Kesehatan adalah aspek yang penting untuk diperhatikan dalam kehidupan semua orang. Demi menjaga kesehatan fisik dan mental, semua orang tentu harus menjalani kehidupan yang seimbang, baik dalam ranah personal maupun profesional.
Untuk memiliki hidup yang seimbang, seseorang harus mengetahui cara memberi batasan yang jelas saat bekerja. Dilansir dari Indeed, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memberi batasan yang jelas antara kehidupan karier maupun personal.
Mendelegasikan Tugas
Ilustrasi/Foto: Unsplash/Surface |
Kamu bisa mendelegasikan tugas jika diperlukan. Namun, kamu harus ingat bahwa selain harus mendapat izin dari atasan, kamu juga perlu mendapat persetujuan dari rekan kerja bahwa mereka mau membantumu atau mengambil alih tugasmu ketika kamu tidak bisa meluangkan waktu untuk mengerjakannya.
Mendelegasikan tugas seperti ini dapat membantumu fokus pada tugas lain yang lebih penting dan membuat pekerjaan harianmu berjalan dengan lancar. Langkah ini juga dapat membantumu menjaga agar beban kerjamu tetap dalam ambang batas wajar, tetapi tetap menunjukkan produktivitas.
Menetapkan Prioritas
Ilustrasi/Foto: Unsplash/Samsung UK |
Penting untuk memahami tugas yang menjadi beban kerjamu serta ambang batas jumlah tugas yang bisa kamu kerjakan dalam sehari. Memahami kedua aspek ini membuatmu bisa menetapkan batasan yang lebih baik menyangkut tugas kerjamu dan membantumu tetap produktif selama jam kerja.
Untuk memahami hal ini, kamu bisa mencoba menghitung waktu yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan tugas-tugasmu atau menghitung seberapa banyak tugas yang bisa kamu selesaikan dalam setiap hari kerja. Dengan melakukan langkah ini, kamu bisa menyeimbangkan kehidupan karier dan personal.