sign up SIGN UP

Indah dan Menawan, Deretan Wisata Indonesia Ini Diakui UNESCO! Yakin Nggak Mau Berkunjung?

Ghena Oktafira | Beautynesia
Jumat, 14 Jan 2022 07:15 WIB
Indah dan Menawan, Deretan Wisata Indonesia Ini Diakui UNESCO! Yakin Nggak Mau Berkunjung?
caption

Cantik serta sarat akan nilai sejarah dan kebudayaan. Mungkin itulah kata yang pantas untuk menggambarkan beberapa destinasi wisata di Indonesia berikut ini. Saking menariknya, bahkan tempat-tempat wisata tersebut pun turut diakui sebagai warisan budaya dunia oleh organisasi internasional UNESCO dan menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan yang datang dari dalam maupun luar negeri.

Mulai dari alam hingga bangunan, yuk cek beberapa rekomendasi wisata asal Indonesia yang diakui oleh UNESCO. Ada apa saja ya kira-kira?

Lanskap Budaya Subak

Jajaran wisata Indonesia yang diakui UNESCO
Lanskap Budaya Subak/Foto: Instagram.com/travellingkoffermann

Subak merupakan areal persawahan tradisional di Bali yang pengelolaannya didasarkan pada filosofi Tri Hita Karana. Filosofi ini terdiri dari tiga aspek yang wajib diikuti jika ingin hidup bahagia, yakni:

  1. Parahyangan (Hubungan harmonis manusia dengan Tuhan)
  2. Pawongan (Hubungan harmonis manusia dengan sesama)
  3. Palemahan (Hubungan harmonis manusia dengan alam)

Ketiga aspek ini lalu direfleksikan oleh masyarakat Bali ke dalam aktivitas pertaniannya yang diketahui sangat menjunjung tinggi pemujaan terhadap dewa, bekerja sama antar manusia dan memperhatikan kelestarian lingkungan. Tingginya nilai kebudayaan dalam sistem subak inilah yang membuat UNESCO pada tahun 2012 menetapkan Lanskap Budaya Subak sebagai situs warisan budaya dunia.

Luas wilayah situs ini mencapai 20 ribu hektar yang terdapat di lima kabupaten yakni Badung, Buleleng, Bangli, Gianyar dan Tabanan. Hamparan sawah hijau yang berundak-undak dipadukan dengan udara sejuk pasti akan membuatmu betah berlama-lama menghabiskan waktu di salah satu destinasi subak. Salah satu subak yang paling popular dan banyak dikunjungi berada di Jatiluwih, Tabanan.

Tambang Batu Bara Ombilin

Jajaran wisata Indonesia yang diakui UNESCO
Tambang Batu Bara Ombilin/Foto: Instagram.com/exploresawahlunto

Menjadi lokasi tambang pertama dan tertua di Indonesia, kawasan Tambang Batu Bara Ombilin di Sawahlunto, Sumatera Barat ini tentu sarat akan nilai sejarahnya. Tambang ini mulai beroperasi pada tahun 1891, dimana melalui aktivitas inilah masyarakat Sawahlunto mulai akrab dengan teknologi dan ilmu penambangan batu bara. Kota Sawahlunto yang tadinya hanyalah daerah terpencil disulap menjadi kawasan industri yang lumayan sibuk pada masanya.

Pada tahun 2019, kawasan Tambang Batu Bara Ombilin ini ditetapkan sebagai warisan budaya dunia UNESCO. Di sini, kamu bisa menambah pengetahuanmu dengan berjalan-jalan di dalam area tambang, menaiki kereta api Mak Itam dan melihat sisa-sisa aktivitas pertambangan tempo dulu. Uniknya, situs ini juga menjadi satu-satunya tambang bawah tanah yang ada di Indonesia, lho, Beauties!

Candi Borobudur

Jajaran wisata Indonesia yang diakui UNESCO
Candi Borobudur/Foto: Instagram.com/travelinindo

Kalau untuk situs bersejarah yang satu ini pasti sudah sangat familiar di telinga kan, Beauties? Candi yang merupakan tempat peribadatan pemeluk agama Buddha ini dibangun sekitar tahun 800 Masehi, tepatnya pada masa pemerintahan wangsa Syailendra dari Kerajaan Mataram Kuno. Salah satu keunikannya terletak pada arsitektur bangunan candi yang merefleksikan gambaran Buddhisme dalam mencapai nirwana. Bangunan candi terdiri dari 2.772 relief dengan 504 patung Buddha dan 72 stupa. Oleh karena itu, Borobudur pun dinobatkan menjadi monumen Buddha terbesar di dunia.

Berbagai fakta menarik di balik Candi Borobudur inilah yang akhirnya mendorong UNESCO menetapkan candi ini sebagai warisan budaya dunia pada tahun 1991. Untuk melihat kemegahan bangunannya maka kamu bisa langsung saja datang ke Kompleks Candi Borobudur di Jalan Badrawati, Magelang, Jawa Tengah.

Candi Prambanan

Jajaran wisata Indonesia yang diakui UNESCO
Candi Prambanan/Foto: Instagram.com/prambananpark

Situs Candi Prambanan merupakan peninggalan umat Hindu di Indonesia. Arsitektur bangunan Candi Prambanan ini menggambarkan kisah Ramayana yang menceritakan tentang ketiga dewa yang dipuja oleh umat Hindu yakni Dewa Siwa, Wisnu dan Brahma. Bangunan utama dalam kompleks Prambanan ialah Candi Siwa yang menjulang setinggi 47 meter. Eits, Candi Prambanan juga disebut-sebut sebagai candi Hindu tercantik di dunia, lho!

Sama seperti Borobudur, Candi Prambanan juga dijadikan warisan budaya dunia oleh UNESCO di tahun 1991. Kamu bisa mengunjungi Kompleks Candi Prambanan di Jalan Raya Jogja-Solo. Psst, menurut mitos yang berkembang, kalau nggak mau bermasalah dalam asmara, maka jangan ke sini bersama pasanganmu, ya!

Itulah beberapa destinasi wisata di Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Selain indah, tentu kamu juga akan memperoleh banyak pengetahuan baru saat berwisata ke situs-situs tersebut.

***

[Gambas:Youtube]

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id