sign up SIGN UP

Daripada Menyimpan Dendam, Coba Terapkan 5 Tips Ini untuk Belajar Memaafkan Orang yang Sudah Menyakitimu

Aqida Widya | Jumat, 14 Jan 2022 08:45 WIB
Daripada Menyimpan Dendam, Coba Terapkan 5 Tips Ini untuk Belajar Memaafkan Orang yang Sudah Menyakitimu
Susah memaafkan orang lain? Terapkan lima tips berikut ini biar hati terasa plong. (Foto: pexels.com/Elina Fairytale)
Jakarta -

Terkadang memaafkan orang yang sudah menyakiti hati kita lebih sulit dilakukan dan tak jarang justru menjadi dendam di hati. Namun, bukan berarti hal itu nggak bisa dilakukan. Apalagi memaafkan kesalahan orang lain nggak hanya bermanfaat untuk mental, tapi juga kesehatan kita. 

Ingin tahu bagaimana cara ikhlas memaafkan orang lain yang sudah menyakiti hatimu? Mengutip dari Health Line, coba, deh, terapkan lima tips berikut ini. 

Utarakan Apa yang Kamu Rasakan

Coba untuk utarakan perasaanmu
Dendam/Foto: pexels.com/Mental Health America

Tanpa disadari, ucapan, tindakan, maupun perlakuan seseorang terkadang bisa menyakiti perasaan orang lain. Apabila kamu pernah merasakannya, cara terbaik untuk memaafkan orang tersebut adalah dengan mengutarakan apa yang kamu rasakan kepada orang tersebut. 

Dengan begitu, kamu akan merasa lebih lega. Memang cara ini nggak mudah untuk dilakukan, tapi daripada menyimpan rasa sakit hati itu sebagai dendam, lebih baik diutarakan saja. Ya, siapa tahu ini bisa menyadarkan dan membuat yang bersangkutan mau mengubah ucapan, tindakan, atau perlakuannya yang menyakiti perasaan orang lain.  

Stop Pikiran Balas Dendam

berhenti dan menjauhi pikiran untuk melakukan balas dendam
Memaafkan orang lain/Foto: pexels.com/Elina Fairytale

Ketika sakit hati, keinginan untuk balas dendam biasanya akan lebih besar. Namun, hal tersebut hanya akan memberikan rasa puas saja dan nggak menyembuhkan luka serta amarah yang kamu rasakan. 

Untuk meredakan keinginan untuk balas dendam ini, pastikan kamu berhenti dan menjauhi pikiran untuk melakukan balas dendam. Sebab, berpikir untuk balas dendam hanya akan membuat kamu sulit memaafkan orang tersebut. 

Mulai dengan Memaafkan Kesalahan Kecil

cobalah untuk memaafkan kesalahan-kesalahan kecilnya
Sakit hati/Foto: pexels.com/ Mental Health America

Jika kesalahan yang diperbuat terlalu banyak, cobalah untuk memaafkan kesalahan-kesalahan kecilnya dulu. Anggaplah ini sebagai latihan agar bisa memaafkan kesalahan besar orang lain yang telah menyakiti kamu.

Move On

Cobalah untuk melupakan masalah tersebut
Move on/Foto: pexels.com/Nicole Michalou

Meskipun sudah memaafkan, mungkin kamu masih belum bisa melupakan kesalahan yang sudah dilakukan orang tersebut. Nggak perlu khawatir, hal itu wajar terjadi, kok. Namun, jangan menjadikannya sebagai hambatan kamu untuk melangkah maju. 

Berusahalah untuk move on agar bisa memaafkan kesalahan orang tersebut sepenuhnya. Ketika sudah berhasil, hati kamu akan terasa lebih tenang dan damai. 

Maafkan Diri Sendiri

Maafkan diri sendiri dulu baru maafkan kesalahan orang lain
Maafkan diri sendiri/Foto: pexels.com/Hassan OUAJBIR

Sebelum memaafkan kesalahan orang lain, coba tanyakan dulu pada diri sendiri, sudahkah kamu memaafkan kesalahan dirimu sendiri? Atau masih sering menyalahkan diri sendiri? Kalau masih, bisa jadi self-compassion dan self-forgiveness kamu masih rendah sehingga  membuatmu sulit memaafkan kesalahan orang lain. 

Jadi, mulailah dengan memaafkan kesalahan diri sendiri dulu, sekecil apapun kesalahan itu. Selain itu, kamu juga harus ingat bahwa keputusan orang lain untuk menyakitimu bukanlah kesalahanmu.

Well, Beauties itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk belajar memaafkan kesalahan orang lain. Meskipun sulit, nggak ada salahnya dicoba daripada menyimpan dendam di hati.

[Gambas:Youtube]

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id