi yang kita terima. Terus juga makin mudah untuk tahu ada apa di dunia ini, untuk tahu keadaan orang lain, kayak misalnya lewat InstaStory kita bisa tahu temen kita lagi apa. Jadi menurutku makin gampang untuk membandingkan diri dengan orang lain dan mudah overthinking," tutur Kana.

"Ditambah dengan keadaan dunia yang kayaknya tiap hari semakin memburuk, anak muda zaman sekarang itu lebih mudah merasa anxious atau khawatir," lanjutnya.

Menurut Kana, dengan memiliki growth mindset adalah salah satu kunci penting untuk bisa mengatasi keresahan tersebut. Growth mindset, menurut Kana, bisa mengubah cara pandang dari pesimis menjadi optimis.

"Punya growth mindset menurutku itu penting banget. Kita bisa mengubah cara pandang kita dari yang tadinya pesimis menjadi optimis. Aku tuh sering banget share ini di Instagram: ubah rasa takut jadi excited! Itu salah satu contoh growth mindset. Ada satu quotes dari Charles Swindoll, "Life is 10% what happens to you and 90% how you react”," ungkapnya.

Tips Menjadi Content Creator

Kana membagikan tips menjadi content creator, dan menurutnya sikap yang paling penting untuk dimiliki adalah percaya diri.

"Yang pertama, pede! Nggak usah takut dan khawatir diomongin sama orang-orang sekitar, karena semakin kamu growing semakin mereka nggak peduli, dan bahkan malah nantinya bisa bantu temen-temen kamu untuk promosiin bisnis mereka," ujarnya.

Lalu yang kedua, konsisten. Terkadang, content creator pemula berhenti di tengah jalan ketika melihat kontennya tidak viral atau tidak mencapai target yang diharapkan. Namun, Kana menyarankan agar tetap konsisten dan jangan menyerah membuat konten yang berkualitas.

[Gambas:Instagram]

"Yang kedua, konsisten. Mau masuk FYP atau nggak, mau algoritma lagi jelek ataupun bagus, konsisten aja untuk posting konten yang berkualitas," tuturnya.

Last but not least, Kana juga menyarankan untuk mencari hal unik dari diri agar bisa stand out di tengah content creator lainnya.

"Yang ketiga, akhir-akhir ini makin banyak orang yang jadi content creator, jadi kamu harus punya sesuatu yang membedakan kamu dari yang lain untuk stand out. Entah dari cara berpakaian, gaya bicara, cara kamu edit konten kamu, ataupun topik yang kamu bawa memang spesifik banget dan unik. Yang keempat, selalu inget bahwa it takes time! Jadi content creator yang “sukses” itu ga mudah dan ga cepet, sebuah journey yang harus kamu jalani dengan enjoy aja. Semangaat!" tutup Kana.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.