sign up SIGN UP

Sudah Tahu? 7 Jenis Bunga Cantik Ini Ternyata Bisa Dimakan dan Kaya Manfaat untuk Kesehatan!

Nisrina Salsabila | Beautynesia
Sabtu, 14 May 2022 09:30 WIB
Sudah Tahu? 7 Jenis Bunga Cantik Ini Ternyata Bisa Dimakan dan Kaya Manfaat untuk Kesehatan!
caption

Bunga yang dapat dimakan, atau dalam bahasa inggris disebut edible flower umum digunakan dalam dunia kuliner di seluruh dunia. Memang, tidak semua jenis bunga aman untuk dikonsumsi.

Akan tetapi, bunga yang termasuk edible flower mampu memberikan sentuhan rasa dan warna yang unik untuk berbagai hidangan, termasuk salad, minuman, dessert, hingga makanan utama. Bahkan, menurut para ahli, bunga tersebut diklaim dapat menawarkan manfaat kesehatan bagi tubuh.

Selain bunga melati, mawar atau saffron yang biasa dikonsumsi orang-orang, ternyata masih banyak lagi macam-macam bunga yang aman dikonsumsi.

Berikut adalah deretan edible flower yang mempunyai potensi dapat meningkatkan kesehatan. Simak yuk!

1. Kembang Sepatu

edible flower yang punya manfaat kesehatan
Kembang sepatu/Foto: Pexels.com/Petra Kopaskovka

Tanaman hibiscus atau kembang sepatu biasanya diaplikasikan menjadi teh, jamu, selai atau salad. Dari ratusan spesies kembang sepatu, varietasnya yang paling populer untuk dikonsumsi adalah rosela (Hibiscus sabdariffa). Saat dihidangkan sebagai teh, minuman kembang sepatu memiliki warna merah cerah dengan rasa yang agak asam.

Mengutip Healthline, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat memiliki dampak positif bagi kadar tekanan darah dan kolesterol.

2. Bunga Telang

Bunga telang atau butterfly pea akhir-akhir semakin marak digunakan sebagai tambahan pada makanan dan minuman. Wajar saja, sebab bunga ini jelas punya warna dan bentuk yang menarik.

Fakta bunga telang yaitu punya kemampuan bisa mengubah warna minuman menjadi biru keunguan. Rasanya sendiri serupa teh hijau dalam versi lebih ringan dan sederhana.

Mengutip detikHealth, ahli pangan Universitas Sahid Jakarta, Prof. Hardinsyah, menerangkan bahwa bunga telang tinggi kandungan mineral dan antioksidan, sehingga bagus untuk membersihkan dan menyegarkan mata.

3. Nasturtium

edible flower yang punya manfaat kesehatan
Nasturtium/Foto: Freepik.com/emmanuellegremaud

Bunga nasturtium adalah salah satu edible flower favorit di dunia kuliner. Bunganya yang berwarna cerah dan bentuk daun yang bulat menjadikannya cukup unik sebagai hiasan makanan.

Nggak hanya itu, bunga dan daunnya bisa dimakan dengan profil rasa sedikit pedas seperti merica. Nasturtium sering dimakan mentah untuk salad atau dimasak bersama pasta.

International Journal of Molecular Sciences menyebutkan bahwa nasturtium mengandung berbagai mineral dan senyawa dengan efek antioksidan dan antiinflamasi.

4. Lavender

Lavender identik dengan bunganya yang berwarna ungu dan aromanya yang memberi efek menenangkan. Kombinasi warna dan aroma tersebut menjadikan lavender sangat cocok ditambahkan sebagai bumbu kering ke dalam makanan yang dipanggang juga sebagai minuman herbal.

Dalam artikel detikFood, disebutkan bahwa selain memiliki sifat terapeutik untuk merelaksasi saraf dan otot, lavender juga bisa menyembuhkan infeksi, luka akibat gigitan serangga dan luka bakar.

5. Dandelion

edible flower yang punya manfaat kesehatan
Dandelion/Foto: Pexels.com/Pixabay

Di Indonesia, dandelion juga dikenal dengan sebutan randa tapak. Bunga dandelion kelopaknya berbentuk bunga kecil-kecil yang disebut ray floret dan berwarna kuning. Uniknya, setelah terjadi penyerbukan, ray floret itu berubah menjadi rangkaian biji dandelion yang tampak seperti gumpalan bulu dan mudah berterbangan.

Meski dianggap sebagai gulma, rupanya tanaman dandelion, termasuk akar, batang, bunga, dan daunnya menyimpan segudang tinggi. Menurut jurnal The Review of Diabetic Studies, akar dan bunga dandelion memiliki senyawa yang bisa menurunkan kadar glukosa dalam darah.

6. Kantil

Bunga kantil erat kaitannya dengan acara pernikahan, upacara tradisional, bahkan juga hal yang berbau spiritual.

Di balik itu, mengonsumsi bunga kantil dipercaya dapat membantu menghilangkan bau badan serta meredakan beberapa keluhan, termasuk sakit gigi, hidung tersumbat, dan gejala menopause berupa hot flashes.

7. Chamomile

edible flower yang punya manfaat kesehatan
Chamomile/Foto: Freepik.com/8photo

Bunga satu ini mungkin sering kamu jumpai sebagai minuman teh atau dalam kandungan produk perawatan kulit.

Ramuan bunga chamomile sudah umum digunakan dalam masakan dan pengobatan tradisional selama berabad-abad. Secara medis, chamomile yang bersifat memenangkan sering dikonsumsi untuk mengurangi kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

_______________

Ingin jadi salah satu pembaca yang bisa ikutan beragam event seru di Beautynesia? Yuk, gabung ke komunitas pembaca Beautynesia, B-Nation. Caranya DAFTAR DI SINI!

(ria/ria)

Our Sister Site

mommyasia.id