sign up SIGN UP

Jamu Viral di AS, Perempuan Ini Mengabadikan Tradisi Kesehatan Tradisional Indonesia Lewat Buku

Cica Rahmania | Beautynesia
Kamis, 23 Jun 2022 08:45 WIB
Jamu Viral di AS, Perempuan Ini Mengabadikan Tradisi Kesehatan Tradisional Indonesia Lewat Buku
caption
Jakarta -

Indonesia terkenal akan rempah-rempah yang tumbuh subur di dalamnya. Berbagai macam rimpang juga diketahui tumbuh dengan mudahnya di negara beriklim tropis ini. Hal tersebut membuat sebagian orang bergerak menjadikannya sebagai jamu, minuman yang diperuntukkan bagi kesehatan.

Entah dari kapan dan siapa yang memulai, tetapi jamu telah berabad-abad eksis menjadi sebuah tradisi kesehatan yang telah terbukti secara empiris dapat membantu kesejahteraan fisik dan mental.

Jamu LifestyleJamu Lifestyle/ Foto: Jamu Lifestyle

Hal ini juga membuat jamu sekaligus sebuah warisan berbasis sosial yang membanggakan Indonesia, terutama di kancah internasional. Bagaimana tidak, menurut laporan dari press release peluncuran buku JAMU LIFESTYLE: The Indonesian Herbal Wellness Tradition oleh Metta Murdaya, yang diterima Beautynesia, COVID-19 membuat jamu semakin populer, bahkan di Amerika Serikat.

Selama ini, banyak tradisi kesehatan yang mendorong adanya diet sehat, aktivitas teratur, dan pengobatan berbasis herbal, tapi jamu berbeda. Jamu kerap melibatkan masyarakat, kesenangan, dan pengalaman penuh kesadaran menjadi bagian integral dari kesehatan itu.

Dalam bukunya, Metta berbagi banyak hal tentang sejarah tradisi Indonesia dan kehidupan pribadinya. Mulai dari sejarah dan resep jamu, ritual perawatan kecantikan, dan kisah-kisah pribadinya.

Jamu LifestyleMetta Murdaya/ Foto: Jamu Lifestyle

Dengan demikian, buku JAMU LIFESTYLE: The Indonesian Herbal Wellness Tradition ini sangat cocok bagi para penikmat Jamu yang penasaran dan ingin tahu jamu lebih dalam dengan sajian menghibur. 

"Saya melihat bahwa banyak perusahaan mulai memunculkan Jamu di Amerika Serikat dan hal itu dilakukan oleh orang Amerika, bukan oleh orang Indonesia. Saya pikir kitalah yang seharusnya menjadi pembawa bendera tradisi Jamu kita di luar negeri, bersama para teman asing kita," kata founder JUARA Skincare, sebuah lini perawatan kulit yang diilhami oleh jamu ini.

Sekilas JAMU LIFESTYLE

Jamu LifestyleJamu Lifestyle/ Foto: Jamu Lifestyle

Lebih dari 100 halaman di dalamnya berisi foto-foto berwarna yang sangat menarik. Selain itu, ada 20 resep makanan dan minuman berbahan dasar herbal. Secara keseluruhan, buku membagikan filosofi perawatan diri ala Indonesia kepada dunia.

Pasalnya, menurut Metta, jamu tidak hanya sebuah tradisi kesehatan bagi peminumnya, tapi juga sebuah mesin ekonomi. Secara ekonomi, jamu memiliki ekosistem bisnis yang besar di Indonesia, yaitu para penjual individu atau jamu gendong, pengusaha jamu skala menengah, hingga pengusaha besar yang mengekspor Jamu ke luar negeri.

Di dalamnya, buku JAMU LIFESTYLE juga menyoroti para kontributor utama di industri jamu, seperti kisah-kisah pribadi para ikon di industri termasuk Irwan & Maria Hidayat (ayah dan anak perempuan, sekaligus pemilik Sido Muncul), Nova Dewi Setiabudi (Pendiri/CEO Suwe Ora Jamu), Vincent Suprana (Pemilik Jamu Jago), Jony Yuwono (Pendiri/CEO Acaraki), Horatio Romulus (CEO Jamu Mentjos), dan Vanessa Ong (Pendiri/CEO Nona Kalani).

Jamu LifestyleJamu Lifestyle/ Foto: Jamu Lifestyle

Seperti yang telah dikatakan di atas, buku ini juga memuat resep masakan dan bahan perawatan kecantikan dan kesehatan yang terinspirasi oleh jamu. Termasuk resep Rendang milik Master Chef William Wongso yang tampil dalam cara Gordon Ramsey "Uncharted".

Ada pula masakan khas dari Lara Djonggrang dan resep spa Bali Tugu Hotel, yang tergabung dalam Tugu Group. Tak lupa buku ini juga menampilkan representasi dari kontribusi jamu pada kecantikan dengan menampilkan Dira Sugandi, penyanyi dan penggemar kesehatan, sebagai model dalam buku.

Viral Hingga Amerika Serikat

Agar dikenal luas masyarakat dunia, Metta Murdaya (JUARA) & Nova Dewi (Suwe Ora Jamu) memulai kampanye "Jamu Lifestyle USA Roadshow 2022" mereka di Negeri Paman Sam. Acara ini diisi dengan sederet acara dengan menampilkan sejarah, bangsa, dan beragam inovasi jamu untuk kecantikan dan kesehatan bagi masyarakat Amerika.

JamuJamu/ Foto: Jamu Lifestyle

Kampanye ini rencananya akan dilakukan hingga 2023. Melalui kampanye ini, mereka mencari kolaborator-kolaborator untuk menjadikan jamu Indonesia dikenal luar sebagai sebuah pendekatan hidup sehat yang diakui di dunia kesehatan internasional.

***

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI

(fer/fer)

Our Sister Site

mommyasia.id