STATIC BANNER
160x600
STATIC BANNER
160x600
BILLBOARD
970x250

Ini 7 Negara dengan Jumlah Populasi Perempuan Tertinggi di Dunia, Beauties Bisa Tebak?

Siti Kholifatun Nadiah | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 23:30 WIB
Ini 7 Negara dengan Jumlah Populasi Perempuan Tertinggi di Dunia, Beauties Bisa Tebak?

Beauties, pernahkah kamu bertanya-tanya tentang jumlah populasi di setiap negara? Mungkin tentang jumlah populasi tertinggi di dunia atau mungkin sekadar ingin mengetahui negara mana yang jumlah populasi perempuannya lebih tinggi?

Membicarakan jumlah populasi di suatu negara tentunya akan dihadapkan dengan data-data statistik. Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), diperkirakan pada Januari 2021 jumlah populasi yang ada di bumi sebanyak 7,8 miliar orang.

Saat ini pun jumlah populasi meningkat sekitar 90 juta setiap tahunnya di seluruh dunia. Namun, jika dilihat dari statistiknya, populasi perempuan lebih mendominasi dibandingkan dengan populasi pria. Menurut perkiraan PBB pada tahun 2019, jumlah populasi pria untuk setiap 100 perempuan di dunia adalah sebanyak  101,7 populasi. 

Lalu, kira-kira negara mana saja yang jumlah populasi perempuannya lebih tinggi di dunia? Penasaran, Beauties? Berikut 7 negara dengan jumlah populasi perempuan tertinggi di dunia. Yuk, intip!

Nepal

Ilustrasi perempuan Nepal
Ilustrasi perempuan Nepal/Foto: Pexels/Mehmet Turgut Kirkgoz

Nepal adalah negara yang terkenal dengan adanya Himalaya dan Gunung Everest. Negara yang terletak di kawasan pegunungan Himalaya di wilayah Asia Selatan itu ternyata memiliki jumlah populasi perempuan tertinggi nomor 1 di dunia berdasarkan data dari Bank Dunia. Persentase penduduk perempuan yang ada di Nepal adalah sebanyak 54,4 persen, yang artinya ada sekitar 15,6 juta perempuan dan 13 juta pria di Nepal.

Latvia

Latvia adalah sebuah negara di kawasan Baltik, Eropa Utara dengan bentuk negara kesatuan yang bercorak pemerintahan parlementer. Menurut beberapa sumber, negara yang masuk NATO dan Uni Eropa pada 2004 ini mencatat angka kematian pria yang tinggi. Inilah mengapa persentase penduduk perempuan di Latvia mencapai 54,0 persen atau sekitar 80 jumlah pria per 100 perempuan.

Ukraina

Ilustrasi perempuan Ukraina
Ilustrasi perempuan Ukraina/Foto: Freepik

Menjadi bagian negara Eropa yang terletak di Eropa Timur dan merupakan negara terbesar kedua di benua itu setelah Rusia, Ukraina mencatat persentase populasi perempuan sebanyak 53,7 persen. Yang mana artinya Ukraina hanya memiliki 72 pria untuk setiap 100 perempuan.

Rusia

Masih di benua Eropa, Rusia termasuk ke dalam negara penyumbang perempuan tertinggi di dunia. Menjadi negara terbesar dan menempati sepersepuluh dari semua daratan di bumi, Rusia mencatat persentase populasi perempuan yang sama dengan Ukraina, yaitu 53,7 persen populasi. 

El Salvador

Ilustrasi perempuan El Salvador
Ilustrasi perempuan El Salvador/Foto: Pexels/Roberto Zuniga

Beralih ke benua Amerika, ada El Salvador yang merupakan negara di Amerika Tengah. Sebagaimana yang dilansir dari CNBC Indonesia, negara El Salvador adalah negara terkecil dan terpadat dari tujuh negara di Amerika Tengah. Untuk persentase populasi perempuannya adalah sebanyak 53,2 persen dengan jumlah populasi sekitar 88 pria untuk setiap 100 perempuan.

Armenia

Pernahkah Beauties mendengar negara Armenia? Negara Armenia adalah negara pedalaman yang terletak di wilayah Kaukasus Selatan, Eurasia. Negara ini mencatat persentase populasi perempuan sebanyak 53 persen. 

Estonia

Estonia adalah negara berdaulat di kawasan Baltik di Eropa Utara. Estonia berbatasan dengan Teluk Finlandia di utara, dengan Laut Baltik di barat, dengan Latvia dan Teluk Riga di selatan, dan Danau Peipus dan Rusia di timur. Menurut data dari World Atlas, persentase populasi perempuan di Estonia adalah sebanyak 52,7 persen dari sekitar 1,3 juta jiwa.

Nah, Beauties, itulah tadi 7 negara dengan jumlah populasi perempuan tertinggi di dunia.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)
Komentar
0 Komentar TULIS KOMENTAR
Belum ada komentar.
Jadilah yang pertama memberikan komentar.

RELATED ARTICLE