sign up SIGN UP

Jangan Cuma Ikut-Ikutan, Ini 5 Check List Wajib Sebelum Resign Selepas Lebaran

Dian Aprilia | Beautynesia
Jumat, 21 May 2021 14:30 WIB
Jangan Cuma Ikut-Ikutan, Ini 5 Check List Wajib Sebelum Resign Selepas Lebaran
caption

Setelah momen lebaran, sering kali jadi ajang resign dari kantor lama. Bahkan ada beberapa karyawan yang memang sengaja janjian untuk resign bebarengan. Ada berbagai alasan yang mendasari budaya ini, mulai dari sudah mendapatkan THR, jatah cuti sudah habis, banyak lowongan kerja, dan waktu tepat untuk memulai hal baru.

Sayangnya, euforia resign berjamaah ini seringkali hanya berlandaskan ikut-ikutan saja. Alhasil memberikan dampak negatif pada karyawan, perusahaan dan lingkungan sekitar. Untuk itu, berikut beautynesia.id telah merangkum 5 checklist wajib yang harus dilakukan sebelum memutuskan resign selepas lebaran:

Memahami Alasan Keluar

Memahami alasan keluar
Memahami alasan keluar/pexels.com

Jangan hanya resign karena ikut-ikutan teman sekantor. Sebab setiap orang punya kondisi yang berbeda-beda, sehingga kamu belum tentu memiliki kesiapan yang sama dengan temanmu untuk melakukan resign. Kamu harus memiliki alasan yang jelas saat resign, misalnya terkait bidang pekerjaan, masalah personal dan keluarga, pengembangan diri dan lainnya.

Pahami juga konsekuensi yang terjadi jika kamu memutuskan untuk resign. Mulai dari tidak adanya pemasukan bulanan seperti biasa, perlu mencari pekerjaan baru, atau membangun bisnis untuk mendapatkan pemasukan.

Punya Rencana ke Depan

Punya rencana ke depan
Punya rencana ke depan/pexels.com

Sebelum memutuskan resign, kamu juga harus sudah memiliki rencana ke depan. Apa saja kegiatan yang akan kamu lakukan setelah resign? Bagaimana rencana karier di masa mendatang? Bagaimana cara kamu memenuhi kebutuhan bulanan tanpa pemasukan dari perusahaan lama?

Jika kamu sudah mampu menjawab pertanyaan tersebut dengan baik serta mengantisipasi segala masalah yang mungkin dihadapi di masa depan, berarti kamu sudah siap. Pastikan pula rencana tersebut detail dan bahkan sudah mulai kamu lakukan sebelum memutuskan resign. Jadi saat resign kamu sudah tidak kebingungan lagi.

Selesaikan Pekerjaan dengan Optimal

Selesaikan pekerjaan
Selesaikan pekerjaan/pexels.com

Langkah selanjutnya adalah menyelesaikan pekerjaan dengan optimal. Biasanya surat pengunduran diri diberikan 1 bulan sebelum memutuskan berhenti kerja. Nah selama satu bulan proses menunggu tersebut, usahakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan optimal.

Jangan sampai karena merasa akan keluar, kamu melakukan pekerjaan sebisanya dan asal-asalan. Dengan tetap optimal, kamu akan meninggalkan kesan yang baik kepada bos dan rekan kerja. Selain itu, kamu juga bisa meminta izin untuk menjadikan nomer kontak atasan dan rekan kerja sebagai kontak referensi tanpa sungkan.  

Jaga Hubungan Baik dengan Rekan Kerja

Rekan kerja
Rekan kerja/pexels.com

Tetap menjaga hubungan baik dengan atasan dan rekan kerja meski sudah tidak bekerja sama lagi. Selain bisa menambah relasi, tetap menjalin hubungan baik juga bisa meningkatkan kebahagiaan. Tidak hanya itu, hubungan baik tersebut juga bisa berguna saat kamu sedang membangun bisnis atau mencari kerja selepas resign.

Eksekusi Rencana Selanjutnya

Eksekusi rencana selanjutnya
Eksekusi rencana selanjutnya/pexels.com

Terakhir, segera eksekusi rencana selanjutnya setelah resign. Jika kamu hendak mencari kerja, maka pastikan untuk memperbarui CV dan portofolio. Apabila kamu memilih untuk membangun bisnis, maka bisa memulai dengan merancang produk, promosi, dan eksperimen penjualan.

Itulah 5 check list yang wajib kamu lakukan sebelum memutuskan untuk resign kerja setelah lebaran. Good luck, ladies!

(arm2/arm2)

Our Sister Site

mommyasia.id