sign up SIGN UP

JADI LEBIH BAIK

Jadi Lebih Percaya Diri, Ini 4 Tips untuk Melawan Insecure Berlebihan

Riswinanti Pawestri Permatasari | Beautynesia
Sabtu, 29 Jan 2022 23:00 WIB
Jadi Lebih Percaya Diri, Ini 4 Tips untuk Melawan Insecure Berlebihan
caption
Jakarta -

Untuk menjadi pribadi yang sukses dan bersinar, kepercayaan diri adalah salah satu kunci utama. Namun sayangnya, banyak orang yang bermasalah dengan perilaku insecure sehingga tidak cukup berani untuk menunjukkan kemampuan diri. Apakah kamu salah satunya, Beauties?

Sifat insecure sendiri sebenarnya adalah hal yang lumrah dan bisa dialami siapa saja dalam berbagai kondisi. Namun masalahnya, ada beberapa orang yang mengalaminya secara berlebihan sehingga menghambat langkah menuju kesuksesan. Nah, jika kamu sedang merasa insecure berlebih, berikut beberapa hal yang bisa kamu lakukan. Yuk, simak!

Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Ilustrasi Insecure/Foto: Pexels.com/ArtHouse Studio
Ilustrasi Insecure/Foto: Pexels.com/ArtHouse Studio

Umumnya, penyebab utama munculnya sikap insecure adalah terlalu membandingkan diri dengan orang lain. Kamu melihat orang lain terlihat sukses dan bersinar, sehingga lupa bahwa semua orang memiliki potensi yang berbeda. Terlebih dengan kecanggihan media sosial seperti sekarang, siapapun mudah mencari referensi dari orang lain, namun pada akhirnya hal itu justru membuatmu menetapkan standar terlalu tinggi pada diri sendiri.

Well, boleh saja menjadikan orang lain sebagai panutan untuk melangkah lebih maju. Namun ingatlah bahwa tidak ada hal yang sempurna di dunia ini. Idolamu pastinya juga punya kekurangan dan kamu mungkin kamu tak harus sukses dengan cara yang sama karena setiap orang punya jalannya masing-masing.

Menerima Kekurangan

Ilustrasi Insecure/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio
Ilustrasi percaya diri/Foto: Pexels.com/Andrea Piacquadio

Akibat lain dari terlalu banyak ‘melihat’ kehidupan orang lain adalah kamu tidak bisa mendengar suara hatimu sendiri. Setiap orang punya keterbatasan, namun jangan jadikan keterbatasan tersebut menghambatmu menggapai mimpi. Boleh saja mematok standar tinggi demi meraih sukses, tapi pahamilah dirimu juga. Jangan memaksa diri untuk meraih sesuatu yang sulit dengan mengorbankan hal-hal yang harusnya justru bisa menjadi sumber kebahagiaanmu.

Fokus pada Kelebihan

Ilustrasi Insecure/Foto: Pexels.com/Sebastian Voortman
Fokus pada kelebihan diri/Foto: Pexels.com/Sebastian Voortman

Menerima kekurangan diri akan membuat kita merasa lebih ikhlas dalam menjalani segala hal. Jika kamu sudah bisa merangkul kekurangan, sekarang saatnya untuk fokus pada kelebihan yang dimiliki. Coba gali potensi diri dan cari jalanmu untuk sukses. Ingat, Tuhan tidak menciptakan hamba-Nya dalam kondisi terpuruk, kecuali manusia itu sendiri yang tidak mampu beradaptasi. Banyak orang sukses yang berhasil membuktikan bahwa mereka tak perlu jadi sempurna untuk berada di puncak kesuksesan.

Apresiasi Diri adalah Kunci

Ilustrasi Insecure/Foto: Pexels.com/cottonbro
Jangan lupa apresiasi diri/Foto: Pexels.com/cottonbro

Manusia memang diciptakan sebagai makhluk sosial yang harus menjalin hubungan baik satu sama lain. Meski demikian, bukan berarti kamu harus melupakan dirimu sendiri. Tidak ada salahnya jika kamu memberi penghargaan untuk diri sendiri atas berbagai pencapaian, tak peduli besar atau kecil.

Self-reward tidak harus benda-benda yang mewah. Sebuah pujian dan terima kasih untuk diri sendiri bisa menjadi cara untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Itulah beberapa hal yang bisa membantumu melawan sikap insecure. Intinya, jangan biarkan dirimu terhanyut dalam pikiran-pikiran negatif sehingga justru menjadi bumerang untuk meraih sukses. Tetap semangat, Beauties!

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk gabung ke komunitas pembaca Beautynesia B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(naq/naq)

Our Sister Site

mommyasia.id