
Jaga Profesionalitas, 9 Kalimat Ini Pantang Diucapkan oleh Orang Cerdas di Tempat Kerja! Apa Saja?

Dalam keseharian aktivitas kita tentunya memerlukan adanya komunikasi. Untuk menyampaikan sesuatu atau berkomunikasi, tak jarang kita melakukan pemilihan kata-kata atau bahasa sebelum disampaikan kepada orang lain, terutama apabila akan disampaikan ke orang yang penting, misalnya seperti di lingkungan pekerjaan.
Dilansir dari Psych2Go, sebuah studi yang dilakukan oleh LinkedIn membahas mengapa kata-kata atau bahasa adalah sesuatu yang penting dan memiliki potensi untuk secara signifikan mengubah cara orang memandang kita, seberapa baik kinerja kita di tempat kerja, dan bahkan cara kita memandang diri sendiri.
Namun, sebagian orang mungkin mengatakan sesuatu tanpa benar-benar memahami bagaimana dampaknya terhadap orang lain. Inilah mengapa mereka yang cerdas, dewasa, percaya diri, dan dapat diandalkan berbicara dengan hati-hati, terutama dalam lingkup kerja. Mereka memastikan kata-kata mereka sesuai dengan waktu dan mereka memilih untuk berbicara secara transparan.
Berikut terangkum 9 kalimat dalam pekerjaan yang biasanya tidak diucapkan oleh orang cerdas. Apakah kamu sering mengucapkan kalimat ini? Yuk, disimak!
1. "Itu Bukan Salahku!"
![]() Ilustrasi Bukan Salahku/foto:freepik |
Orang cerdas akan memiliki kecenderungan untuk bertanggung jawab atas tindakan mereka dan tidak menyalahkan orang lain. Saat kamu mulai melemparkan tanggung jawab dan merasa tidak bersalah padahal sebaliknya, orang-orang akan mulai melihatmu sebagai orang yang tidak profesional.
Beberapa akan menghindari bekerja denganmu, dan kamu berpotensi diserang lebih dulu serta menyalahkanmu ketika terjadi kesalahan. Maka dari itu tetap berpegang pada fakta dan berikan penjelasan yang objektif tentang situasinya jika kamu merasa tidak bersalah.
2. "Ini Tidak Cukup Baik. Ini Harus Sempurna!"
![]() Ilustrasi Berpikir Untuk Mencapai Kesempurnaan/foto:pexels |
Tidak ada orang yang sempurna dalam bidang apapun. Menurut profesor dan penulis ilmu perilaku, Kristen Lee Ed.D., LICSW, mengharapakan kesempurnaan berarti menyiapkan diri untuk kegagalan.
Orang pintar cenderung bekerja menyelesaikan sesuatu dengan kemampuan terbaik mereka daripada mengharapkan suatu hal menjadi sempurna. Dari sini mereka dapat melakukan perbaikan dan belajar dari kesalahan mereka.
3. "Itu Tidak Ada Dalam Deskripsi Pekerjaan Saya"
![]() Ilustrasi Mengungkapkan Deskripsi Pekerjaan Kepada Atasan/foto:pexels |
Ungkapan sarkastik ini membuatmu terdengar seolah-olah kamu hanya bersedia melakukan hal minimum yang diperlukan untuk tetap mendapatkan gaji. Orang pintar umumnya akan membicarakan hal ini dengan manajer mereka jika mereka merasa bahwa apa yang diminta tidak pantas daripada langsung menolak.
Jika ada ekspektasi tambahan yang diperlukan untuk posisi kamu, mungkin ini adalah diskusi yang harus dilakukan mengenai apakah deskripsi pekerjaan kamu perlu diperbaharui. Ini juga memungkinkan kamu dan atasan kamu untuk mengembangkan pemahaman jangka panjang tentang apa yang harus dan tidak boleh kamu lakukan.
4. "Ini Tidak Adil!"
![]() Ilustrasi Menutut Keadilan Kepada Atasan/foto:pexels |
Mengatakan "Ini tidak adil" dapat membuat kamu terlihat tidak dewasa dan naif. Jika kamu merasa keputusan yang tidak adil telah dibuat, mungkin ulangi kata-kata kamu dengan mengatakan seperti, "Maukah kamu memberi tahu saya apa yang menyebabkan keputusan itu? Saya ingin tahu mengapa menurut kamu saya tidak cocok sehingga saya dapat bekerja untuk meningkatkan keterampilan itu."